COVID-19
10 Agustus 2020

3 Syarat Masker Kain Layak Pakai, Moms Perlu Tahu

Memakai masker kain tak boleh sembarangan lho, Moms.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Dina Vionetta

Setelah pemerintah dan ilmuwan di dunia merekomendasikan penggunaan masker sebagai salah satu cara untuk mencegah penyebaran COVID-19, banyak beredar kain masker dengan berbagai bentuk, bahan hingga motif diperjualbelikan secara umum.

Meski begitu, ternyata memakai masker tak boleh sembarangan lho, Moms. Ada syarat dan kriteria tertentu yang harus dipatuhi agar masker yang Moms gunakan berfungsi dan efektif menghalau COVID-19.

Baca Juga: Anjuran WHO Terbaru, Pakai Masker Kain 3 Lapis

Syarat dan Kriteria Masker Kain

Ada kriteria dan syarat yang dijadikan pedoman masyarakat dalam memilih masker kain yang baik dan mampu menghalau COVID-19. Berikut beberapa kriteria dan syarat masker kain yang efektif meminimalisir penyebaran COVID-19.

1. Terdiri dari 3 Lapis

xx syarat masker kain layak pakai

Foto: Orami Photo Stocks

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut masker kain yang dipakai masyarakat haruslah terdiri dari 3 lapisan bahan sintetis yang dikonfigurasi agar dengan lapisan filter pada bagian tengahnya. Masker 3 lapis ini teruji memiliki tingkat ketahanan terhadap cairan maupun droplets dan efektif menghalau virus Corona. Selain itu, masker 3 lapis juga mampu mencegah penularan virus dari orang lain.

2. Harus Menutup Bagian Wajah yang Vital

xx syarat masker kain layak pakai

Foto: Orami Photo Stocks

WHO juga menyarankan agar masyarakat membeli atau membuat masker yang bisa menutup hidung, mulut, dan dagu. Lalu, menggunakan karet elastis sebagai pengaitnya. Hal ini dikarenakan mulut dan hidung adalah organ vital yang mudah terinfeksi COVID-19 sehingga penting untuk tertutup masker agar droplets atau partikel lainnya tidak terhidup oleh hidung maupun mulut.

Baca Juga: DIY Masker Kain dengan Sapu Tangan dan Dua Karet

3. Menggunakan Kain Katun Quilting

xx syarat masker kain layak pakai

Foto: Orami Photo Stocks

Penelitian yang dilakukan oleh Wake Forest Institute for Regenerative Medicine menyebut bahwa penggunaan kain katun quilting disarankan dalam pemakaian masker kain. Sebab, katun quilting memiliki serat yang lebih rapat sehingga lebih baik dalam menyaring dan meminimalisir partikel-partikel yang lebih kecil. Dalam uji coba yang dilakukan pada penelitian tersebut, ditemukan bahwa katun quilting mampu menyaring bakteri, debu, dan virus dengan tingkat keberhasilan hingga 70-79%.

Sehingga, jika Moms berniat membeli atau membuat sendiri masker kain maka harus memastikan bahwa kain yang digunakan adalah kantun jenis quilting, ya.

Baca Juga: Cara Mencuci Masker Kain Agar Senantiasa Aman dan Higienis

Itulah tiga syarat utama yang harus diperhatikan ketika membuat atau membeli masker kain. Selain menggunakan masker, Moms juga harus mematuhi protokol kesehatan lainnya agar tidak menularkan atau tertular virus Corona.

Artikel Terkait