3-12 BULAN
27 September 2019

Apa Tanda-tanda Bayi Sedang Alami Growth Spurt?

Growth spurt adalah hal normal yang terjadi pada bayi di rentang usia tertentu
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Orami

Moms, pernah mendengar istilah growth spurt? Growth spurt atau percepatan pertumbuhan adalah masa di mana bayi Moms akan mengalami pertambahan berat, panjang, dan lingkar kepala lebih cepat dari biasanya. Pada masa ini, banyak bayi akan mencapai tonggak perkembangan sesuai umurnya.

Growth spurt bisa terjadi kapan saja. Pada bayi yang berusia lebih muda, growth spurt bisa terjadi selama 1-2 hari. Sedangkan padi bayi yang berusia lebih tua, growth spurt bisa terjadi selama seminggu.

Beberapa ahli percaya bahwa growth spurt bisa terjadi pada usia-usia tertentu, yakni pada usia 2 minggu, 3 minggu, 6 minggu, 3 bulan, dan 6 bulan.

“Pada masa growth spurt, bayi Anda jadi tiba-tiba tidak pernah puas dan ingin menyusu sesering mungkin dengan menempel pada payudara di setiap kesempatan,” ujar dr. Rajeev Ramachandran, konsultan senior di Divisi Pediatrik Ambulatory Umum dan Kedokteran Remaja di National University Hospital.

Namun, dalam beberapa hari kemudian pola makan Si Kecil akan kembali ke normal kok, Moms. Lalu, apa saja sih sebenarnya tanda-tanda bayi sedang mengalami growth spurt?

1. Nafsu Makan Bayi Meningkat

Makan Kacang Saat Menyusui Tingkatkan Reaksi Alergi Bayi 2.jpg

Jangan kaget apabila suatu hari Si Kecil jadi lapar terus menerus, Moms. Bukan berarti ASI atau sufor yang diberikan kurang, tetapi bisa jadi ia sedang mengalami growth spurt.

Tetap berikan susu kapan pun ia mau. Jika dalam sehari Moms menyusui bisa 8 kali, saat growth spurt mungkin Moms bisa menyusui sebanyak 12-14 kali. Jika Si Kecil diberikan sufor, Moms cukup memberikan esktra beberapa botol selama beberapa hari.

Baca Juga: Ini Dia Manfaat Membacakan Buku untuk Perkembangan Bayi

2. Rutinitas Menyusu Berubah

menyusui2.jpg

Ketika growth spurt terjadi, rutinitas menyusu bayi pasti berubah. Jika biasanya Si Kecil mau menyusu pukul 07.00 dan lanjut lagi pukul 09.00, saat growth spurt Moms mungkin harus menyusu pada pukul 07.00, 08.00 dan 09.00. Begitu juga saat sore dan malam hari.

Faktanya, hal ini sangatlah normal terjadi pada bayi yang sedang mengalami growth spurt. Jangan merasa kewalahan atau frustrasi ya, Moms.

Cobalah cari dukungan keluarga, terima bantuan dari siapapun, ikut beristirahat ketika bayi tidur. Dalam beberapa hari, pola makan Si Kecil akan kembali normal, kok.

3. Bayi Jadi Lebih Manja

Darah di Popok Bayi Perempuan Benarkah Karena Menstruasi 2.jpg

Tanda lain ketika bayi mengalami growth spurt adalah ia jadi lebih manja dan mau dekat dengan Moms. Si Kecil jadi lebih sering ingin digendong dan menangis jika diletakkan di tempat tidur.

Beberapa ahli berpendapat juga bahwa growth spurt biasanya dibarengi dengan pencapaian perkembangan, jadi bersiaplah menerima kejutan dari Si Kecil, Moms misalnya dengan keterampilan baru seperti merangkak atau berguling. Tetap berikan Si Kecil pelukan dan pastikan Moms selalu menemaninya saat growth spurt terjadi.

Baca Juga: Ternyata, Ini 8 Manfaat Berenang bagi Perkembangan Bayi

4. Bayi Jadi Lebih Sering Menangis

Bayi Menangis Saat Menyusui, Apa Yang Terjadi.jpg

Cranky dan rewel adalah hal normal yang terjadi di kala growth spurt. Si Kecil mungkin akan rewel ketika mau disusui dan selalu merasa masih lapar setelah meminum sebotol susu.

Ia mungkin akan lebih rewel saat siang dan cenderung tidak tenang saat malam. Tapi tenang, Moms, masa-masa ini akan terlewati dalam beberapa hari saja.

5. Waktu Tidur Bayi Ikut Berubah

3 Strategi Membuat Bayi Tidur Malam Lebih Nyenyak.jpg

Bertumbuh merupakan hal yang melelahkan, lho, Moms. Saat tidur, otak bayi akan memproduksi protein yang disebut HGH atau human growth hormone.

Maka tidak heran kalau saat growth spurt bayi akan butuh tidur lebih banyak. Jadi, jangan heran ya kalau waktu tidur Si Kecil jadi lebih panjang daripada biasanya. Manfaatkan waktu tersebut untuk beristirahat juga ya, Moms!

Tapi, tidak menutup kemungkinan juga kalau saat mengalami growth spurt, bayi Moms malah jadi kurang tidur.

Pada beberapa kasus, bayi yang sedang mengalami growth spurt malah jadi sering terbangun ketika tidur.

Namun tidak usah khawatir karena hal ini hanya akan berlangsung selama beberapa hari saja, Moms. Setelah growth spurt selesai, waktu tidurnya akan kembali normal.

Baca Juga: Jangan Bingung Dulu, Ini Persiapan MPASI Pertama Bayi

6. Berat Bayi Bertambah

hero berat badan bayi normal

Tentu saja hal yang paling kelihatan saat bayi mengalami growth spurt adalah penambahan berat badan. Karena banyaknya susu yang dikonsumsi, berat badan bayi pasti bertambah.

Meskipun belum sempat menimbang, tapi Moms bisa merasakan Si Kecil jadi lebih berat ketika digendong.

Moms, itulah tanda-tanda pada bayi yang sedang mengalami growth spurt. Jadi, tidak usah khawatir kalau suatu hari nanti ia terlihat terus menerus lapar, karena bisa jadi bayi Moms sedang mengalami growth spurt. Tetap susui bayi kapanpun ia mau dan jangan menyerah, Moms!

(SR/ERW)

Artikel Terkait