PASCA MELAHIRKAN
13 Agustus 2020

Pasca Operasi Caesar, Ini Tahapan Pemulihan yang Perlu Moms Ketahui!

Bagaimana proses dan cara yang harus dilakukan agar cepat pulih pasca operasi caesar?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ketika hari prediksi lahiran telah tiba, Moms pasti akan fokus pada hal-hal yang harus dipersiapkan untuk Si Kecil. Terlebih ketika Moms ternyata harus melahirkan dengan operasi caesar.

Persalinan dengan bedah caesar adalah prosedur bedah yang digunakan untuk melahirkan bayi melalui sayatan di perut dan rahim. Bedah caesar mungkin direncanakan sebelumnya, jika Moms mengalami komplikasi kehamilan atau telah menjalani operasi caesar juga sebelumnya dan tidak mempertimbangkan untuk proses lahiran normal.

Pada beberapa orang lainnya, bedah caesar mungkin dilakukan karena kondisi darurat.

Fokus persiapan lahiran akan terpecah menjadi persiapan menyambut Si Kecil dan persiapan operasi caesar. Biasanya, dokter akan menyusun jadwal untuk melakukan proses operasi tersebut dan juga persiapan terkait prosedur kesehatan menjelang operasi caesar seperti pemeriksaan laboratorium yang mungkin berulang kali.

Pada saat-saat seperti ini, Moms tidak hanya perlu mempersiapkan hal-hal sebelum operasi caesar dilakukan. Akan tetapi, juga harus tau proses pemulihan dan tips untuk cepat pulih pasca operasi caesar.

Proses Pemulihan Pasca Operasi Caesar

apakah aman melakukan operasi caesar untuk ketiga kalinya hero banner

Saat ini operasi caesar adalah suatu hal yang biasa dipilih saat proses lahiran. Namun, pada banyak kelas persalinan, proses pemulihan yang terjadi pasca operasi caesar tidak tercakup secara mendalam, jika memang ada.

Inilah yang perlu Moms ketahui tentang pemulihan pasca operasi caesar:

Satu Jam Pasca Operasi Caesar

Segera setelah operasi, Moms dipindah ke area pasca operasi caesar di mana akan tetap di bawah pengawasan perawat untuk dipantau hal-hal seperti perdarahan dari vagina dan juga sayatan.

Tidak hanya itu, tekanan darah dan suhu tubuh juga tidak akan luput dari perhatian mereka.

Intravena tetap diberikan agar kebutuhan cairan tetap terpenuhi dan kateter akan mengumpulkan urin yang Moms keluarkan dalam sebuah kantung. Keteter akan menghilangkan kebutuhan Moms untuk bangun dan pergi ke kamar mandi.

Pada titik ini, Moms masih tidak akan merasakan apa yang terjadi di bagian bawah tubuh Moms karena anestesi dan Moms mungkin merasa sedikit goyah dan pusing. Namun hal baiknya, jika tidak ada komplikasi, maka Moms dapat segera memegang dan menyusui Si Kecil.

Satu Hari Pasca Operasi Caesar

Beberapa jam pasca operasi caesar dan bila tidak ada komplikasi, Moms akan dibawa dari area pasca operasi caesar ke unit pemulihan pascapersalinan.

Moms mungkin akan boleh minum dan diberikan makanan diet berupa makanan lembek seperti jus dan sup, hingga dokter membiarkan Moms untuk mengkonsumsi makanan padat.

Pasca operasi caesar, perawat akan memijat rahim untuk mendorongnya berkontraksi dan menyusut ke ukuran normal. Moms juga akan mulai disuruh untuk belajar menghadap kiri - kanan, bangun dan bila memungkinkan duduk dari tempat tidur pada hari yang sama.

Meskipun baru menjalani operasi besar pada perut, tetapi aktivitas ini akan membantu mempercepat proses pemulihan pasca operasi caesar Moms.

Dikutip dari Parents.com, Ahli Perinatologis atau Spesialis Kesehatan Ibu dan Janin, Sean Daneshmand, M.D, menjelaskan bahwa nyeri pasca operasi caesar biasanya meningkat setelah 18 jam proses operasi.

