EVENT
6 Agustus 2019

Ternyata, Begitu Banyak Peran Dads dalam Proses ASI Eksklusif

Dengan dukungan Dads, ASI dijamin makin lancar buat SI Kecil

Sumber: dok.Orami/Arif Budiman

Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Menyambut breastfeeding week yang berlangsung dari tanggal 1 – 7 Agustus 2019, Orami mengadakan talk show bertema “Ibu Senang, ASI Lancar” bersama para Moms dan Dads untuk membicarakan seputar masalah ASI.

Acara yang berlangsung di Aston Kartika Grogol Hotel & Conference Center pada 3 Agustus 2019 dihadiri oleh dua pembicara yaitu Agus Rahmat Hidayat selaku Co-Founder Ayah ASI Indonesia dan dr. Sarah Audia Hasna, seorang Konselor Laktasi dari Eka Hospital.

Talk Show dimulai sekitar pukul 14:00 WIB, yang diawali dengan registrasi para peserta dan penawaran tiket high tea dari Hotel Aston. Selanjutnya, pihak Orami memberikan sambutan kepada para Moms dan Dads, dilanjutkan sambutan dari Hotel Aston, Eka Hospital, dan Bambi Baby selaku sponsor acara.

Selama dua jam penuh, obrolan berlangsung sangat meriah, apalagi tampak banyak para Dads ikut berpartisipasi. Ternyata, sudah banyak yang sadar peranan pentingnya dalam mendukung proses menyusui. Materi yang disampaikan nara sumber siang itu makin membuka pikiran Moms dan Dads seputar masalah ASI.

Tingginya antusias peserta pun makin terlihat saat sesi tanya jawab dibuka. Tak henti pertanyaan seru diajukan pada kedua narasumber yang kompeten dalam dunia ASI ini.

Baca Juga: Yuk, Ikutan Talkshow Orami Goes to Hospital Seputar Laktasi, Problematika dan Solusinya

Sejuta Manfaat dan Keuntungan ASI

event orami

Foto: dok.Orami/Arif Budiman

Mungkin selama ini ramai dibahas manfaat ASI buat bayi. lalu, bagaimana buat Moms sendiri? Menurut dr. Sarah, ASI itu penting banget, sebenarnya nggak hanya buat Ibu-Ibunya aja yang berjuang sendirian, tapi bapaknya itu ibarat tentaranya sebagai garda terdepan.”

“Manfaat ASI pastinya banyak sekali, untuk bayi dan untuk kita sendiri sebagai Ibu,” jelas konselor laktasi yang masih bekerja di Eka Hospital ini.

Ia lanjut menjelaskan bahwa manfaat ASI itu, pertama, selalu tersedia setiap saat. Moms tidak perlu susah payah membuat susu ketika bayi menangis.

Kedua, ASI mengandung gizi yang paling sempurna, mengandung karbohidrat yang paling sempurna, protein yang mudah dicerna usus bayi, lemak, dan mikronutrien seperti vitamin dan mineral.

Lalu, ASI bisa meningkatkan kenyamanan emosi untuk bayi dan meningkatkan bonding untuk Ibu dan anaknya.

“Selain meningkatkan bonding emosional kedekatan Ibu dan anak, IMD (Inisiasi Menyusui Dini) juga bisa menurunkan terjadi risiko diare yang parah, karena di badan Ibu terdapat bakteri baik yang dapat berguna sebagai pertahanan di dalam usus besarnya apabila ia terpapar bakteri jahat penyebab diare,” tambah dr. Sarah.

Baca Juga: Bandung, Kota Kedua Bazar dan Talkshow Orami x Astra Life

Peran Dads Terhadap Ibu Menyusui

event orami

Foto: dok.Orami/Arif Budiman

Selain itu, ternyata peran Dads juga berpengaruh lho bagi Moms yang sedang menyusui Si Kecil. Menurut penuturan Agus Rahmat Hidayat selaku Co-Founder Ayah ASI Indonesia, “Yang mau kita tekankan adalah ngobrol, sering banget pengalaman kita suami dan istri itu nggak ngobrol soal kendala yang dihadapi Moms, padahal sebenarnya laki-laki itu nggak tau.”

“Istri jika ingin meminta bantuan, harus ngobrol dengan suami,” ujarnya.

Ia lanjut menjelaskan bahwa prosesnya harus step by step, karena suami cenderung punya ego yang tinggi. Jadi harus diberitahu pelan-pelan, misalnya saat memandikan anak, minta suami untuk pegang bayinya dulu, istri bisa memandikan anak dengan bercerita, maka suami nantinya akan memerhatikan.

“Kasih pujian ketika suami sudah membantu, karena buat laki-laki diberi pujian oleh istri itu sebuah hal yang membuat senang karena merasa bermanfaat,” ucap Rahmat.

Menurut pandangan dari Ayah ASI, kalau ASI terlalu penting untuk diurus oleh Ibu-Ibu saja, jadi peran suami menjadi dominan dalam proses menyusui, penelitian sudah membuktikan bahwa Ibu menyusui bisa berhasil menyusui sampai 98% kalau didukung oleh suami.

“Bikinnya berdua, ngurus anaknya juga berdua,” tutup Rahmat.

Gabung Yuk Moms di Orami Moms Community!

event orami

Foto: dok.Orami/Arif Budiman

Selain itu, dalam Talk Show “Ibu Senang, ASI Lancar”, juga diperagakan beberapa gerakan yang berguna untuk membuat ASI lancar yaitu pijat laktasi. Gerakan ini dapat mengajarkan para Ibu untuk memijat mandiri supaya produksi ASI tetap lancar. Seru ya Moms!

Nah, bagi Moms yang ingin ikut dalam acara Talk Show Orami selanjutnya, Moms bisa ikut bergabung di WhatsApp Group Orami Moms Community. Moms bisa tahu berita tentang acara menarik lainnya dari Orami.

Banyak keuntungan yang bisa Moms dapatkan jika ikut bergabung, mulai informasi diskon, event, tip inspiratif, kuis, dan juga live chat with expert seperti dokter kandungan, dokter anak, psikolog, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

Yuk gabung di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik ke link ini untuk informasi lebih lanjut.

Nah Moms, tunggu apalagi buat gabung dan dapatkan banyak keuntungannya!

Artikel Terkait