KESEHATAN
21 Februari 2020

Sunscreen Dapat Mengganggu Fertilitas Pria. Benarkah?

Kandungan kimia dalam sunscreen terbukti dalam penelitian dapat mengganggu kerja sperma
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Gladys
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Beberapa orang berpikir bahwa infertilitas merupakan isu wanita. Namun pada kenyataannya, fertilitas pria juga dapat dipertanyakan jika pasangan belum juga mendapatkan keturunan, meski telah mencoba beragam cara.

Kebiasaan merokok, minuman beralkohol, hingga obesitas merupakan beberapa penyebab masalah fertilitas pria.

Kini, sebuah penelitian menambah daftar penyebab masalah fertilitas pria, yaitu sunscreen. Iya betul Moms, sunscreen dapat mengganggu fertilitas pria. Baca ulasan selengkapnya berikut ini.

Bukti Penelitian bahwa Sunscreen Dapat Mengganggu Fertilitas Pria

sunscreen dapat mengurangi fertilitas pria

Foto: babymed.com

Para peneliti di Universitas Copenhagen menemukan bahwa filter yang umum digunakan dalam sunscreen untuk menyerap sinar ultraviolet, dapat memengaruhi fertilitas pria.

Dalam penelitian ini, diuji 29 dari 31 UV filter dalam sunscreen yang telah disetujui penggunaannya oleh Amerika Serikat dan Eropa, dengan cara melarutkan dan menerapkannya pada sampel sperma.

Baca Juga: Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Serupa tapi Tak Sama

Hasilnya, hampir setengah dari filter yang diuji, dapat menghambat sperma untuk berfungsi dengan sebagaimana mestinya. Tim peneliti sebelumnya juga telah menemukan deretan pengganggu endokrin yang dapat menghambat kerja sperma dan fertilitas pria.

“Saat menggunakan tabir surya pada kulit, beberapa filter UV dapat menembus kulit dan masuk ke aliran darah,” ungkap Niels Skakkebaek, endokrinologis di rumah sakit Rigshospitalet yang juga memimpin studi ini, seperti dijelaskan pada jurnal yang dipublikasikan di US National Library of Medicine National Istitutes of Health.

Menghambat Fungsi Sperma karena Sifatnya Meniru Progesteron

sunscreen dapat mengurangi fertilitas pria

Foto: pixabay.com

Filter dalam sunscreen dapat menganggu fertilitas pria dengan menghambat fungsi sperma ini rupanya meniru efek hormon progesteron wanita. Tiruan ini lalu mengubah sinyal dalam sel sperma.

Jika bahan kimia (seperti dalam sunscreen) dapat bekerja seperti progesteron, maka dapat berpotensi memengaruhi fungsi sperma dan mengganggu fertilitas pria. Progesteron berperan penting dalam kemampuan sperma utuk matang dan membuahi telur wanita.

Ini mengontrol daya tarik sel sperma ke arah telur wanita, serta kemampuan sperma untuk bergerak dan menerjang penghalang untuk mencapai telur.

Baca Juga: Seperti Pada Kulit, Perlukah Memakai Sunscreen Rambut?

Saat progesteron berikatan dengan sel sperma, ini menyebabkan sinyal dikirim dalam sperma, menyebabkan perubahan konsentrasi ion kalsium. Dengan meniru efek ini, bahan kimia seperti UV filter dalam sunscreen akan mengganggu proses dan mengubah cara kerja sperma.

Hasil penelitian ini sangat terbatas, karena para peneliti menjalani penelitian ini di laboratorium dan tidak menelitinya langsung pada tubuh pria. Sehingga penelitian lebih lanjut tentang efek sunscreen dapat mengganggu fertilitas pria, terutama pada sperma perlu dikaji lebih mendalam.

Namun penelitian ini tentu dapat menjadi gambaran mengenai bagaimana kandungan kimiawi (seperti pada sunscreen) dapat mengganggu fertilitas pria.

Cara Lain Mengurangi Paparan Matahari bagi Para Pria

sunscreen dapat mengurangi fertilitas pria

Foto: unsplash.com

Meski secara penelitian telah terbukti bahwa suncreen dapat mengganggu fertilitas pria, namun bukan berarti Dads harus menghindari penggunaan sunscreen dapat mengganggu fertilitas pria.

“Bukan berarti sunscreen harus dihindari. Ini memainkan peran penting dalam melindungi diri terhadap kanker kulit dan harus digunakan bersama dengan filter lain terhadap sinar UV, seperti: pakaian dengan warna terang, penghalang matahari (kanopi/tenda) dan topi ketika berada di bawah matahari,” ungkap Dr. David Adamson, pendiri dan CEO Advanced Reproductive Care Inc (ARC), seperti dikutip dari arcfertility.com.

Baca Juga: DIY Losion Sunscreen Alami

Namun bagi Dads yang berharap untuk memiliki anak, menghindari sunscreen adalah suatu hal yang perlu dipertimbangkan terkait fertilitas pria.

Termasuk tidak berada di bawah paparan sinar matahari terlalu lama saat tidak menggunakan sunscreen dapat mengganggu fertilitas pria, agar terhindar dari bahaya kanker kulit.

Artikel Terkait