GAYA HIDUP
4 Juli 2019

Tak Cuma Makanan, Ini 4 Hal yang Bisa Membuat Otak Tetap Sehat

Fisik harus selalu aktif lo, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Otak merupakan hal yang paling menakjubkan dari tubuh kita. Ini dikarenakan otak dapat mengatur segala hal dari tubuh.

Dimulai dari pikiran kita, rasa kreatif, hingga mengkoordinasi gerakan badan, sehingga otak menjadi organ penting di tubuh.

Walaupun menjadi organ vital, masih banyak orang yang mengabaikan kesehatan otak begitu saja.

Bahkan, menurunnya daya otak tak cuma terjadi saat kita tua saja, tetapi bisa dirasakan di detik ini juga.

Salah satunya adalah sering lupa dan yang terparah adalah otak tak bisa mengirim sinyal rasa sakit ke tubuh sehingga membuat kita terlambat menyadari bahwa ada sesuatu yang salah di diri kita.

"Banyak orang tidak memikirkan kesehatan otak mereka sampai mereka melihat beberapa perubahan kognitif dan kehilangan ingatan," kata Elise Caccappolo, PhD, profesor neuropsikologi di Columbia University Medical Center di New York, sebagaimana dikutip dari webmd.com.

Bukan hanya menjaga makanan saja, tetapi ada 4 hal yang bisa membuat otak tetap sehat. Apa saja?

1. Tidur Berkualitas

1 - Cara Agar Otak Tetap Sehat.jpg

Foto: pexels.com

Cara utama untuk membuat otak kita tetap sehat adalah tidur selama 7-9 jam semalam.

"Tidur adalah hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk mengatur ulang otak, membiarkannya pulih, dan memulihkan kesehatan mental," kata Romie Mushtaq, MD, seorang ahli saraf dan spesialis kedokteran integratif di Amerika Serikat.

Penelitian baru menunjukkan bahwa selama tidur, otak membersihkan racun yang disebut beta-amiloid yang dapat menyebabkan Alzheimer dan bentuk lain dari demensia.

Romie Mushtaq menyarankan beberapa hal sederhana sebelum pergi tidur, yaitu detoksifikasi digital, mematikan semua elektronik setidaknya 1 jam sebelum tidur dan meditasi selama 5-10 menit untuk membantu mengurangi kecemasan, depresi, kelelahan, dan kebingungan.

Baca Juga : 5 Sebab Tidur Tak Berkualitas

2. Menggerakkan Tubuh

2 - Cara Agar Otak Tetap Sehat.jpg

Foto: pexels.com

Berjalan selama 30 menit sehari, mengikuti kelas dansa, senam, atau pergi berenang membantu kita tetap bugar dan bisa meningkatkan kesehatan kognitif kita juga.

Sebuah penelitian yang berbasis di Kanada yang menemukan bahwa semakin banyak orang dewasa yang aktif secara fisik, semakin tinggi skor mereka pada tes memori dan pemecahan masalah.

Olahraga meningkatkan aliran darah ke otak dan penelitian telah menunjukkan itu dapat meningkatkan ukuran hippocampus, bagian otak yang bertanggung jawab untuk memori, yang secara alami menyusut seiring bertambahnya usia.

3. Aktif Bersosialisasi

3 - Cara Agar Otak Tetap Sehat.jpg

Foto: pexels.com

Alih-alih menonton Netflix atau bermain gadget seharian, habiskan waktu sebanyak mungkin dengan teman-teman kita akan jauh lebih baik dan bisa membuat otak kita sehat.

"Ketika Anda bersosialisasi, darah bersirkulasi ke beberapa bagian otak saat Anda mendengarkan dan merumuskan respons untuk teman Anda," jelas Dr. Elise Caccappolo, PhD.

Baca Juga : 4 Kegiatan Pagi Hari yang Harus Dilakukan agar Tubuh Lebih Sehat

4. Mencoba Hal Baru

4 - Cara Agar Otak Tetap Sehat.jpg

Foto: pexels.com

Membangun keterampilan baru sepanjang hidup kita seperti mencoba memasak makanan yang tak pernah dimasak sebelumnya, memainkan beragam alat musik, bahkan mempelajari aturan permainan baru, atau bepergian ke kota yang asing, ini akan membantu menjaga otak kita tetap sehat dengan terus-menerus membuat koneksi baru di antara sel-sel otak.

"Semakin banyak stimulasi intelektual yang Anda miliki, semakin banyak sirkuit saraf digunakan. Dan semakin banyak sirkuit yang Anda miliki, semakin sulit untuk perubahan yang terkait dengan penyakit neurodegeneratif untuk bermanifestasi," kata Dr. Elise Caccappolo, PhD.

(SA/CAR)

Artikel Terkait