KESEHATAN
22 Juni 2018

Susah Tidur? Kenali Penyebab Insomnia dan Cara Mengatasinya!

Terapkan hidup sehat dengan rutin agar tidak terkena insomnia ya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla

Tanya : 

Saya akhir-akhir ini sudah 4 hari susah tidur sampe semua obat saya pakai, tapi hasilnya nihil. Saya takut kalau harus coba lagi, takut aktif ke obat-obatan bakal berakibat fatal. Terus solusinya bagaimana ya dok?

Jawab : 

Kondisi sulit tidur atau dikenal dengan insomnia merupakan kondisi dimana penderitanya susah memulai tidur, sulit mempertahankan tidur dan juga tidak puas dengan kualitas tidur.

Insomnia menimbulkan gejala seperti merasa lelah keesokan harinya, sulit konsentrasi, tidak bisa beraktivitas dengan baik.

Penyebab insomnia diantaranya adalah:

1. Rutinitas tidur

2. Gaya hidup kurang baik

3. Gangguan psikis seperti cemas

4. Riwayat kesehatan

5. Porsi olahraga

6. Obat-obatan tertentu

Hal yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki kualitas tidur anda diantaranya adalah:

1. Terapkan hidup sehat dengan rutin berolah raga, asupan nutrisi yang baik dan kelola stres dengan baik

2. Hindari menggunakan tempat tidur untuk aktivitas selain tidur seperti makan, mengerjakan tugas, menonton tv atau lainnya

3. Hindari penggunaan gadget di tempat tidur Anda karena dapat mengalihkan keinginan untuk tidur dan membuat Anda cemas untuk melihat gadget Anda tersebut.

4. Usahakan memulai tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya

5. Hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein, alkohol ataupun kebiasaan merokok.

6. Hindari penggunaan obat tidur tanpa anjuran dan resep dari dokter karena dapat menimbulkan kecanduan

Dijawab oleh : dr. Yohana Margarita

Sumber : meetdoctor.com

Artikel Terkait