BAYI
29 September 2019

Tak Mampu Membeli Susu, Orang Tua Ini Berikan Kopi pada Bayinya Sejak Usia 6 Bulan

Si bayi meminum 1,5 liter kopi setiap hari
placeholder

Sumber: sajiansedap.grid.id

placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Memastikan asupan nutrisi yang cukup setiap harinya penting bagi tumbuh kembang bayi. Karenanya, disarankan bagi ibu untuk memberikan ASI eksklusif atau susu formula untuk bayi.

Namun, hal menyedihkan terjadi kepada seorang bayi perempuan usia 14 bulan yang diberikan kopi tubruk oleh orang tuanya.

Kejadian ini terjadi di desa Tonro Lima, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, bayi yang bernama Hadijah Haura ini menghabiskan 5 gelas, atau setara 1,5 liter kopi setiap hari.

Baca Juga: Bolehkah Anak Kecil Minum Kopi?

Bayi Minum Kopi Sejak Usia 6 Bulan

bayi minum kopi-1.jpg

Mengutip Tribunnews, kebiasaan bayi yang minum kopi tubruk ini dilakukan semenjak ia berusia 6 bulan.

Hal ini lantaran orang tuanya, Sarifuddin dan Anita, terpaksa memberikan kopi karena tidak mampu membeli susu untuk anak mereka.

"Ya mau diapalagi, pendapatannya tidak cukup untuk membeli susu. Terpaksa setiap hari hanya diberi dot berisi kopi. Bahkan ia tak bisa tidur kalau tidak minum kopi. Biasa merengek minta kopi sebelum tidur," jelas Anita pada Sabtu (14/9/2019), mengutip Kompas.com.

Baca Juga: Ini Dia Efek dan Aturan Minum Kopi Ibu Hamil yang Wajib Diperhatikan

Pendapatan Orang Tua yang Rendah

5 Trik Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Satu Gaji

Anita bekerja sebagai buruh kupas kopra yang diupah sebesar Rp20.000, dan ini hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan dapur keluarganya.

Begitu juga dengan suaminya, yang terkadang menjadi buruh angkut padi di sawah, selain menjadi buruh kupas kopra.

Anita mengaku bahwa ia belum mendapatkan bantuan dari pihak manapun terkait kondisi yang dihadapi keluarga, terutama bayinya.

Namun, Kabid Bina Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Polewali Mandar, Mandaria Saleh, mengatakan telah memberikan bantuan bagi Hadijah, yaitu biskuit dan susu.

Baca Juga: Apakah Ibu Menyusui Boleh Minum Kopi?

Saat Ini Kondisi Bayi Baik-baik Saja

XX Manfaat Tertawa Untuk Tumbuh-kembang Bayi 2.jpg

Untungnya, kondisi Hadijah saat ini baik-baik saja dan tetap sehat, ia juga bisa beraktivitas dengan normal dan enerjik.

Namun, petugas telah memberikan penjelasan kepada orang tua Hadijah untuk berhenti memberikan kopi tubruk kepada Hadijah, mengingat kopi bukan minuman lazim untuk bayi.

"Karena, lama-kelamaan (bayi minum kopi) nanti ada efeknya karena (kopi) mengandung kafein dan mengandung banyak gula," tutup Mandaria.

Artikel Terkait