BAYI
6 Juli 2020

Susu Formula Organik untuk Bayi, Seperti Apa?

Ketahui fakta-fakta tentang susu formula organik ini sehingga Moms dapat memutuskan apakah itu tepat untuk bayi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Apapun alasan memutuskan memberikan untuk susu formula kepada bayi, Moms pasti selalu ingin memberi yang terbaik. Bagi beberapa orang tua, hal yang terbaik identik dengan organik.

Susu formula organik juga selalu menjadi pilihan karena dapat membantu mengurangi masalah kesehatan lebih lanjut terkait dengan mengonsumsi susu formula biasa yang mungkin memiliki jejak pestisida.

"Dengan meningkatnya kekhawatiran tentang sumber makanan kita dan potensi bahan kimia dan pestisida yang mungkin terpapar pada makanan kita, memilih bahan organik adalah pilihan praktis bagi orang tua yang ingin meminimalkan paparan residu pestisida dan bahan kimia berbahaya untuk anak mereka," kata Crystal Karges, seorang ahli gizi bersertifikat.

Sama seperti produk organik atau produk susu, susu formula organik juga harus dibuat dengan bahan organik bersertifikat dan alat bantu pengolahan. Formula ini juga bebas GMO dan harus mematuhi National Register of Permitted and Prohibited Materials, yang berarti bahwa beberapa bahan pengawet, rasa, dan zat tambahan lain yang ditemukan dalam formula standar hilang dari formula organik.

Baca Juga: 4 Tips Mengganti Susu Formula Bayi, Tidak Sembarangan!

Bahan di Dalam Susu Formula Organik untuk Bayi

Berkenalan dengan Susu Formula Organik untuk Bayi -1.png

Foto: Childrenforchildren.org

Sebenarnya, kandungan dalam susu formula organik untuk bayi bisa sangat bervariasi antar merek. Oleh karena itu, para ahli merekomendasikan untuk membaca label terlebih dahulu dengan cermat untuk memastikan Moms merasa nyaman dengan bahan-bahannya di dalamnya.

Sebagian besar susu formula organik memiliki basis susu sapi, tetapi beberapa dibuat dengan susu kedelai atau kambing. Biasanya di dalamnya mengandung zat aditif seperti DHA, ARA, prebiotik, probiotik, atau protein whey untuk membantunya lebih mirip dengan ASI.

Ahli gizi Natalie Gillett berpendapat bahwa bahan-bahan yang digunakan dalam produk organik belum tentu lebih baik daripada dalam formula konvensional.

"Sebagai contoh, banyak merek susu formula organik menggunakan glukosa dan sirup jagung sebagai sumber karbohidrat dibandingkan laktosa, yang merupakan sumber karbohidrat dalam ASI," katanya.

Natalie menambahkan, kandungan minyak kelapa biasanya adalah sumber lemak bagi banyak susu formula organik.

“Meskipun tidak selalu buruk untuk mengkonsumsinya, saya lebih suka susu formula dengan karbohidrat dan lemak kualitas yang lebih baik seperti laktosa dan minyak bunga matahari atau safflower,” tambahnya.

Penting juga untuk dicatat bahwa organik tidak selalu berarti alami. Seorang labor educator Genevieve Howland mencatat bahwa Food and Drugs Administration (FDA) mewajibkan semua susu formula untuk memiliki nutrisi dan pengawet tertentu yang hanya dapat dibuat secara sintetis, seperti lutein, likopen, nukleotida, taurin, dan L-karnitin.

Baca Juga: 4 Tips Pemberian ASI yang Diselingi Susu Formula untuk Bayi

Harganya Susu Formula Organik untuk Bayi

Berkenalan dengan Susu Formula Organik untuk Bayi -2.jpg

Foto: Shutterstock.com

Seperti makanan organik dan barang lainnya, susu formula organik hadir dengan label harga yang lebih tinggi daripada susu formula biasa.Crystal menambahkan, dalam hal susu formula organik untuk bayi, penting untuk mempertimbangkan semua aspek.

"Jadi jika bayi Anda mengkonsumsi susu formula sesekali dan biaya merupakan faktor, memilih susu formula konvensional merupakan pilihan yang lebih bijak. Namun, bagi bayi yang menggunakan susu formula sebagai sumber nutrisi utama, sebaiknya mempertimbangkan susu organik untuk membantu meminimalkan paparan bahan kimia dan pestisida," jelasnya.

Beberapa orang tua memilih untuk mengatasi masalah biaya dengan membuat susu formula organik sendiri di rumah, tetapi praktik ini dianggap tidak aman oleh American Academy of Pediatrics (AAP).

"Jika biaya susu formula organik terlalu mahal untuk Anda, jangan biarkan itu mempengaruhi cara Anda memberi makan bayi Anda,” kata Genevieve.

Baca Juga: Ini Persiapan sebelum Memberikan Susu Formula pada Bayi, Wajib Tahu!

Memilih Susu Formula Organik untuk Bayi

Berkenalan dengan Susu Formula Organik untuk Bayi -3.jpg

Foto: Tasteofhome.com/Shutterstock

Ada lebih banyak merek susu formula organik di pasaran sekarang daripada sebelumnya, dan perusahaan secara teratur menyempurnakan daftar bahannya.

"Saya suka mendorong orang tua untuk memilih opsi merek formula organik yang memenuhi kebutuhan masing-masing bayi, karena semua formula akan sedikit berbeda dengan bahan," kata Crystal.

Kandungan yang dimiliki susu formula untuk bayi akan ikut membantu tumbuh kembang Si Kecil. Oleh karena itu, Moms harus benar-benar membaca label pada bungkus susu untuk disesuaikan dengan kebutuhan bayi.

Karena banyak jenisnya, Moms bisa mencoba beberapa untuk diberikan kepada bayi dan melihat reaksinya.

Beberapa kandungan yang penting untuk dimiliki susu formula organik untuk bayi adalah prebiotik penting, omegas 3 dan 6 untuk perkembangan otak yang sehat dan fungsi kekebalan tubuh, serta berbagai vitamin dan mineral lainnya.

Susu organik berarti tidak ada pestisida atau transgenik, yang memberikan manfaat plus untuk bayi.

Baca Juga: Mengenal 4 Ragam Jenis Susu Formula Bayi, Mana yang Paling Cocok?

Bagaimana, apakah Moms akan memutuskan memberikan susu organik untuk bayi atau tidak? Jangan lupa konsultasikan juga dengan dokter anak ya Moms!

Artikel Terkait