RESEP
27 Mei 2019

Tak Selalu Nastar dan Kastengel, 6 Kue Basah Ini Bisa Jadi Pilihan untuk Menyambut Lebaran

Bisa jadi pengganti kue kering yang umum disajikan!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Perayaan Lebaran tidak hanya akrab dengan hidangan beratnya seperti ketupat, lontong sayur, atau rendang daging.

Biasanya jika Moms berkunjung ke rumah saudara atau tetangga akan ditemukan beragam kue kering. Seperti nastar, kastengel keju, putih salju, kue sagu, dan kue kering lainnya.

Namun, bila merasa bosan dengan jenis kue kering yang itu-itu saja, Moms bisa memilih kue basah sebagai alternatif untuk disajikan saat Lebaran.

Berikut ini beberapa kue basah pilihan untuk disajikan di hari Lebaran.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Kue Kering Lebaran

1. Kue Lapis

kuenomain1.jpg

Kue lapis adalah makanan tradisional yang tak lekang oleh waktu. Moms bisa makan kue lapis sebagai camilan di hari biasa, atau disajikan di hari Lebaran.

Kue lapis terbuat dari tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir, dan garam, lalu dikukus sampai matang. Dengan tekstur yang kenyal dan legit, membuat kue lapis sebagai kue andalan bagi keluarga.

2. Caramel Cake

kuenomain2.jpeg

Kue karamel atau caramel cake terbuat dari gula pasir yang dipanaskan akan menciptakan warna, aroma, dan rasa yang khas.

Karena bentuknya memiliki rongga seperti sarang semut, kue karamel juga kerap disebut sebagai kue sarang semut. Kue ini juga bisa menjadi pilihan untuk disajikan kepada keluarga saat perayaan Lebaran.

3. Prol Tape

kuenomain3.jpg

Moms mungkin sudah mengetahui jika prol tape merupakan kudapan tradisional yang juga bisa disajikan saat lebaran.

Bahan-bahan yang digunakan untuk prol tape yaitu tape singkong, gula, garam, telur, tepung terigu, susu, dan margarin. Moms juga bisa menyiapkan taburan seperti keju parut, kacang kenari, dan kismis.

4. Brownies Kukus

kuenomain4.jpg

Meskipun bisa dibeli di luar hari Lebaran, brownies kukus juga dapat menjadi pilihan kue yang anti-mainstream untuk disajikan di Hari Raya Iduk Fitri.

Brownies kukus menjadi kegemaran banyak orang karena teksturnya yang lembut dan cita rasa cokelatnya yang kaya.

Baca Juga: Resep Grontol Jagung, Si Jajanan Pasar Yang Manis

5. Semprong

kuenomain5.jpg

Makanan yang satu ini mungkin lebih cocok menjadi kudapan ringan.

Semprong terbuat dari dua bahan utama, yaitu telur dan tepung. Rasa manis dan gurihnya membuat ketagihan untuk terus mengonsumsinya.

Moms bisa menyajikan semprong sebagai camilan alternatif di hari Lebaran. .

6. Bolu Gulung

kuenomain6.jpg

Bolu gulung atau Swiss Roll juga menjadi bolu yang wajib disajikan saat lebaran. Apa yang membedakan dari bolu lainnya, bolu gulung dibuat dengan cara dipanggang.

Selanjutnya, bolu ini dioles selai atau krim, kemudian digulung. Kelembutan bolunya, dipadukan dengan rasa yang enak membuat bolu gulung jadi salah satu kue andalan saat Lebaran.

Artikel Terkait