"Saat itulah obat penghilang rasa sakit yang diberikan kepada Anda dengan anestesi spinal sudah hilang efeknya," kata dokter asal San Diego tersebut.

Menurutnya, pada saat itu Moms akan diberikan narkotika oral atau analgesia terkontrol untuk pasien, di mana obat penghilang rasa sakit itu disampaikan melalui intravena. Sementara pada saat Moms pulang, Moms mungkin hanya memerlukan anti-inflamasi yang tidak diresepkan seperti ibuprofen.

Baca Juga: 4 Makanan yang Harus Dihindari setelah Operasi Caesar

Dua Hari Pasca Operasi Caesar

Dokter kemungkinan akan melepas kateter Moms di pagi hari pasca operasi caesar. Ini berarti Moms akan berjalan setidaknya ke kamar mandi dan sebaliknya, bahkan mungkin lebih jauh.

"Setelah hari pertama, kami menyarankan peningkatan aktivitas secepat mungkin, tetapi kenali bahwa ini dapat menyebabkan nyeri caesar," kata Aaron B. Caughey, MD, mantan anggota American College of Obstetricians and Gynecologists committee.

Menurutnya, peningkatan aktivitas fisik membantu sirkulasi, meningkatkan fungsi usus, dan akan membuat Moms kembali pulih normal lebih cepat. Setelah intravena Moms dibuka, Moms akan sering ditanya tentang nyeri luka pasca operasi caesar yang dirasakan dan diberikan obat sesuai kebutuhan.

Pembengkakan pasca operasi Caesar adalah hal yang normal dan nyeri karena tidak bisa membuang angin akan terasa menyiksa. Gas dalam perut Moms harus lewat dalam satu minggu, setelah usus bergerak secara normal lagi.

Sementara itu, minum obat untuk kembung dan pelunak tinja akan membantu dan begitu juga dengan aktifitas berjalan-jalan. Oleh karena itu, dokter mungkin juga merekomendasikan obat yang membantu meringankan nyeri perut karena gas dan kembung yang Moms alami.

Empat Hari Pasca Operasi Caesar

Meskipun Moms yang melahirkan secara normal biasanya tinggal di rumah sakit selama sekitar dua hari, garis waktu pemulihan pasca operasi caesar akan membuat Moms tinggal selama kurang lebih empat hari. Tentu saja, ini tergantung pada pertanggungan asuransi dan upaya pencegahan segala komplikasi.

Sebelum Moms pulang, dokter akan melepaskan perban dan menutup sayatan di perut Moms dengan Steri-Strips yang mirip dengan kertas Band-Aids dan harus lepas dengan sendirinya. Moms akan disarankan untuk merawat luka sayatan, menjaga luka tetap bersih dan tidak terganggu.

Moms juga akan diperintahkan untuk tidak mengangkat apa pun yang lebih berat dari Si Kecil, menggunakan tampon dan menghindari seks sampai setelah enam minggu kembali check-up. American College of Obstetricians dan Gynecologists merekomendasikan untuk tidak meletakkan apa pun di vagina selama beberapa minggu agar dapat mencegah infeksi.

Mengemudi pasca operasi caesar juga tidak boleh dilakukan dan begitu juga naik tangga. Itu artinya, dalam waktu satu minggu ke depan segala aktifitas Moms akan sangat terbatas dan membutuhkan bantuan seseorang.

Minggu Kedua Pasca Operasi Caesar

Moms akan mengunjungi dokter lagi untuk pemeriksaan postpartum. Dokter akan memeriksa sayatan, yang seharusnya tidak menunjukkan pembengkakan yang berlebihan, kemerahan, atau tanda-tanda infeksi pasca operasi caesar.

Diskusikan kekhawatiran yang Moms rasakan dan mintalah saran atau rekomendasi mengenai aktivitas yang bisa dilakukan. Meskipun ini hanya baru dua minggu dari operasi besar, Moms harus bisa untuk merasa jauh lebih baik pada tahap ini.

