KESEHATAN
14 Maret 2016

Susah Tidur? Ikuti Tips-Tips Ini!

Dengan tips ini Anda akan menikmati tidur lebih berkualitas.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh serenata.rosalia
Disunting oleh serenata.rosalia

Gelisah, mengalami kesulitan atau sering terbangun saat tidur bisa jadi tanda Anda sedang dilanda stres. Entah itu tekanan pekerjaan, tanggung jawab akan keluarga, hingga hal-hal tak terduga lainnya seperti masalah hubungan atau penyakit. Meskipun tidak semua faktor kesulitan tidur bisa Anda atasi, setidaknya ada tujuh hal mudah yang bisa Anda lakukan untuk tidur lebih berkualitas.

Tentukan Waktu Tidur

Tentukan waktu untuk pergi dan bangun tidur setiap hari di alarm smartphone Anda. Pastikan Anda mengikuti jadwal tersebut baik saat weekdays maupun weekend. Hal ini akan membuat tubuh memiliki siklus bangun dan tidurnya sendiri sehingga Anda akan memiliki tidur yang lebih berkualitas. Jika Anda tidak bisa tertidur dalam 15 menit, cobalah lakukan sesuatu yang merilekskan pikiran.

Perhatikan Makanan dan Minuman

Jangan tidur ketika Anda sedang kelaparan atau kekenyangan. Anda akan merasa tidak nyaman dan malah terbangun di malam hari. Begitu juga dengan minum. Usahakan untuk tidak minum terlalu banyak untuk menghindari terbangun karena ingin buang air.

Buat Ritual Sebelum Tidur

Usahakan melakukan sesuatu yang rileks sesaat sebelum menerjang kasur kesayangan Anda, misalnya dengan mandi air hangat, membaca buku, atau mendengarkan musik. Rileksasi ini akan membuat tubuh jadi lebih santai dan cepat mengantuk. Berhati-hatilah jika Anda menonton televisi atau menggunakan alat elektronik lainnya sebagai ritual sebelum tidur Anda. Sebab, penggunaan layar sebelum tidur ini juga bisa menganggu tidur.

Ciptakan Kenyamanan

Buat dekorasi kamar tidur senyaman mungkin, biasanya ruangan harus sejuk, gelap, dan tidak berisik. Bantal dan tempat tidur juga bisa berkontribusi dalam kenyenyakan tidur. Pilih bantal dan tempat tidur yang paling nyaman untuk Anda. Jika Anda tidur bersama teman sekamar, pastikan tempat tidur tersebut cukup untuk dua orang

Batasi Waktu Tidur Siang

Terlalu lama tidur siang tentu saja akan menganggu waktu tidur malam Anda apalagi jika Anda mengalami insomnia atau susah tidur pada malam hari. Jika Anda ingin tidur siang, batasi hanya 10-30 menit dan lakukan pada sore hari.

Olahraga Teratur

Melakukan olahraga secara teratur setiap hari akan membantu Anda untuk memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Anda juga perlu memerhatikan waktu melakukan olahraga ini. Jika terlalu dekat dengan waktu tidur, mungkin Anda malah merasa segar ketika saatnya tidur. Coba lakukan olahraga simple berdurasi 10-30 menit di siang hari.

Kelola Stres

Saat Anda memiliki terlalu banyak hal untuk dipikirkan dan dilakukan, biasanya kualitas tidur akan menurun. Mulailah untuk mengelola hal apa saja yang perlu dilakukan, diprioritaskan, dan dilaksanakan. Berilah waktu diri sendiri untuk beristirahat jika diperlukan. Jangan lupa juga untuk menghabiskan waktu bersama teman.

Sumber foto: businessinsider

Artikel Terkait