TREN
11 November 2018

5 Tanaman yang Bisa Membersihkan Udara di Dalam Rumah

Selain cantik untuk penghias ruangan, tanaman-tanaman ini juga bermanfaat!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan
Disunting oleh Intan

Salah satu hal yang dapat menunjang kesehatan adalah udara yang bersih pada lingkungan, terutama di rumah.

Selain dengan menjaga kebersihan sudut dan perabotan rumah, mendapatkan udara yang bersih di rumah juga bisa dengan menggunakan tanaman, lho. Ini dia beberapa jenis tanaman yang dapat membersihkan udara di rumah!

Bamboo Palm

1 bamboo

foto: waitrosegarden.com

Tanaman yang satu ini dipercaya dapat mendatangkan kebahagian dan kesehatan, bahkan membawa keberuntungan bagi pemiliknya.

Tanaman ini menghasilkan bunga dan buah kecil, juga menjadi tanaman hias pembersih udara untuk menyaring benzena dan virus penyebab penyakit parkinson.

Bamboo palm sebaiknya ditempatkan di dekat furnitur kayu rumah Moms, karena sangat baik untuk menyaring formalin.

Boston Ferns

2 boston

foto: plantandpot.nz

Ferns merupakan tumbuhan jenis pakis atau paku. Selain indah untuk menghiasi sudut rumah, tanaman yang satu ini juga mampu membersihkan udara.

Kecantikan tanaman ini terletak pada tekstur daunya yang halus, tak hanya itu, tanaman ini juga dapat menyerap formalin di udara.

Pakis dapat disiram setiap hari, namun kembali lagi pada kelembaban masing-masing rumah. Bila rumah Moms cukup lembab, maka cukup basahi daunnya sedikit saja setiap hari.

Baca Juga: 5 Tips Menanam Succulent Sendiri, Jangan Sampai Salah Ya!

Schefflera

3 schefflera

foto: bakker.com

Berikutnya ada schefflera alias tanaman payung yang memiliki daun berbentuk oval kecil. Saking cantiknya kebanyakan orang awam kerap mengiranya seperti tanaman palsu.

Tanaman payung ini sangat awet dan berumur panjang, sehingga sangat baik jika Moms dapat menjaga daunnya untuk selalu bersih dari debu yang menempel.

Selain bentuknya yang cantik, tumbuhan ini juga dikenal karena kemampuannya dalam membersihkan udara di rumah, terutama jika ada anggota keluarga yang merokok.

Peace Lily

4 lily

foto: oasisflorists.ie

Boleh dibilang cukup jarang ada tanaman hias yang dapat berbunga di dalam ruangan, seperti yang satu ini.

Tak hanya cantik, tanaman yang satu ini dapat menyaring formalin dan juga zat benzena serta zat tertentu yang dihasilkan dari produk pembersih ruangan.

Tak hanya itu, peace lily juga bahkan dapat tumbuh dalam ruangan yang minim pencahayaan. Meski begitu, tetap harus berhati-hati karena tanaman ini ternyata beracun dan dapat mengiritasi kulit apabila dipegang.

Baca Juga: Inilah 5 Jenis Tanaman yang Bisa Dijadikan Sebagai Pengharum Ruangan

Sansevieria

5 sanse

foto: bakker.com

Tanaman berikutnya mungkin lebih dikenal dengan istilah ‘lidah mertua’ di Indonesia. Tanaman ini sangat tahan banting. Kemampuan bertahan hidupnya tinggi meskipun Moms jarang menyiramnya.

Bahkan jenis tanaman hias pembersih udara ini dapat bertahan dalam kondisi yang kering.

Lidah mertua ini merupakan tanaman hias yang memiliki kemampuan paling baik dalam menyaring zat formalin di udara yang dapat dihasilkan dari produk pembersih.

Sangat tepat jika tanaman ini berada di toilet, karena dengan intensitas cahaya matahari rendah serta lingkungan yang lembab sangat baik untuk menyaring polusi udara.

Apakah Moms sudah memiliki tanaman-tanaman ini di rumah?

(MDP)

Artikel Terkait