2-3 TAHUN
10 April 2019

Supaya Lebih Seru, Lakukan 5 Hal Ini Saat Membaca Dengan Balita

Yuk, coba pakai kostum dan buat suara menarik agar balita lebih tertarik untuk membaca
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla


Bukan hanya Moms yang bosan bila menjalankan rutinitas yang sama saat mengajak balita membaca. Si kecil juga jadi kurang tertarik kalau setiap kali hanya sekadar melihat gambar atau membaca teks dalam buku lho, Moms.

Membangun kebiasaan balita membaca sejak kecil memang penting untuk perkembangan kognitif, bahasa, dan emosional, tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan dengan keseruan.

Baca Juga : 4 Alasan Keras Agar untuk Tidak Membaca Buku Harian Anak

Yuk Moms, coba lakukan 5 hal seru saat membaca dengan balita berikut ini:

1. Gunakan Benda Pendukung

Foto : Puppetdream.com

Bosan karena sering diminta buah hati membacakan buku yang sama berulang kali?

Menurut Dr. Susan Carland dalam serial Child Genius itu tandanya dia sedang memperkuat daya ingat dan belajar banyak kosakata baru lho, Moms.

Supaya tidak membosankan, ajak buah hati menyiapkan beberapa benda pendukung untuk membuat cerita dalam buku lebih seru dan interaktif.

Misalnya saja, menggunakan sarung sebagai jubah pahlawan super, pensil sebagai pengganti tongkat sihir, atau boneka jari untuk mewakili tokoh dalam buku.

2. Deskripsikan Gambar Secara Imajinatif

Foto : Mikekim.com

Sebagian besar buku cerita untuk balita menggunakan gambar yang dilengkapi kalimat pendek dan sederhana agar mudah dimengerti.

Untuk menambah kosakata sekaligus menstimulasi imajinasi saat balita membaca, Moms bisa mendeskripsikan gambar dengan lebih kreatif.

Misalnya saja, mendeskripsikan awan biasa dengan kalimat ‘awan yang seputih salju dan lembut seperti gula kapas.’

Moms juga bisa menambahkan detail relevan agar tokoh dalam buku terasa lebih hidup dan berkarakter, seperti menambahkan sikap atau perilaku positif.

Baca Juga : Pilihan Buku Yang Cocok Digunakan Oleh Balita

3. Buat Suara Menarik

Foto : Alldonemonkey.com

Membuat suara sesuai dengan adegan dalam cerita juga bisa jadi hal seru saat membaca dengan balita lho, Moms.

Dengan mengajak balita menirukan suara burung, mobil, atau aliran sungai seperti dalam cerita, membaca jadi terasa lebih interaktif dan menyenangkan.

4. Berikan Pertanyaan

Foto : Unitedwayhaysco.org

Setelah selesai mengajak balita membaca, berikan pertanyaan ringan tentang isi buku untuk menambah wawasan serta meningkatkan pemahaman membacanya.

Sebagai contoh, Moms bisa berikan pertanyaan seperti “Apa kamu tahu kenapa beruang tidur di dalam gua selama musim dingin?” atau “Kira-kira, Willy si paus capek tidak ya berenang mengarungi tujuh lautan?”

Baca Juga : Ini Dia 5 Cara Ampuh Agar Balita Senang Membaca!

5. Bicarakan Tentang Pesan Dari Cerita

Foto : Blog.accredited-online-colleges.com

Nah, hal seru saat membaca dengan balita lain yang bisa Moms lakukan adalah berdiskusi tentang pesan dan contoh baik yang bisa diambil dari isi buku.

Dengan begitu, Moms juga bisa mengajarkan buah hati tentang nilai hidup serta perilaku baik yang bisa dicontohnya dalam kehidupan sehari-hari.

Nah, apa yang biasanya Moms lakukan agar membaca bersama balita terasa lebih seru dan menyenangkan?

(WA/CAR)

Artikel Terkait