BAYI
20 Agustus 2020

Susu Formula Bayi yang Mendekati ASI, Apakah Ada?

Moms bisa saja ada di kondisi tidak bisa memberikan ASI secara full kepada Si Kecil dan terpaksa harus menggunakan susu formula bayi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Seperti yang sering dikatakan iklan susu anak komersial, ASI masih menjadi asupan terbaik untuk Si Kecil hingga usia 2 tahun. Ini karena ada satu ton nutrisi yang dapat diperoleh Si Kecil dari ASI, dibandingkan dengan susu formula bayi biasa yang dapat Moms beli dari toko.

Tidak seperti susu formula bayi biasa, ASI memiliki banyak manfaat untuk anak-anak, seperti mengandung vitamin dan protein yang diperlukan untuk perkembangan fisik dan mental Si Kecil.

ASI juga dapat membantu Si Kecil meningkatkanan antibodi untuk sistem kekebalan tubuhnya agar tidak mudah sakit. Si Kecil juga akan terhindar dari diare karena perutnya yang sensitif dapat lebih mudah mencerna protein dari ASI, dibandingkan susu formula bayi.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga menjelaskan bahwa masalah pernapasan, infeksi telinga, kanker, diabetes, obesitas dan kematian mendadak juga bisa dihindari oleh Si Kecil yang mengkonsumsi ASI.

Namun, banyak orang tua saat ini merasa memberikan ASI ternyata butuh energi dan usaha yang besar. Misalnya para Moms yang hampir tidak punya waktu untuk memompa ASI karena bekerja.

Belum lagi beberapa Moms yang memiliki payudara yang sangat sensitif atau merasa memiliki payudara yang kurang berkembang (yang berusia muda) sehingga sulit memproduksi ASI dengan maksimal. Inilah sebabnya mengapa banyak Moms kini lebih menyukai penggunaan susu formula bayi daripada memberikan ASI.

Jill Irving Director Hobbayne Health Care Ltd. di Inggris, yang juga seorang bidan, mengatakan jika Moms benar-benar mengalami kesulitan menyusui, maka Moms mungkin perlu memberikan susu formula untuk sementara waktu sampai mendapatkan bantuan.

"Memberikan ASI bisa terasa seperti kerja keras, tetapi perlu diingat bahwa ini tidak selamanya. Dan jika Anda masih memiliki masalah dengan produksi ASI, Anda boleh menggunakan susu formula sampai masalah ASI Anda teratasi. Anda mungkin masih dapat kembali menyusuinya dengan full ASI, ketika sudah mendapat bantuan dari konsultan laktasi," ujarnya saat dikutip dari Baby Centre.

Untuk memastikan bahwa Si Kecil tidak sakit perut atau memberikan reaksi negatif lainnya saat sesekali menambahkan susu formula, Moms perlu mencari susu formula bayi yang mendekati ASI. Susu formula bayi yang mendekati ASI harus berkualitas tinggi dan aman, karena dibuat dengan bahan-bahan terbaik dan memiliki banyak kandungan vitamin dan nutrisi seperti ASI.

Baca Juga: Tak Perlu Khawatir ASI Sedikit, Lakukan Cara Ini untuk Perbanyak ASI

Beberapa kandungan nutrisi yang harus ada pada susu formula bayi yang mendekati ASI dan beberapa pilihan brand yang tersedia di pasaran akan dijelaskan dalam tulisan di bawah. Sehingga, ini bisa jadi bahan pertimbangan Moms.

Kandungan Nutrisi pada Susu Formula Bayi yang Mendekati ASI

8 Makanan untuk Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anak setelah Disapih, Sudah Tahu?

Teknologi mengubah segalanya di dunia dan itu termasuk susu formula untuk bayi. Produsen selalu menemukan cara baru untuk membuat susu formula mereka menjadi lebih mirip atau sebanding dengan ASI.

Masing-masing perusahaan akan menawarkan kelebihan, karena mereka menginginkan susu formula yang mendekati ASI ini benar-benar dapat menjadi pengganti yang memadai.

Dikutip dari Breastfeeding Magazine, berikut ini adalah kandungan yang harus ada pada susu formula bayi yang mendekati ASI. Jika Moms membiasakan diri dengan istilah-istilah berikut, maka Moms akan mengerti apa yang Moms baca ketika mempelajari formula khusus produk susu formula bayi yang mendekati ASI di pasaran.

1. DHA

Kandungan yang harus ada dalam susu formula bayi yang mendekati ASI pertama adalah DHA. DHA atau docasahexaenoic merupakan asam lemak omega-3 yang ditemukan secara alami dalam ASI. DHA dipercaya memainkan peran penting dalam perkembangan dan fungsi otak.

