2-3 TAHUN
21 April 2019

Supaya Tidak Kram, Ajarkan Anak 5 Gerakan Pemanasan Sebelum Berenang

Yuk, lakukan pemanasan supaya tidak cedera saat berenang
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu
keram hero

Bila diperhatikan, tidak banyak anak yang melakukan gerakan pemanasan sebelum berenang. Kecuali ada pelatih renang atau sudah dibiasakan orang tua, kebanyakan anak biasanya langsung melompat ke dalam kolam renang tanpa persiapan.

Padahal menurut New Zealand Ocean Swim, ada beberapa manfaat gerakan pemanasan sebelum berenang, seperti:

  • Melancarkan aliran oksigen pada otot yang digunakan untuk berenang
  • Meningkatkan suhu tubuh, sehingga mengurangi risiko kram dan cedera otot atau tendon
  • Meningkatkan aliran darah pada otot yang digunakan untuk berenang, sehingga lebih berenergi
  • Membuat otot lebih fleksibel agar anak bisa berenang lebih efisien

Baca Juga: Dukung Tumbuh Kembang Anak dengan Berenang

Yuk Moms, ajarkan Si kecil melakukan rangkaian gerakan pemanasan sebelum berenang. Apa saja, simak ya Moms.

Peregangan Tangan

supaya tidak kram, ajarkan anak 5 gerakan pemanasan sebelum berenang 1

Foto: verywellfamily.com

Untuk meningkatkan jangkauan otot sekaligus membuat tubuh lebih fleksibel, gerakan pemanasan sebelum berenang ini sebaiknya dilakukan selama 30 detik.

Sambil berdiri dengan kaki dibuka selebar bahu, rentangkan tangan ke atas kepala lalu perlahan condongkan badan ke kiri dan kanan.

Setelah itu lanjutkan dengan membungkukkan badan dan menyentuh jari kaki untuk meregangkan otot kaki dan punggung.

Lunge

supaya tidak kram, ajarkan anak 5 gerakan pemanasan sebelum berenang 2

Foto: 30seconds.com

Dari posisi berdiri, majukan satu kaki ke depan sambil merentangkan kedua tangan ke atas. Lakukan secara bergantian dengan kaki yang satunya.

Gerakan ini akan membantu meregangkan otot dada serta empat otot besar di bagian depan paha.

Baca Juga: Ingin Mengajari Bayi Berenang? Perhatikan 6 Hal Berikut

Pose Kucing

supaya tidak kram, ajarkan anak 5 gerakan pemanasan sebelum berenang 3

Foto: deskgram.net

Gerakan pemanasan sebelum berenang ini dimulai dengan posisi tubuh seperti kucing, yaitu bertumpu pada kedua telapak tangan dan lutut.

Kemudian tundukkan kepala dan tarik pusar ke atas sehingga punggung melengkung seperti kucing yang sedang kaget. Setelah itu lanjutkan dengan perlahan menurunkan tulang punggung ke arah lantai sambil perlahan menarik kepala ke belakang.

Meniup Gelembung

supaya tidak kram, ajarkan anak 5 gerakan pemanasan sebelum berenang 4

Foto: pmpediatrics.org

Si Kecil sering terlihat cemas saat masuk air? Ajarkan gerakan pemanasan sebelum berenang ini untuk membuatnya lebih rileks sekaligus menyiapkan paru-parunya.

Moms bisa mengajaknya duduk di bagian kolam yang dangkal, lalu memasukkan seluruh kepalanya ke dalam air dan meniupkan udara untuk membuat gelembung udara.

Baca Juga: Perhatikan 8 Hal Ini Setiap Berenang di Kolam Renang Umum

Menendang di Dalam Air

supaya tidak kram, ajarkan anak 5 gerakan pemanasan sebelum berenang 5

Foto: kidsathearttoys.com

Gerakan pemanasan sebelum berenang ini juga dilakukan di dalam kolam ya, Moms. Setelah masuk ke dalam kolam yang airnya tidak terlalu dalam, Si Kecil bisa berpegangan pada sisi kolam sambil meluruskan kakinya ke belakang, lalu mulai menendang.

Sebagai alternatif, pemanasan ini juga bisa dilakukan dengan bantuan pelampung. Cukup pegang pelampung lalu gerakkan kaki untuk mendorong tubuhnya maju ke depan.

Apa Moms tahu gerakan pemanasan sebelum berenang lain yang bisa diajarkan pada Si Kecil?

(WA/IRN)

Artikel Terkait