2-3 TAHUN
21 April 2019

Supaya Aman dan Tidak Ribet, Cek Dulu 6 Tips Saat Pindah Rumah Bersama Balita Ini

Begini caranya agar balita tetap aman dan senang saat pindah rumah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama


Pindah rumah bersama balita tentu tidak sama dengan pindahan biasanya ya, Moms. Selain harus mengemas barang dan membereskan seisi rumah, Si kecil juga harus tetap aman dan nyaman selama prosesnya.

Menurut psikolog Jennifer Shroff Pendley sebagaimana dikutip dari birminghamparent.com, sejak jauh hari orang tua perlu membicarakan rencana pindah dan bercerita tentang hal menyenangkan yang akan ditemui di rumah baru agar balita tidak stress saat harinya tiba.

Urusan bongkar muat barang juga pasti jadi tantangan sendiri saat pindah rumah bersama balita. Supaya tidak ribet, coba cek dulu tips pindah rumah bersama balita ini ya, Moms.

1. Pilih Waktu yang Tepat

supaya aman dan tidak ribet, cek dulu tips saat pindah rumah bersama balita ini 1
Foto : Bigsteelbox.com

Bagaimanapun juga, pindah rumah termasuk salah satu perubahan besar bagi hidup balita yang bisa membuatnya stress kalau tidak direncanakan dengan matang.

Seperti dikatakan Dr. Jennie Duprey, psikolog spesialis kesehatan mental anak, waktu pindah rumah sebaiknya tidak bersamaan dengan potty training, melatih balita tidur sendiri, atau peristiwa besar lain.

2. Kemas Barang Saat Jam Tidur

supaya aman dan tidak ribet, cek dulu tips saat pindah rumah bersama balita ini 2
Foto : Narnewsline.blogs.realtor.org

Bukan perkara mudah mengemas seisi rumah saat ada balita. Selain lama selesai karena terus diganggu, ada juga resiko bahaya bila balita bermain dengan barang yang berserakan di rumah tanpa pengawasan.

Supaya aman dan cepat selesai, sebaiknya kemas barang ke dalam kardus setelah Si kecil tidur. Bila perlu, Moms juga bisa menitipkan Si kecil pada kakek nenek selama beberapa hari.

Baca Juga : 5 Perilaku Menyebalkan Balita yang Justru Bermanfaat untuk Tumbuh Kembangnya

3. Kemas Barang Si Kecil Paling Akhir

supaya aman dan tidak ribet, cek dulu tips saat pindah rumah bersama balita ini 3
Foto : Baby-chick.com

Supaya tidak kesulitan harus membuka tutup kardus untuk mencari barang yang diperlukan Si kecil, sebaiknya pisahkan beberapa set baju, mainan, dan kebutuhan sehari-harinya untuk dikemas paling akhir.

Sehari menjelang pindah rumah bersama balita, baru masukkan barang ke dalam kardus sambil diberi label jelas supaya bisa jadi yang pertama diturunkan di rumah baru.

Jangan lupa siapkan makanan, pakaian, dan beberapa mainan dalam tas terpisah, agar kebutuhan balita tetap terpenuhi selama masa pindah rumah.

4. Ajak Melihat Rumah Baru

supaya aman dan tidak ribet, cek dulu tips saat pindah rumah bersama balita ini 4
Foto : Firemenmovers.com

Bila lokasi rumah baru tidak terlalu jauh, tidak ada salahnya Moms mengajak balita mampir agar tidak terlalu kaget saat hari pindah rumah.

Tips pindah rumah dengan balita ini tentu sulit dilakukan bila lokasi rumah yang baru ada di luar kota atau luar negeri ya, Moms.

Untuk menyiasatinya, Moms bisa bercerita tentang suasana lingkungan di rumah baru dan hal apa saja yang akan Si kecil temui sesampainya di sana.

Baca Juga : Plus Minus Tidur Sekasur dengan Balita yang Harus Moms Ketahui

5. Jangan Taruh Barang Sembarangan

supaya aman dan tidak ribet, cek dulu tips saat pindah rumah bersama balita ini 5
Foto : Blog.remax-malta.com

Agar buah hati tetap aman saat Moms mengemas barang, semua aturan keamanan di rumah harus tetap diikuti.

Simpan segala barang yang beresiko membahayakan Si kecil di tempat aman yang jauh dari jangkauannya, seperti cairan pembersih, benda tajam, peralatan listrik, dan baterai.

Jangan lupa selalu amankan tali tirai lipat, pintu, balkon, dan jendela agar Si kecil tetap aman ya, Moms.

6. Jalankan Rutinitas Seperti Biasa

supaya aman dan tidak ribet, cek dulu tips saat pindah rumah bersama balita ini 6
Foto : Themummybubble.co.uk

Moms, bisa bayangkan bagaimana pusingnya pindah rumah saat balita sedang rewel atau tantrum?

Supaya Si kecil tidak lelah dan moodnya tetap terjaga, pastikan jadwal makan, istirahat, dan tidurnya tetap dijalankan seperti biasa meski harus disesuaikan dengan kegiatan pindah rumah.

Nah, apa Moms punya pengalaman pindah rumah dengan balita?

(WA/CAR)

Artikel Terkait