PROGRAM HAMIL
25 Juni 2020

Susu untuk Program Hamil, Pilih Mana yang Terbaik?

Minum susu juga bisa membantu meningkatkan kesuburan kita
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Yuk, simak penjelasan tentang susu untuk program hamil secara alami berikut ini.

Sudah lama menikah, namun belum dikaruniai anak, Moms mungkin berpikir untuk mengikuti program hamil. Salah satu promil awal yang bisa dilakukan adalah program hamil alami.

Moms mungkin tertarik untuk hamil secara alami karena alasan filosofis atau agama, masalah kesehatan, atau hanya karena Moms memang ingin memilih untuk tidak melakukan program hamil dengan intervensi tindakan medis.

Baca Juga: 3 Hal yang Perlu Dibicarakan dengan Pasangan Sebelum Memulai Program Hamil

Salah satu cara untuk bisa hamil melalui program alami adalah dengan mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, salah satunya adalah susu. Susu apa yang kira-kira baik dikonsumsi untuk membantu suksesnya program hamil secara alami?

Susu untuk Program Hamil

program hamil

Foto: michiganfarmtofamily.com

Tenyata ada susu untuk program hamil yang bisa membantu Moms untuk cepat dikaruniai buah hati.

“Sekitar 40 persen infertilitas pada wanita disebabkan oleh anovulasi (tidak terjadi proses ovulasi sama sekali) atau karena tidak cukup ovulasi. Ovulasi adalah proses bertemunya sel telur dan sperma yang akan menjadi calon janin. Dengan meminum susu murni, dapat membuat wanita dengan masalah ini menjadi lebih subur.” ujar Dr. Jamil Abdur-Rahman, OB-GYN dan blogger perjalanan medis.

Menurut American Pregnancy Association (APA), wanita yang minum tiga gelas atau lebih susu murni per hari memiliki kemungkinan 70 persen lebih kecil untuk mengalami infertilitas karena “kegagalan ovulasi.”

Baca Juga: 2 Kebiasaan Tidur Ini Ternyata Mempengaruhi Kesuburan!

Bagaimana Peran Susu Murni untuk Program Hamil?

program hamil

Foto: theironyou.com

Susu murni dapat membantu program hamil karena mengandung lemak yang seharusnya dapat “merangsang” ovulasi.

Dr. Jamil Abdur-Rahman menambahkan bahwa makanan yang mengandung lemak hewani tingkat tinggi juga mengandung kadar estrogen yang tinggi.

"Misalnya, satu gelas atau 8 ons susu murni penuh mengandung 2,2 nanogram estrogen, sedangkan 8 ons susu skim hanya mengandung 0,8 nanogram estrogen," jelas Dr. Abdur-Rahman.

Baca Juga: Inilah 6 Hormon Kehamilan Utama yang Ibu Hamil Wajib Tahu

Menurutnya, peningkatan kadar estrogen akibat konsumsi susu murni, dapat menurunkan kadar hormon Insulin-Like Growth Factor 1 (IGF-1). Penurunan level IGF-1 inilah yang membantu meningkatkan ovulasi.

Jadi untuk Moms yang sedang ingin mencoba program hamil alami, jangan lupa untuk minum susu murni ya. Jangan lupa untuk dibarengi dengan makan makanan yang membantu juga, seperti ubi, sayuran berdaun hijau dan biji-bijian utuh, juga akan banyak membantu.

Itulah penjelasan tentang susu untuk program hamil Moms. Selamat minum susu!


Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Ayuwidia

Artikel Terkait