PARENTING ISLAMI
2 September 2020

3+ Tanda Ayah dan Suami Ideal dalam Islam

Penuh kasih sayang adalah salah satu tanda ayah dan suami ideal dalam Islam
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Menjadi ayah dan suami ideal dalam rumah tangga, tentu menjadi dambaan setiap pria. Meski demikian, tidak mudah meraih predikat itu. Butuh ilmu dan kesadaran seorang pria terhadap perannya.

Arrijalu qowwamuna ‘alaa nisaa”, sebuah terjemahan potongan ayat yang menyatakan bahwa laki-laki adalah pemimpin atas perempuan.

Artinya, laki-laki terlahir sebagai pemimpin atas perempuan, termasuk di dalam hal rumah tangganya. Rasulullah SAW pernah bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah orang yang paling baik (dalam bergaul) dengan keluarganya dan aku adalah orang yang paling baik (dalam bergaul) dengan keluargaku.

Allah Ta’ala menggambarkan sosok dan sifat kepala keluarga ideal dalam beberapa ayat al-Qur-an, di antaranya: “Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum perempuan, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (perempuan), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka.” (Q.S An-Nisa: 34).

Baca Juga: 5 Tanda Suami Mencintai Istri, Coba Cek Moms!

Tanda Ayah dan Suami Ideal dalam Islam

Lantas, seperti apa tanda ayah dan suami ideal dalam Islam? Yuk simak penjelasannya di bawah ini seperti dikutip dari Muslim.or.id!

1. Shalih dan Taat Beribadah

Potret Suami dan Ayah Ideal dalam Islam -1.jpg

Foto: Soundvision.com

Tanda ayah dan suami ideal dalam Islam yang pertama adalah shalih dan taat beribadah. Keshalihan dan ketakwaan seorang hamba adalah ukuran kemuliaannya di sisi Allah Ta’ala. Seorang kepala rumah tangga yang selalu taat kepada Allah Ta’ala akan dimudahkan segala urusannya, baik yang berhubungan dengan dirinya sendiri maupun yang berhubungan dengan anggota keluarganya.

Barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan memberikan baginya jalan keluar (dalam semua masalah yang dihadapinya), dan memberinya rezki dari arah yang tidak disangka-sangkanya.” (Q.S Ath-Thalaaq: 2-3).

Keshalihan menjadi tanda suami dan ayah yang ideal menurut Islam karena jika ketaatan tersebut akan menjadi contoh dan panutan bagi seluruh anggota yang lain. Shalih pemimpinnya, shalih pula keluarganya karena akan saling mengingatkan dalam kebaikan.

2. Bertanggung Jawab Memberi Nafkah

Potret Suami dan Ayah Ideal dalam Islam -2

Foto: Orami Photo Stock

Tanda ayah dan suami ideal dalam Islam lainnya adalah menafkahi keluarga dengan nafkah yang halal. Allah Ta’ala berfirman: “Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara yang ma’ruf.” (Q.S Al-Baqarah: 233).

Memberi nafkah juga harus dengan cara yang halal, karena semua harta akan dipertanggungjawaban di hadapan Allah. Rasulullah SAW bersabda: “Tidak akan bergeser dua telapak kaki seorang hamba pada hari kiamat sampai dia ditanya (dimintai pertanggungjawaban) tentang umurnya kemana dihabiskannya, tentang ilmunya bagaimana dia mengamalkannya, tentang hartanya; dari mana diperolehnya dan ke mana dibelanjakannya, serta tentang tubuhnya untuk apa digunakannya.

Baca Juga: 5 Tanda Suami Tidak Sayang Istri, Adakah pada Dads?

3. Sabar Menghadapi Anggota Keluarganya

Potret Suami dan Ayah Ideal dalam Islam -3

Foto: Orami Photo Stock

Tanda ayah dan suami ideal dalam Islam lainnya adalah sabar menghadapi anggota keluarga. Seorang pemimpin keluarga yang bijak tentu mampu memaklumi kekurangan dan kelemahan yang ada pada anggota keluarganya, kemudian bersabar dalam menghadapi dan meluruskannya.

Ini termasuk pergaulan baik terhadap keluarga yang diperintahkan dalam firman Allah Ta’ala: “Dan bergaullah dengan mereka secara patut. Kemudian jika kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak.” (QS an-Nisaa’: 19).

Salah satunya saat menghadapi istri. Seorang istri bagaimanapun baik sifat asalnya, tetap saja dia adalah seorang perempuan yang lemah dan asalnya susah untuk diluruskan, karena diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok.

Seorang istri tentu sangat membutuhkan bimbingan dan pengarahan dari suami yang memiliki akal, kekuatan, kesabaran, dan keteguhan pendirian yang melebihi perempuan.

4. Selalu Mendoakan Kebaikan bagi Anak dan Istrinya

Potret Suami dan Ayah Ideal dalam Islam -4.jpg

Foto: Istockphoto.com

Tanda ayah dan suami ideal dalam Islam lainnya adalah selalu mendoakan kebaikan bagi anak dan istrinya. Allah Ta’ala berfirman: “Dan orang-orang yang berkata: “Ya Rabb kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyejuk hati (kami), dan jadikanlah kami imam (panutan) bagi orang-orang yang bertakwa.” (Q. S al-Furqaan: 74).

Maka,Tanda ayah dan suami ideal dalam Islam tentu akan selalu mengusahakan dan mendoakan kebaikan bagi anggota keluarganya; istri dan anak-anaknya.

Bahkan, inilah yang menjadi sebab terhiburnya hatinya, yaitu ketika menyaksikan orang-orang yang dicintainya selalu menunaikan ketaatan kepada Allah Ta’ala.

Baca Juga: 5 Tanda Suami Cemburu, Moms Harus Peka!

Itulah beberapa Tanda ayah dan suami ideal dalam Islam. Sebenarnya, tidak ada yang ideal di dunia ini. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk terus menjadi bagian dari tanda ayah dan suami dalam Islam ya Dads.

Artikel Terkait