FASHION & BEAUTY
11 Oktober 2020

Supaya Selalu Terlihat Baru, Ketahui Cara Merawat Sepatu Kulit Berikut Ini!

Ingin sepatu tetap terlihat bersih dan mengilap? Cara merawatnya ternyata sangat mudah lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Amelia Puteri

Bagi sebagian orang, sepasang sepatu kulit mungkin hanya bertahan satu atau beberapa tahun saja. Namun, Moms dan Dads juga pasti ingin agar sepatu kulit yang harganya tidaklah murah ini bisa bertahan lebih lama bukan?

Ya, memiliki sepasang sepatu kulit yang awet bukanlah hal mustahil. Dengan perawatan yang tepat, sepatu kulit berkualitas tinggi dapat bertahan bertahun-tahun, sehingga sepatu kulit tersebut juga bisa menyimpan banyak kenangan.

Jika Moms atau Dads memiliki sepatu kulit, maka sepatu ini harus dirawat. Cara merawat sepatu kulit pun tidaklah terlalu sulit untuk dilakukan.

Jika selama ini perawatan sepatu kulit hanya mengandalkan pada penyemir sepatu lokal atau layanan shoe-care lainnya, sebaiknya kalian harus mulai memahami dasar-dasar cara merawat sepatu kulit.

Terlebih jika Moms atau Dads kurang suka hasilnya, maka merawat sepatu kulit sendiri di rumah adalah alternatif lain yang bisa dicoba. Yuk simak cara merawat sepatu kulit berikut ini!

Baca Juga: 5 Cara Mencuci Sepatu Sesuai Bahannya Agar Tidak Mudah Rusak

Panduan Umum Cara Merawat Sepatu Kulit

Panduan Umum Cara Merawat Sepatu Kulit

Foto: mas-kulin.com

Anthony D. Covington, seorang profesor emeritus ilmu kulit di University of Northampton, mengungkapkan dalam buku Tanning Chemistry: The Science of Leather bahwa kulit yang sesuai untuk dibuat menjadi sepatu didasarkan pada kemampuan mereka untuk dapat mengeluarkan air tetapi juga tetap memungkinkan udara dan uap air untuk melewatinya.

Dua fungsi ini dapat terjaga jika pemeliharaan yang tepat dilakukan dengan proses yang ternyata tidak terlalu berbeda dengan merawat kulit sendiri.

Kulit perlu dibersihkan secara teratur, dilembabkan seperlunya, dan disentuh dengan riasan dari waktu ke waktu untuk menjaga performa dan penampilan.

Meskipun Moms dan Dads kekurangan anggaran atau waktu untuk menyemir sepatu, tetapi harus membiasakan diri merawatnya agar sepatu tidak cepat rusak. Cara merawat sepatu kulit yang bisa dilakukan antara lain:

Gunakan Produk Perawatan yang Tepat

Nyatanya tidak semua produk sesuai untuk semua produk kulit. Jadi sebaiknya Moms dan Dads mengetahui produk mana yang cocok.

Cara merawat sepatu kulit untuk membersihkan dan mengondisikan kulit yang halus, lepas tali jika ada, dan seka kulit terlebih dahulu dengan lap kering untuk menghilangkan debu.

Gosok sedikit pelembap kulit pada kulit dan tumit dengan jari atau kain lembut sampai tidak ada sisa yang terlihat. Untuk memberikan kilauan ekstra, gunakan sikat semir sepatu untuk menggosok kulit.

Jika warna asli mulai memudar, kondisioner berbahan kulit berpigmen juga bisa digunakan. Sebagai lapisan perlindungan tambahan, semprotan pelindung kulit tambahan juga bisa diberikan.

Rawat Sepatu Basah dengan Benar

Banyak sepatu kulit yang tidak dimaksudkan untuk langsung terkena kondisi basah, jadi jika sepatu basah kuyup, keringkan bagian luarnya dengan handuk dan letakkan koran di bagian dalam untuk membantu menyerap kelembapan berlebih.

Meskipun cara merawat sepatu kulit ini praktis, jangan gunakan pengering rambut untuk mempercepat proses pengeringan! Mengeringkan kulit dengan cepat dapat merusak penampilannya, jadi biarkan mengering secara perlahan jika memungkinkan.

Beli Sepatu yang Tahan Air

Beberapa kulit sudah diperlakukan agar tahan air, jadi untuk orang Indonesia yang curah hujannya tinggi, maka sebaiknya pilih sepatu yang sudah dirancang tahan air.

Simpan Sepatu dengan Benar

Untuk menjaga keindahannya, cara merawat sepatu kulit bisa dengan menyimpan sepatu kulit halus dari sinar matahari langsung dan di dalam kantong debu untuk melindunginya dari debu dan sinar matahari.

Penggunaan pohon sepatu cedar yang membantu menjaga bentuknya juga bisa digunakan. Alat ini juga bisa menyerap kelembapan dan memiliki sifat antibakteri untuk membantu menghilangkan bau tak sedap.

