RUPA-RUPA
20 Oktober 2019

Tanaman yang Sangat Membutuhkan Matahari

Tanaman ini sulit beradaptasi di ruangan tertutup
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Memiliki berbagai tanaman hias di dalam rumah dan sekitar rumah, tentu akan membawa udara yang sejuk dan terasa nyaman di dalam ruangan.

Tanaman-tanaman ini tidak hanya melepaskan oksigen dan menyerap karbon dioksida, namun juga menghilangkan polusi serta udara kotor di dalam ruangan.

Baca Juga: 6 Manfaat Tanaman Hias di Rumah Bagi Kesehatan yang Harus Moms Tahu

Umumnya, tanaman secara alami membutuhkan matahari untuk dapat tumbuh subur dan tidak mudah layu. Namun ada juga tanaman yang tidak membutuhkan banyak cahaya matahari, sehingga bisa tumbuh dengan baik di tempat yang tidak terpapar sinar matahari.

Akan tetapi, beberapa tanaman ini sangat membutuhkan sinar matahari untuk dapat tumbuh secara subur. Tanaman apa saja itu?

Anggrek

tanaman yang sangat membutuhkan matahari

Salah satu tanaman yang rewel saat di tempatkan di dalam rumah dan butuh matahari adalah bunga anggrek. Bahkan jenis bunga ini bisa dengan cepat layu, saat tidak menemukan sinar matahari.

Faktor kurangnya sinar matahari memang menjadi penyebab anggrek tidak mampu bertahan lama di dalam ruangan, namun perilaku pertumbuhan secara alami dari anggrek yang lebih berpengaruh.

Di alam, anggrek memang termasuk tanaman yang sangat membutuhkan matahari dan merupakan tanaman hias tropis.

Baca Juga: Yuk Mengenal 8 Jenis Anggrek Khas Indonesia, Indah!

Paku Tanduk Rusa

tanaman yang sangat membutuhkan matahari

Pernahkah Moms mendengar tentang paku tanduk rusa? Tanaman ini memang jenis tanaman hias yang akan menambah tampilan eksotik saat ditempatkan di dalam ruangan. Namun paku tanduk rusa membutuhkan penyiraman secara berkala.

Selain itu, paku tanduk rusa juga termasuk tanaman yang sangat membutuhkan matahari, jadi akan sangat sulit saat tumbuh di dalam ruangan. Namun hal ini tidak berarti paku tanduk rusa tidak bisa ditanam di dalam rumah ya.

Suplir

tanaman yang sangat membutuhkan matahari

Suplir termasuk tanaman yang sangat membutuhkan matahari. Selain itu, tingkat kelembapan ruangan juga menjadi faktor penting bagi macam-macam tanaman hias ini.

Baca Juga: 7 Tanaman Hias yang Cocok untuk di Dalam Ruangan

Kondisi ruangan yang terlalu kering akan menghambat pertumbuhan tanaman suplir, bahkan bisa menyebabkan kerontokan daun. Namun tidak semua tanaman suplir sensitif dengan tingkat kelembapan, ada juga yang bisa beradaptasi di ruangan tertutup.

Jika Moms memelihara satu dari tiga tanaman hias ini, jangan lupa bahwa tanaman-tanaman ini sangat membutuhkan matahari ya Moms.

Artikel Terkait