Saat ini Moms dapat menemukan produk terpilih yang mengandung bahan ini. Ini adalah salah satu bahan yang dapat memberikan formula bayi beberapa manfaat alami yang diperoleh dari ASI.

2. MFGM

Kandungan yang harus ada dalam susu formula bayi yang mendekati ASI selanjutnya adalah MFGM. Ini adalah singkatan dari Milk Fat Globule Membrane dan mengacu pada protein dan lipid yang ditemukan secara alami di setiap tetes ASI. MFGM dipercaya memainkan peran penting dalam pengembangan fungsi kognitif dan menjadi bahan kuat lainnya yang akan membuat susu formula bayi mendekati ASI dalam hal manfaat kesehatan.

Sayangnya, MGFG merupakan salah satu komponen alami ASI yang tidak dapat diduplikasi dalam formula buatan manusia hingga saat ini.

Baca Juga: Hati-hati! Kasus Susu Formula Palsu yang Sedang Viral Ini Juga Bisa Menimpa Si Kecil

3. Laktoferin

Kandungan yang harus ada dalam susu formula bayi yang mendekati ASI selanjutnya adalah laktoferin. Laktoferin merupakan protein yang ditemukan secara alami di kolostrum dan dipercaya memainkan peran penting dalam mengembangkan dan mendukung sistem kekebalan Si Kecil, serta membantu sistem pernapasan.

Jika Moms menginginkan formula bayi yang melindungi Si Kecil di awal kehidupan, ini adalah bahan yang harus Moms dapatkan dalam susu formula bayi yang mendekati ASI.

4. ARA

Kandungan yang harus ada dalam susu formula bayi yang mendekati ASI selanjutnya adalah ARA. ARA dikenal juga sebagai asam arakidonat atau komponen alami untuk ASI yang sekarang ditambahkan ke beberapa susu formula bayi.

ARA membantu pengembangan sistem saraf pusat, tetapi beberapa produsen menambahkannya hanya untuk menyeimbangkan asam lemak lain dalam susu formula.

5. Kolin

Kandungan yang harus ada dalam susu formula bayi yang mendekati ASI selanjutnya adalah kolin. Kolin adalah nutrisi yang pertama kali diperkenalkan oleh Institute of Medicine pada tahun 1998. Kolin bukanlah vitamin atau mineral, tetapi memiliki dampak signifikan pada perkembangan otak seperti halnya fungsi DHA.

Kolin menjalankan fungsi vital untuk tubuh, mulai dari perkembangan otak hingga fungsi sistem saraf, serta mempengaruhi fungsi hati, pergerakan otot dan metabolisme.

Organ hati menghasilkan kolin dalam jumlah sedikit. Karena tak banyak dihasilkan tubuh, kita perlu mendapatkan asupan kolin yang cukup dari berbagai makanan sehat.

6. Probiotik dan Prebiotik

Kandungan yang harus ada dalam susu formula bayi yang mendekati ASI selanjutnya adalah probiotik dan prebiotik. Probiotik dan prebiotik adalah dua hal yang memegang peranan penting bagi kesehatan Si Kecil. Probiotik adalah bakteri hidup yang ditemukan dalam makanan atau suplemen tertentu.

Probiotik adalah bakteri baik yang penting untuk kesehatan tubuh. Sementara prebiotik adalah karbohidrat (serat) yang tidak bisa dicerna oleh tubuh manusia. Prebiotik adalah makanan dari probiotik yang hidup dalam sistem pencernaan.

Baca Juga: Ini Penyebab Bayi Muntah Setelah Minum Susu Formula

7. Non-GMO

Kandungan yang harus ada dalam susu formula bayi yang mendekati ASI selanjutnya adalah Non-MGO. Non-GMO (Geneticaly Modified Organism) merupakan istilah yang biasa Moms lihat di produk-produk pangan. Non-GMO kini juga dapat Moms lihat di kemasan susu formula bayi dan berarti formula itu dibuat dengan jagung atau kedelai yang tidak dimodifikasi secara genetik.

Similac adalah produsen pertama yang membuat susu Non-GMO dan disematkan pada susu formula versi lanjutan. Namun kini, banyak produsen susu formula lainnya yang juga mengembangkan produknya dengan Non-GMO.

8. Hypoallergenic

Kandungan yang harus ada dalam susu formula bayi yang mendekati ASI selanjutnya adalah hypoallergenic. Jika Si Kecil memiliki reaksi negatif terhadap susu sapi atau bahan-bahan dalam banyak susu formula bayi standar, Moms dapat mencoba susu formula bayi yang berisi campuran hypoallergenic seperti Gerber Extensive HA.

Biasanya produk hypoallergenic ini dibuat dengan Whey protein 100 persen, termasuk zat besi dan DHA yang memadai untuk perkembangan Si Kecil yang sehat.