Dikutp dari National Health Service (NHS), perlu diingat bahwa Moms masih akan merasakan nyeri dan kram selama beberapa minggu. Memberikan bantalan pemanas atau botol air panas di perut (tetapi tidak pada sayatan), dapat membantu. Begitu juga penggunaan ibuprofen.

"Apakah Anda melahirkan secara normal atau dengan bedah caesar, dibutuhkan waktu enam minggu untuk rahim berkontraksi ke ukuran normal," kata Daneshmand.

Baca Juga: 6 Kegiatan yang Harus Dihindari Saat Merawat Bekas Luka Operasi Caesar

Minggu Keempat Pasca Operasi Caesar

Pada titik ini, Moms akan bergerak lebih cepat dan nyaman, berjalan lebih lama, dan melihat pendarahan yang berkurang.

Shawn Tassone, MD, dokter kandungan yang berbasis di Austin, menyarankan untuk jangan pernah membandingkan pemulihan Moms dengan pemulihan orang lain karena pemulihan setiap orang sangat berbeda.

Membandingkan diri dengan orang lain hanya akan membuat frustasi, sehingga akhirnya membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih.

"Dengarkan tubuhmu, dan jika ada yang sakit, perlambat. Jika kamu merasa lelah, istirahatlah sebanyak yang kamu bisa. Dan tidak apa-apa untuk meminum obat penghilang rasa sakit yang diresepkan dokter kepadamu," ujarnya.

Minggu keenam Pasca Operasi Caesar

Ini adalah waktu yang ditunggu-tunggu karena saat ini Moms sudah sembuh total dari perawatan pasca operasi caesar.

"Pemulihan penuh dari operasi sesar yang tidak rumit dapat berkisar antara empat dan enam minggu. Semakin sehat Anda sebelum operasi, semakin cepat pemulihannya," kata Rajiv B. Gala, dokter kandungan asal Jefferson, Louisiana, Amerika Serikat.

Saat ini sebagian besar jahitan Moms akan terserap sekitar 50 persen dan rahim akan kembali ke ukuran normal. Moms akan bebas melakukan hubungan seks kembali.

"Beberapa wanita mungkin masih memiliki rasa sakit jika terjadi sesuatu pada luka sayatan pasca operasi caesar tersebut. Akan tetapi, sebagian besar lukanya sembuh dengan sempurna pada saat ini dan Anda dapat melanjutkan semua aktivitas normal," kata Dr. Tassone.

Baca Juga: Semua Persiapan Melahirkan Caesar yang Perlu Moms Ketahui

Tips Untuk Mempercepat Pemulihan Pasca Operasi Caesar

Hamil 1 Bulan, Ini Semua Hal yang Perlu Moms Ketahui!

Setelah Moms tahu bagaimana proses pemulihan pasca operasi caesar yang memakan waktu sekitar 1,5 bulan atau bahkan bisa lebih lama tergantung pada masing-masing orang. Itu adalah waktu yang lebih panjang dari pada pemulihan pasca melahirkan normal.

Berikut ini adalah empat saran untuk mempercepat pemulihan Moms sehingga dapat lebih mempersingkat waktu dan bisa digunakan untuk membangun hubungan dengan Si Kecil.

1. Istirahat Cukup

Operasi caesar adalah operasi besar. Sama halnya dengan operasi lain, tubuh Moms butuh waktu untuk pulih sesaat setelah menjalani operasi. Moms tentu berharap untuk tinggal di rumah sakit selama tiga hingga empat hari pasca operasi caesar dan memberi kesempatan pada tubuh untuk pulih sepenuhnya dalam waktu enam minggu.

Sayangnya, itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Kenyataannya, Moms mungkin akan sulit merangkak ke tempat tidur dan beristirahat selama berjam-jam ketika Moms memiliki bayi yang menuntut banyak perhatian.

Moms mungkin pernah mendengar saran dari teman dan kerabat yang bermaksud baik dan mengatakan, 'beristirahatlah setiap kali bayi Anda beristirahat'. Maka itu adalah hal yang bener dan bisa Moms lakukan. Cobalah tidur kapan pun Si Kecil tidur.

