TREN
2 April 2018

Tak Disangka, Ternyata 5 Makanan dan Minuman Ini Bisa Meredakan Pedas!

Makanan yang bisa Moms siapkan saat ingin makan pedas dengan tenang.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla

Jika Moms pecinta makanan pedas, Moms wajib tahu beberapa makanan yang mampu meredakan pedas dengan cepat. Jadi agenda makan pedas Moms tidak terganggu.

Rasa pedas merupakan efek dari zat capcaisin dalam cabai. Untuk menghilangkan pedas dari mulut, Moms perlu menghilangkan zat tersebut dari lidah.

Berikut adalah beberapa makanan yang bisa Moms siapkan saat ingin makan pedas dengan tenang.

Susu atau yoghurt

Susu atau yoghurt mengandung lemak yang bisa ‘membilas’ zat capcaisin yang ada dilidah. Jika perlu, minumlah susu atau yoghurt tinggi lemak.

Nasi putih hangat

shutterstock 560671513

Butiran-butiran nasi putih hangat bisa menyerap sensasi rasa pedas dalam mulut. Jika Moms menempelkan nasi hangat pada lidah, sensasi awal adalah rasa terbakar selama beberapa detik namun setelah itu Moms tidak akan merasakan pedas lagi.

Alkohol

Minuman alkohol ternyata bisa melarutkan zat capcaisin pada lidah dengan cukup efektif. Moms cukup meminumnya sedikit hingga membasahi lidah.

Gula atau madu

shutterstock 351385931

Butiran gula atau madu bisa menetralkan rasa pedas dalam mulut serta menghilangkan rasa terbakar. Moms cukup menempelkan butiran gula atau madu pada lidah selama kurang lebih 15 detik.

Minyak

Ya, minyak ternyata bisa nenghilangkan rasa pedas dan terbakar didalam mulut. Minyak memiliki lemak yang bisa membilas capcaisin. Jika Moms enggan meminum langsung, Moms bisa menggantinya dengan butter.

Beragam bukan pilihan Moms. Air bahkan tidak terlalu disarankan untuk meredakan rasa pedas karena justru akan semakin menyebarkan rasa pedas dalam mulut.

(DNY)

Artikel Terkait