KESEHATAN
8 Juni 2019

Supaya Tidak Sakit, Tingkatkan Imunitas Tubuh Dengan 3 Bahan Ini

Bawang putih ternyata banyak fungsinya selain untuk menggurihkan hidangan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Di musim pancaroba seperti saat ini, penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan tubuh. Banyak cara yang dianjurkan untuk menguatkan sistem imun tubuh, seperti tidur cukup dan hindari begadang, rajin olahraga, kurangi alkohol, jalankan diet sehat, dan jangan lupa minum vitamin.

Selain cara-cara tersebut, ada juga tanaman herbal yang bisa membantu meningkatkan imunitas dan juga menjaga kesehatan tubuh lho Moms. Apa sajakah jenis herbal itu? Yuk kita lihat di bawah ini!

1. Echinacea

echinacea flora floral 659

Dikenal sebagai coneflower Amerika, ini adalah ramuan yang sangat populer, dan biasanya dikonsumsi untuk membantu memerangi flu dan pilek.

Dikutip dari Medicalnewstoday.com, echinacea adalah herba berbunga dalam keluarga Asteraceae (daisy). Echinacea tersedia tanpa resep di apotek, toko kesehatan, dan supermarket seperti teh, ekstrak cair, ramuan kering, dan sebagai kapsul atau pil.

Selain flu dan pilek, tanaman ini baik untuk merawat gangguan pencernaan, ADHD, sindrom kelelahan kronis, difteri, pusing, penyakit gusi, malaria, migrain, gigitan ular berbisa, rematik, infeksi aliran darah, sipilis, radang amandel, tipes, infeksi saluran kemih, infeksi ragi vagina.

Echinacea adalah tanaman abadi, yang berarti ia hidup selama bertahun-tahun. Tingginya sekitar 30-60 sentimeter saat dewasa, sedikit runcing dan memiliki bunga besar ungu hingga merah muda, tergantung pada spesies.

Baca Juga: 5 Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Bagian tengah bunga memiliki kepala biji (kerucut), yang juga runcing dan berwarna coklat tua hingga merah. Tanaman ini memiliki campuran zat aktif yang kompleks, beberapa di antaranya dikatakan antimikroba, sementara yang lain diyakini memiliki efek pada sistem kekebalan tubuh manusia.

Semua spesies obat herbal memiliki senyawa yang disebut fenol, zat aktif yang mengontrol aktivitas berbagai enzim dan reseptor sel, dan melindungi tanaman dari infeksi dan kerusakan radiasi ultraviolet (UV).

2. Ginseng

ginseng 3404958 1920

Ginseng mengandung dua senyawa penting: ginsenosides dan gintonin. Keduanya saling melengkapi satu sama lain untuk memberikan manfaat kesehatan.

Dikutip dari Helathline.com, penelitian mengenai ginseng dan imunitas tubuh menunjukkan bahwa orang yang menggunakan ginseng dapat memiliki kesempatan hingga 35 persen lebih tinggi untuk hidup bebas penyakit selama lima tahun setelah pembedahan kuratif dan tingkat kelangsungan hidup 38 persen lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak meminumnya.

Selain itu, tanaman ini juga terbukti membantu melawan kelelahan dan meningkatkan energi. Ada senyawa-senyawa yang terkandung di dalamnya yang membantu melawan lelah yaitu polisakarida dan oligopeptida.

Ekstrak ginseng bisa ditemukan dalam bentuk serbuk, tablet, kapsul, dan minyak. Akar ginseng pun dapat dikonsumsi dalam banyak cara, dimakan mentah atau bisa dikukus dengan lembut untuk melunakkannya, atau bisa juga direbus dalam air untuk membuat teh. Selain itu bisa juga ditambahkan ke berbagai resep seperti sup dan tumis.

Baca Juga: 7 Makanan untuk Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

3. Bawang Putih

aromatic cloves colors 928251

Dikenal sebagai penyedap makanan, ketika digunakan sebagai obat, bawang putih bisa digunakan untuk mengobati flu dan masalah kencing, merawat kolesterol tinggi, bisul perut yang disebabkan oleh H. pylori, kanker, atau masalah sirkulasi di kaki. Namun, penelitian menunjukkan bahwa bawang putih mungkin kurang efektif dalam mengobati kondisi ini.

Dikutip dari Everydayhealth.com, bawang putih yang dikonsumsi dengan dimakan pasalnya dilakukan dalam pengobatan alternatif tekanan darah tinggi, penyakit arteri koroner (arteri yang mengeras), kanker perut, kanker usus besar atau kanker dubur, dan dalam mencegah gigitan kutu.

Dioleskan ke kulit juga efektif untuk mengobati infeksi kulit jamur seperti kurap, gatal di selangkangan, atau kaki atlet.

Nah, ternyata ada juga ya tanaman herbal yang bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Yuk segera dicoba Moms!

(MDA)

Foto: Pexels.com, Pixabay.com

Artikel Terkait