KESEHATAN
14 Maret 2019

Tak Hanya Cokelat, 4 Makanan Ini Juga Bisa Mengusir Bad Mood

Selain coklat dan pisang, ini dia makanan yang bisa menghilangkan bad mood.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan
Disunting oleh Intan


Benarkah makanan tertentu mempengaruhi suasana hati? Jika ya, harus lebih berhati-hati dong?

Pergantian suasana hati yang kurang menyenangkan seperti depresi, pasalnya dihasilkan juga dari asumsi gizi yang tidak tepat.

Dalam studi Brain, Behavior, and Immunity tahun 2014 yang melibatkan data dari Penelitian Nurses’ Health menemukan bahwa depresi khususnya terkait dengan makanan dan minuman yang mengandung banyak gula, biji-bijian olahan, dan juga daging merah. Hal ini dikatakan oleh Chocano-Bedoya, seorang ahli epidemiologi senior di Universitas Zurich.

Baca Juga : Memilih Warna Cat Rumah Sesuai Mood

Banyak orang yang mengetahui jika cokelat bisa membantu mengusir bad mood dan membuat hati menjadi senang.

Namun ternyata tidak hanya cokelat lho yang bisa membuat mood kita kembali seperti sedia kala. Keempat makanan di bawah ini juga bisa mengusir bad mood.

1. Gandum

Gandum menghilangkan suasana hati yang buruk karena perlahan-lahan melepaskan energi ke aliran darah, yang berarti menjaga gula darah dan suasana hati tetap stabil.

Selain itu kandungan gandum juga mengandung mineral selenium untuk meningkatkan mood, dan indeks glikemiknya pun rendah.

Setengah cangkir bubur adalah awal yang bagus untuk memulai hari. Campur dengan sesendok madu dan kacang-kacangan atau yoghurt sebagai penambah protein.

2. Sereal

shutterstock 394646740

Sereal dan snack bar adalah pilihan sarapan paling sederhana dan cepat. Kalsium yang terkandung dalam sereal terbukti membantu mengurangi tingkat stres dan kegelisahan.

Kandungan vitamin B pun yang bagus untuk kesehatan mental, nikmati dengan susu segar yang mengandung vitamin D yang baik untuk menjaga kesehatan tulang.

Namun, sebelum meletakkannya di keranjang belanja, pastikan kandungan gulanya cukup 8 gram saja atau kurang dari itu.

3. Daging Ayam dan Kalkun

Daging ayam dan kalkun membantu meningkatkan asupan asam amino triptofan—asam yang digunakan tubuh untuk menghasilkan serotonin.

Serotonin sendiri merupakan unsur penting dalam pembangkit suasana hati. Selain itu juga membantu menghasilkan hormon melatonin (pembantu tidur).

Unggas tanpa lemak juga mengandung tirosin, yang fungsinya menghasilkan adrenalin dan membantu mengurangi gejala depresi dan menjauhkan dari rasa sedih.

Baca Juga : Bad Mood Saat PMS? Ini 6 Cara Mengontrol Gejala Menstruasi

4. Sayuran Hijau

shutterstock 154023704

Mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam atau brokoli dapat membantu menjaga kadar serotonin.

Pasalnya, kekurangan vitamin B tertentu telah dikaitkan dengan depresi, karena produksi serotonin sebenarnya dapat dihambat oleh kadar vitamin B yang rendah.

Folat, vitamin B3, B6 dan B12 adalah yang terpenting dan harus diperhatikan. Secangkir bayam saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh untuk meningkatkan suasana hati.

Yang harus diperhatikan adalah jumlah makanan olahan yang dikonsumsi karena bisa memperbesar lingkar pinggang, membuat kita merasa lamban, dan berpotensi menyebabkan ketidakseimbangan insulin serta peradangan jika dikonsumsi berlebihan.

(MDA)

Artikel Terkait