DI ATAS 5 TAHUN
17 Maret 2019

Anak Sudah Harus Menggunakan Kacamata? Kenali 5 Tandanya

Apa tandanya anak sudah harus menggunakan kacamata?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Apakah Si Kecil terlalu sering menonton televisi dalam jarak yang dekat? Atau Si Kecil sering bermain gadget di malam hari saat lampu sudah dipadamkan?

Kedua hal tersebut bisa menjadi penyebab mata Si Kecil menjadi buram lho, Moms. Kacamata menjadi solusi yang dibutuhkan bagi anak yang mengalami gangguan penglihatan seperti kasus di atas.

Menurut dokter spesialis mata di Johns Hopkins Megan Collins, M.D, sistem visual pada anak masih berkembang selama tujuh hingga delapan tahun pertama kehidupan.

“Dalam beberapa kasus, kacamata mungkin diperlukan untuk membantu perkembangan visual yang normal,” ujarnya.

dr. Collins lanjut menjelaskan, tujuan Si Kecil menggunakan kacamata adalah untuk memperkuat penglihatan dalam mata yang lemah, meningkatkan posisi mata yang terganggu, dan memberikan perlindungan saat mereka mempunyai penglihatan buruk di salah satu mata.

Namun, terkadang Moms masih kesulitan mendeteksi tanda-tanda apakah anak sudah harus menggunakan kacamata atau belum. Maka dari itu, simak penjelasan yang dikutip dari laman Hopkinsmedicine.org berikut yuk!

1. Mata Sering Sakit

child with eye doctor gilaxia getty images large

Saat mata anak sering sakit, Moms harus mewaspadainya. Hal ini bisa terjadi karena terjadi masalah pada otot di belakang matanya.

Jika Moms membiarkan hal ini, maka penglihatan Si Kecil akan semakin menurun sampai mata tidak bisa bekerja untuk melihat dengan baik.

Baca Juga: 9 Anak Selebriti Indonesia Ini Punya Mata Indah

2. Sering Memicingkan Mata

rsz sss

Salah satu tanda kalau anak sudah harus menggunakan kacamata adalah sering memicingkan mata. Memicingkan mata ini dilakukan Si Kecil untuk membantu mengurangi gambar yang kabur di belakang retina.

Ini menjadi salah satu tanda kalau kemampuan penglihatan mata Si Kecil sudah berkurang atau terganggu.

3. Sering Menonton TV Jarak Dekat

dollarphotoclub 4497965

Seperti yang sudah disebutkan di awal tadi, kalau Si Kecil sering menonton TV, komputer, atau gadget dalam jarak yang dekat, berarti pertanda kalau Si Kecil sudah kesulitan melihat dari jarak yang jauh.

Untuk memastikannya, Moms bisa mengetes kemampuan mata Si Kecil terlebih dahulu dengan bertanya tulisan di televisi dari posisi yang agak jauh dari biasanya. Jika Si Kecil tidak bisa menjawab dengan lancar, ajak perlahan untuk maju sampai dirinya bisa membaca dengan baik.

4. Sering Mengucek Mata Sampai Berair

watery eyes in children

Tanda lain ketika anak sudah harus menggunakan kacamata adalah matanya sering dikucek. Selain itu, jika Si Kecil sering berkedip juga dapat menjadi pertanda kalau matanya sedang bermasalah.

Jangan biarkan Si Kecil terus mengucek matanya, karena dapat membuatnya semakin memerah.

Baca Juga: Bukan Hanya Karena Kurang Tidur, Ini Penyebab Lainnya Mata Bengkak

5. Sulit Untuk Fokus

videoblocks kid holding book smart boy flipping pages of schoolbook little child closeup portrait interested kid reading book boy looking for his favorite story turning page after page of printed edition

Foto: videoblocks.com

Moms bisa mengetesnya untuk membaca sebuah buku. Jika Si Kecil terlihat kesulitan dalam membaca buku dalam jarak normal dan selalu mendekatkan matanya ke arah buku, itu menandakan kalau kemungkinan Si Kecil sudah membutuhkan kacamata.

Nah, sudah tahu kan Moms tanda-tanda kalau anak sudah harus menggunakan kacamata? Moms bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan kondisi mata Si Kecil sebelum benar-benar memutuskan memakaikannya kacamata.

(IRN)

Artikel Terkait