Mintalah bantuan seseorang atau kerabat untuk mengganti popok Si Kecil dan melakukan beberapa pekerjaan rumah sehingga Moms bisa berbaring jika memungkinkan. Bahkan istirahat beberapa menit di sana-sini sepanjang hari dapat membantu mengembalikan energi secara perlahan.

Baca Juga: Kenali 6 Penyebab Gangguan Tidur Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

2. Sayangi Tubuh Moms Sendiri

Lebih berhati-hati dalam beraktivitas saat Moms mulai sembuh. Hindari naik turun tangga sebanyak yang Moms bisa. Simpan semua yang Moms butuhkan seperti persediaan popok dan makanan, di dekat Moms sehingga tidak perlu terlalu sering bangun.

Dikutip dari Healthline, Moms disarankan untuk tidak mengangkat apa pun yang lebih berat dari Si Kecil dan mintalah bantuan dari pasangan atau anggota keluarga dan atau seseorang yang dibayar. Setiap kali Moms harus bersin atau batuk, pegang perut Moms untuk melindungi daerah sayatan.

Menurut National Health Service (NHS), proses pemulihan pasca operasi caesar ini bisa memakan waktu hingga delapan minggu bagi Moms untuk kembali ke rutinitas normal. Tanyakan kepada dokter, kapan Moms boleh berolahraga, kembali bekerja, dan mengemudi. Tunda berhubungan seks atau penggunaan tampon, sampai dokter memberi lampu hijau.

Hindari olahraga yang berat, tetapi lakukan jalan santai sesering mungkin. Gerakan ini akan membantu tubuh Moms untuk sembuh dan mencegah sembelit serta pembekuan darah. Selain itu, jalan-jalan adalah cara yang bagus untuk memperkenalkan Si Kecil kepada dunia.

Sama seperti Moms menjaga kesehatan fisik, jangan lupa tentang kesehatan secara emosional. Memiliki Si Kecil dapat memunculkan perasaan yang tidak pernah Moms harapkan.

Jika Moms merasa lelah, sedih, atau kecewa, jangan abaikan. Bicarakan tentang emosi tersebut dengan seorang teman, pasangan, dokter atau seorang penasihat.

3. Ringankan Rasa Sakit Tersebut

Tanyakan kepada dokter tentang obat nyeri apa yang dapat Moms minum pasca operasi caesar, terutama khusus Moms yang sedang menyusui. Tergantung pada tingkat ketidaknyamanan yang Moms rasakan, dokter mungkin meresepkan penghilang rasa sakit atau menyarankan Moms untuk minum obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen (Advil, Motrin) atau acetaminophen (Tylenol).

Selain obat penghilang rasa sakit, Moms dapat menggunakan bantal pemanas untuk menghilangkan rasa tidak nyaman di lokasi bedah.

4. Fokus pada Nutrisi yang Baik

Nutrisi yang baik pada pasca operasi caesar, sama pentingnya pada bulan-bulan saat Moms hamil. Jika Moms menyusui, Moms tetap menjadi sumber nutrisi utama bagi Si Kecil.

Mengonsumsi beragam makanan akan membuat Si Kecil tetap sehat dan membantu Moms menjadi lebih kuat atau penuh energi.

Penelitian menunjukkan bahwa makan sayur sambil menyusui memberi rasa dalam ASI yang meningkatkan kenikmatan dan konsumsi sayuran saat mereka tumbuh pada masa kanak-kanak.

Jangan lupa mengkonsumsi banyak cairan, terutama air. Moms membutuhkan cairan ekstra untuk meningkatkan suplai ASI dan untuk menghindari sembelit yang mungkin terjadi.

Baca Juga: Menyusui saat Hamil, Wajib Konsumsi 4 Nutrisi Makanan Agar ASI Lancar Ini!

Nah Moms, itulah beberapa hal yang perlu Moms ketahui tentang pasca operasi caesar. Moms bisa langsung bertanya kepada dokter terkait kondisi pasca operasi caesar yang Moms alami mengingat setiap ibu punya kondisi yang berbeda.

Artikel Terkait