Baca Juga: Hilangkan Bau Pada Sepatu Tanpa Dicuci Dengan 3 Cara Ini

Cara Merawat Sepatu Kulit Sesuai Jenisnya

Jika sebelumnya disebutkan mengenai panduan umum cara merawat sepatu kulit, berikut ini adalah cara merawat sepatu kulit sesuai jenisnya.

Karena seperti yang sudah diketahui, ada banyak jenis sepatu kulit, mulai dari sepatu suede, sepatu kulit sintetis, atau sepatu kulit jenis lainnya.

Cara Merawat Sepatu Kulit Sintetis

Cara Merawat Sepatu Kulit Sintetis

Foto: image.freepik.com

Kulit sintetis, biasanya terbuat dari plastik berbahan dasar minyak bumi atau polivinil klorida. Bahan ini adalah alternatif yang harganya lebih terjangkau, namun umur pakai kulit sintetis cenderung lebih pendek daripada bahan asli.

Namun dengan menerapkan cara merawat kulit sepatu sintetis yang tepat, ia bisa tetap terlihat bagus untuk jangka panjang.

Cara Membersihkan. Bersihkan kulit sintetis secara lembut dengan tangan, untuk hasil terbaik. Bersihkan sepatu kulit sintetis dengan campuran air hangat dan sabun cuci piring yang lembut, atau sabun tangan bening.

Bersihkan noda seperlunya agar sepatu bot terlihat bagus, dan seka dengan kain lembab untuk menghilangkan kotoran dan debu. Selalu biarkan sepatu dan sepatu bot kulit sintetis benar-benar kering sebelum memakainya lagi

Tindakan Perlindungan. Banyak produk yang dibuat untuk melindungi kulit asli juga dapat digunakan pada barang sintetis, tetapi gunakan dengan hemat.

Penghilang noda kulit dan produk anti air, misalnya, biasanya cocok untuk kulit sintetis. Cara merawat sepatu kulit bisa dengan mengoleskan lembut lapisan tipis minyak bayi pada barang-barang kulit sintetis, agar tampak seperti baru dengan membentuk pelindung.

Tips Penyimpanan. Cara merawat sepatu kulit sintetis tidak boleh disimpan atau dibiarkan di luar rumah. Pasalnya sinar matahari bisa dibilang menjadi salah satu ‘musuh utama’ dari bahan kulit imitasi atau sintetis.

Jika disimpan di luar ruangan dan terlalu sering terkena paparan sinar matahari, warna kulit sintetis akan sangat mudah memudar dan menghilangkan kilaunya.

Namun, sepatu kulit sintetis juga sebaiknya tidak disimpan di tempat yang terlalu gelap dan lembap, misalnya di dalam kotak. Sebab, kadar kelembapan yang terlalu tinggi dan kurangnya sirkulasi udara akan berisiko membuat sepatu mudah berjamur dan mengelupas.

Sebagai cara merawat sepatu kulit sintetis, simpan sepatu kulit sintetis di tempat yang sejuk, mendapatkan sirkulasi udara, serta memiliki pencahayaan yang cukup.

Sebagai contoh, letakkan saja rak sepatu di salah satu ruangan dalam rumah yang memiliki ventilasi udara serta berjendela.

Cara Merawat Sepatu Kulit Suede

Cara Merawat Sepatu Kulit Suede

Foto: blog.samuel-windsor.co.uk

Suede adalah jenis kulit khusu yang cukup stylish. Namun anehnya, banyak pria menghindari memakainya. Beberapa bahkan tidak pernah mencoba.

Alasannya bisa karena harganya yang mahal atau karena sulit dirawat. Padahal suede bisa terlihat sangat cocok pada pria jika mereka memakainya dengan percaya diri. Berikut ini cara merawat sepatu kulit bahan suede.

Cara Membersihkan. Suede adalah bahan pakaian yang stylish nan lembut. Artinya, ada beberapa teknik sebagai cara merawat sepatu kulit untuk membersihkan barang berbahan suede yang bisa dipilih.

Namun, Moms dan Dads juga bisa memeriksa label barang untuk instruksi pembersihan yang dianjurkan sebelum mencoba cara lainnya.

Sepatu suede bisa dibersihkan dengan cara disikat. Ini melibatkan sikat kawat kuningan (untuk suede yang sangat pendek) atau sikat suede asli (sejenis sikat yang tampak berbulu halus).

Lakukan sapuan ringan dan cepat saat menggunakan salah satu bulu agar bulu sikat jauh ke dalam serat menghilangkan kotoran, buih, atau debu. Jangan menekan terlalu keras kecuali jika ada noda membandel, dan jangan menyikat pada permukaan yang keras, letakkan handuk di bawah sepatu.

Sebagai cara merawat sepatu kulit suede alternatif, cobalah penghapus suede (atau penghapus pensil standar jika tidak punya) untuk menghilangkan noda.