9. Zat Besi Tambahan

Kandungan yang harus ada dalam susu formula bayi yang mendekati ASI selanjutnya adalah zat besi tambahan. Umumnya susu formula bayi sangat rendah zat besi bila dibandingkan dengan ASI alami. Itu artinya, penggunaan susu formula dapat meningkatkan konsekuensi kesehatan terhadap kekurangan zat besi pada tahun pertama kehidupan.

Inilah sebabnya mengapa Moms harus mencari susu formula bayi yang mengandung zat besi tambahan dan bersyukurlah karena susu formula dengan zat besi tambahan sudah banyak dibuat oleh produsen susu bayi.

Jika Moms tidak tahu apakah Si Kecil membutuhkan tambahan zat besi atau tidak, bicarakan dengan seorang profesional medis yang akrab dengan catatan kesehatan Si Kecil atau dokter anak langganan Moms.

Baca Juga: 5 Kesalahan dalam Menyiapkan Susu Bubuk Formula

Pilihan Susu Formula Bayi yang Mendekati ASI

Ini Persiapan sebelum Memberikan Susu Formula pada Bayi, Wajib Tahu!

Susu formula bayi yang seperti ASI, perlu menyediakan semua kebutuhan Si Kecil termasuk mereka yang baru lahir. Oleh karena itu, penting untuk memilihnya dengan bijak. Mengingat, saat ini banyak sekali pilihan susu formula untuk Si Kecil.

Jika Anda mencoba menentukan mana susu formula bayi yang mendekati ASI, carilah produk yang mengandung banyak komponen alami ASI, misalnya:

1. Enfamil Enspire

Pilihan susu formula bayi yang mendekati ASI yang pertama adalah Enfamil Enspire. Enspire adalah susu formula bayi non-GMO yang dirancang untuk memberikan nutrisi lengkap, dengan omega 3, DHA, Kolin, dan MFGM untuk bayi. Enfamil Enspire juga mengandung protein yang memperkuat kekebalan tubuh atau Lactoferin seperti halnya kolostrum.

Sama seperti ASI, laktosa adalah satu-satunya agen pemanis Enfamil Enspire dan tidak mengandung maltodexrin jagung atau High Fructose Corn Cyrup (HFCS), bahan yang banyak ditemukan dalam susu formula lain. Enspire juga dikemas dengan prebiotik dan probiotik, sehingga mudah dicerna oleh Si Kecil.

2. Nutricia Neocate LCP

Pilihan susu formula bayi yang mendekati ASI yang selanjutnya adalah Nutricia Neocate LCP. Nutricia Neocate LCP adalah susu formula bayi yang biasa direkomendasikan oleh dokter untuk bayi yang alergi susu sapi dan intoleransi protein.

Susu formula hipoalergenik ini mengandung AA, DHA dan juga asam amino, sehingga lebih mudah diserap dan dicerna oleh tubuh bayi sebagai pengganti protein dari susu sapi.

Neocate LCP biasa dijual oleh rumah sakit atau seller tertentu, karena hanya dikonsumsi sesuai dengan anjuran dokter anak atau keperluan medis khusus.

3. Bebelove Gold

Pilihan susu formula bayi yang mendekati ASI yang selanjutnya adalah Bebelove Gold. Bebelove Gold Ezycare adalah susu formula bubuk dengan nutrisi penting dan seimbang. Bebelove Gold mengandung prebiotik dan vitamin yang akan membantu memenuhi kebutuhan serat harian dan juga diperkaya dengan 12 vitamin dan 9 mineral, termasuk vitamin A, iodium, kalsium, zat besi dan zinc.

Bebelove Gold juga dilengkapi AA, DHA, Whey protein serta minyak ikan yang mengandung asam alfa linolenat sebagai asam lemak esensial.

Baca Juga: Bolehkah Mengombinasi ASI dengan Susu Formula?

Itulah beberapa produk susu formula bayi yang mendekati ASI. Namun, perlu diingat bahwa bahan-bahan ini tidak sama persis dengan komponen alami yang ditemukan dalam ASI karena belum ada cara untuk meniru kebaikan ASI sepenuhnya, walaupun teknologi berpeluang besar untuk melakukannya.

Memberikan susu formula kepada bayi Moms tidak berarti bahwa menyusui sudah tidak perlu dilakukan. Ini hanya tindakan sementara untuk menolong Moms melewati masa sulit dan memberi Moms kesempatan untuk membangun kembali persiapan untuk dapat memberikan ASI sepenuhnya.

Yang perlu Moms ingat juga, selalu diskusikan dengan dokter mengenai pemberian susu formula untuk Si Kecil ya.

Artikel Terkait