TREN
21 Agustus 2017

Tanda Anda Lebih Cocok Menjadi Wirausahawan Daripada Pegawai

Are you born to be a boss?
Artikel ditulis oleh (andia.ratna)
Disunting oleh (andia.ratna)

Memutuskan menjadi wirausahawan atau pegawai seharusnya mutlak keputusan pribadi seseorang. Tetapi sebelum memilih keduanya, ada baiknya Anda mengukur sendiri seberapa kemampuan yang Anda miliki. Karena ada lho, beberapa tanda Anda lebih cocok menjadi wirausahawan daripada pegawai.

  1. Pekerja Keras

Jika Anda saat ini sedang berprofesi sebagai pegawai dan memutuskan untuk berwirausaha coba pastikan lagi apakah Anda seorang yang pekerja keras? Apakah Anda sering mengerjakan pekerjaan lebih awal dari deadline yang ditentukan? Karakteristik pekerja keras memang sangat dibutuhkan seorang pengusaha untuk mencapai target. Jika Anda bekerja biasa-biasa saja, dan hasil kerja Anda juga biasa-biasa saja, sebaiknya Anda harus mempertimbangkan kembali apakah Anda sudah benar-benar siap menjadi wirausahawan?

  1. Pemikir yang Kreatif

Seorang wirausahawan adalah pemegang kendali semua permasalahan yang terjadi pada bisnis Anda sendiri. Untuk itu, sangat penting bagi calon pengusaha memastikan apakah Anda seorang yang sering berpikir kreatif? Seseorang yang kreatif biasanya selalu banyak cara untuk memecahkan berbagai masalah, bahkan mereka sering berpikir hal yang jarang terpikirkan oleh orang kebanyakan.

  1. You Are a Self Starter

Mempunyai inisiatif yang tinggi sangat penting dimiliki oleh seorang wirausahawan. Pribadi yang memiliki inisiatif tinggi biasanya mereka bukan hanya menyelesaikan permasalahan yang sudah timbul, tapi juga berinisiatif menganalisa permasalahan apa yang akan timbul dikemudian hari. Bukan hanya itu, biasanya sebelumnya mereka sering sekali terlibat dalam organisasi dan mencetak gagasan-gagasan penting dalam mengembangkan organisasi. Ini suatu indikasi yang positif bahwa Anda memang cocok menjadi pengusaha.

  1. Percaya Diri

Memulai usaha baru, selain ditunjang dengan modal finasial, juga harus disertai dengan kepercayaan diri yang baik. Jangan terlalu berlebihan, cukup dengan mempercayai kemampuan diri Anda sendiri, bahwa Anda bisa dan ‘produk’ Anda cukup menarik perhatian pasar. Orang yang percaya diri dapat membangkitkan sisi optimis dan ini baik sebagai modal diri menjadi pengusaha.

  1. Berani Mengambil Risiko

Pengusaha sejati selalu suka dengan tantangan baru dalam hidupnya, mereka merasa tidak nyaman jika hari-hari mereka aman-aman saja, perlu ada pengambilan keputusan yang besar untuk merubah hidup mereka menjadi lebih hebat. Mereka tidak segan mempertaruhakan hal penting dan bahkan berisiko. Perlu Anda ketahui, berani dan nekat memiliki batasan yang tipis. Pengambil risiko yang baik biasanya mereka sudah mempersiapkan hal apa saja yang perlu dilakukan saat ‘eksperimen’ nya ternyata gagal. Ketika mereka gagal, mereka tidak akan merasa terpuruk bahkan lekas bangkit dan mempersiapkan langkah selanjutnya.

Apakah Anda sudah memenuhi kriteria wirausahawan tersebut?

<LMF>

Artikel Terkait