Sementara, jika sepatu kotor dan basah, segera tekan dengan handuk kertas. Untuk sepatu yang ternoda air tetapi tidak basah kuyup, semprotkan/oleskan air tipis-tipis secara merata ke seluruh bagian atas. Sikat noda dengan lembut dan lakukan di sekitar tepinya.

Spons atau kain kering juga bisa digunakan untuk menyerap air berlebih. Oleskan dengan lembut sampai kulit benar-benar basah.

Tempelkan kertas putih kosong (bukan koran) untuk menyerap air dan membantu sepatu mempertahankan bentuknya. Biarkan sepatu semalaman di tempat yang kering dan berventilasi baik.

Setelah kering, cara merawat sepatu kulit suede selanjutya dengan bersihkan sepatu dengan sikat lembut. Ini membantu mengembalikan grain ke tampilan aslinya.

Tips Melindungi Sepatu Suede. Sepatu suede pasti akan kehilangan gaya mereka seiring waktu. Untungnya sepatu ini bisa diberikan perlindungan sehingga sepatu ini bisa tetap nyaman digunakan.

Sebagai cara merawat sepatu kulit suede, yang dibutuhkan hanyalah semprotan pelindung suede yang bisa ditemukan di toko reparasi sepatu atau toko obat. Direkomendasikan untuk menyemprotkan sepatu suede seminggu sekali.

Penyimpanan. Ada dua masalah utama yang harus diperhatikan saat menyimpan suede yakni sinar matahari langsung dan kurangnya sirkulasi udara.

Jadi dalam cara merawat sepatu kulit suede, sepatu ini harus disimpan di tempat yang sejuk dan kering yang tidak menerima sinar matahari.

Suede yang dibiarkan terkena sinar matahari bisa menyusut, memudar atau mengeras. Hindari juga membungkus barang dengan plastik karena serat dalam suede membutuhkan ruang bernapas.

Sebagai alternatif, sepatu suede bisa disimpan di kantong debu, dibungkus dengan kertas tisu dan simpan di kotak sepatu.

Cara Merawat Sepatu Kulit Warna Cokelat

Cara Merawat Sepatu Kulit Warna Cokelat

Foto: hiconsumption.com

Untuk sepatu kulit berwarna cokelat, sebetulnya cara merawat sepatu kulit sama dengan yang sudah dituliskan sebelumnya. Cara merawat sepatu kulit berwarna cokelat hanya perlu disesuaikan dengan bahannya.

Hanya saja, untuk sepatu cokelat, oleskan semir sepatu sebulan sekali untuk perlindungan. Pastikan juga mencocokkan warna semir dengan warna sepatu.

Setelah merasa memiliki warna yang bagus, aplikasikan sedikit cat kuku di tempat yang tidak mencolok untuk melihat apakah warnanya cocok.

Dengan tekanan ringan, gunakan lingkaran untuk menambahkan sedikit semir pada sepatu. Kain lembut atau sikat bulu kuda bagus untuk tugas ini.

Terus aplikasikan semir sampai menutupi sepatu dan seka sisa yang tersisa. Semir berbahan lilin juga bisa dipilih untuk memberikan perlindungan lebih pada sepatu kulit warna cokelat.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Membersihkan Sepatu Putih

Perlengkapan Wajib Membersihkan Sepatu Kulit

Perlengkapan Wajib Membersihkan Sepatu Kulit

Foto: amazonaws.com

Seberapa sering Moms dan Dads harus merawat sepatu secara aktif tidak hanya bergantung pada seberapa baik sepatu dirawat secara pasif, tetapi juga pada kebiasaan saat mengenakannya.

Ini termasuk seberapa sering memakainya, permukaan seperti apa yang dilalui, berapa lama memakainya setiap hari, dan bahkan musim apa sedang berlangsung.

Pasalnya, seseorang tidak perlu menyemir sepatunya lebih dari sekali seminggu.

Namun jika Moms dan Dads hanya hanya memiliki satu pasang sepatu, atau jika kerap memakainya saat hujan lebat, mungkin sepatu perlu dirawat lebih sering.

Ada beberapa alat yang wajib dimiliki untuk membersihkan sepatu, antara lain:

  • Sikat sepatu
  • Kain lap (sebaiknya berbahan katun) untuk mengaplikasikan berbagai pembersih, kondisioner, krim, dan lilin . Gunakan juga kain lap yang berbeda untuk setiap produk yang berbeda sehingga tidak mengalami kontaminasi silang.
  • Pembersih kulit,
  • Kondisioner kulit, dan
  • Semir sepatu.

Itulah beberapa cara merawat sepatu kulit yang perlu Moms dan Dads ketahui supaya sepatu tetap bagus dan bertahan lama. Dengan sepatu yang bersih dan terawat, pastinya ini akan menambah kepercayaan diri pemakainya. Jadi, jangan malas merawatnya ya!

Artikel Terkait