NEWBORN
19 November 2019

3 Tanda Bayi Alergi Makanan yang Harus Diwaspadai

Gejala bayi alergi makanan juga rentan mengancam nyawa bayi.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Saat bayi mulai dapat diberikan makanan padat, maka itu juga merupakan hal yang menyenangkan sekaligus menantang bagi Moms.

Karena makanan yang baru dikonsumsi Si Kecil memiliki potensi untuk memicu bayi alergi, mulai dari tahap ringan hingga parah.

Bayi alergi makanan mungkin tidak mengalami reaksi alergi secara langsung. “Secara umum, gejala biasanya akan terjadi dalam dua jam pertama setelah konsumsi," ungkap dokter anak spesialis alergi di Hassenfeld Children’s Hospital, NYU Langone, New York City, Sujan Patel, MD, seperti dikutip dari thebump.com.

Baca Juga: Ketahui 3 Perbedaan Alergi Makanan dan Intoleransi Makanan Pada Balita

Karena bayi belum dapat berbicara dan memberitahu Moms ketika sesuatu yang salah dengan tubuhnya, maka Moms perlu memerhatikan tanda-tanda bayi alergi makanan setiap kali Si Kecil mengonsumsi makanan yang baru untuknya. Berikut ini beberapa gejala bayi alergi makanan yang umum terjadi!

1. Perubahan Kulit

1 Perubahan Kulit.jpg

Perubahan kulit dapat menjadi salah satu gejala yang paling terlihat saat bayi alergi makanan. Antara lain: gatal-gatal, ruam eksim, dan kulit kemerahan, terutama di sekitar mulut serta mata.

Reaksi bayi alergi makanan juga dapat menyebabkan area bibir, lidah, atau tenggorokan membengkak.

Pada pembengkakan yang cukup parah, kondisi ini dapat memengaruhi bayi mengalami kesulitan pada pernapasannya.

Reaksi bayi alergi makanan inilah yang paling parah, karena dapat mengancam nyawa bayi saat bayi kesulitan bernapas. Bayi akan berubah menjadi kebiruan hingga kehilangan kesadaran.

Jika ini terjadi, ada baiknya Moms segera menuju Unit Gawat Darurat untuk mendapatkan perawatan medis yang sesuai.

Baca Juga: Moms, Waspadai 4 Makanan Pemicu Alergi Pada Balita Ini

2. Masalah Pernapasan dan Pencernaan

2 Masalah Pernapasan & Pencernaan.jpg

Saat mengonsumsi makanan yang memicu bayi alergi, maka hal itu bisa mengganggu sistem pencernaan Si Kecil dengan berbagai cara berbeda.

Seperti perut terasa mual atau muntah, bayi diare, hingga sakit perut yang membuat bayi menjadi tidak nyaman.

Gejala lain seperti hidung tersumbat, bersin, hingga batuk ringan memang terlihat seperti gejala flu atau pilek. Namun kondisi ini juga dapat menjadi pertanda bayi alergi makanan.

3. Rewel

3 Rewel.jpg

Jika bayi lebih rewel dari biasanya setelah mengonsumsi makanan yang baru pertama kali dicobanya, maka bisa menjadi pertanda lain bayi alergi makanan tersebut.

"Bayi rewel dapat menjadi gejala dari setiap kondisi yang membuat bayi tidak nyaman, termasuk gejala bayi alergi makanan ringan sampai sedang seperti gejala di atas lainnya," ungkap Dr. Thomas Casale, kepala penasehat medis untuk Food Allergy Research & Education, sebuah organisasi yang didedikasikan untuk meningkatkan kesadaran tentang alergi makanan, seperti dikutip dari romper.com.

Beberapa bayi memang memiliki kebiasaan mengunyah tangannya, namun jika ini tidak biasa terjadi, maka bisa juga menjadi pertanda bayi alergi makanan.

Baca Juga: Apa Saja Gejala Intoleransi Gluten pada Balita dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Pada kasus lainnya, bayi alergi makanan juga bisa disertai dengan perilaku menarik atau menggaruk bagian lidahnya sendiri dan suara Si Kecil menjadi lebih serak dari biasanya.

Itulah beberapa gejala bayi alergi makanan yang dapat Moms perhatikan saat Si Kecil mengonsumsi makanan padat yang baru dicobanya.

Jika Moms menemukan beberapa gejala ini, ada baiknya Moms berkonsultasi dengan dokter mengenai perlunya menghilangkan menu makanan tersebut dalam menu Si Kecil.

Bila Moms masih memerlukan informasi tambahan mengenai alergi pada bayi, Moms bisa bergabung dengan WhatsApp Group Orami Moms Community.

Di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

orami wag

Moms juga bisa saling bertukar cerita dengan ibu-ibu lainnya, lho! Jadi Moms akan mendapatkan banyak teman, sekaligus informasi baru.

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

(GS)

Artikel Terkait