KESEHATAN
15 Juli 2019

Tanda di Kuku Ini Ternyata Gejala Kanker Melanoma!

Bukan cuma kanker saja, ada beberapa indikasi penyakit lainnya.
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Penampilan rasanya adalah hal terpenting untuk wanita. Demi mendapat penampilan yang cantik, tak jarang kita mewarnai kuku jari kita.

Tak ada yang salah dengan hal tersebut, namun kita juga harus memperhatikan kesehatan kuku kita ya Moms.

Terlebih jika di kuku kita terdapat sebuah garis hitam atau hal yang berbeda pada kuku lainnya, mungkin ini bisa saja menjadi tanda kanker melanoma kuku atau subungual melanoma.

Subungual Melanoma

Tanda di Kuku Ini Ternyata Gejala Kanker Melanoma! 01.jpg

Foto: rd.com

Subungual melanoma adalah jenis melanoma pada kuku dan terjadi pada matriks kuku. Matriks kuku adalah bagian dari alas kuku yang melindungi kulit di bawahnya.

Terkadang melanoma terlihat seperti kondisi lain yang memengaruhi alas kuku, seperti memar.

Subungual melanoma merupakan kondisi yang relatif jarang terjadi dibandingkan dengan kanker kulit lainnya. Namun, bukan berarti kita mengacuhkan kesehatan kuku kita.

Deteksi dan perawatan dini adalah suatu keharusan dan penting untuk mempelajari tanda-tanda melanoma subungual sehingga kita bisa mendapatkan bantuan sebelum kanker menyebar.

Baca Juga: Cek! 5 Kondisi Kuku yang Menunjukkan Ada Penyakit di Tubuh

Tanda Pada Kuku

Tanda di Kuku Ini Ternyata Gejala Kanker Melanoma! 02.jpg

Foto: rd.com

Tak seperti kanker melanoma umumnya, yakni memiliki tanda di kulit kita, subungual melanoma menyerang kuku kita, namun sulit terdeteksi.

Dokter kulit dan spesialis kuku dari American Academy of Dermatology (AAD), Shari Lipner, MD, PhD, FAAD, mengatakan jika tanda utama melanoma kuku adalah terdapatnya garis cokelat atau hitam di kuku, seringnya terdapat di ibu jari kaki atau ibu jari tangan yang lebih dominan.

Tak hanya itu, kuku terbelah atau berdarah, terasa nyeri, terdapat nanah, adalah tanda "tambahan" dari melanoma kuku.

Namun, tak semua garis hitam pada kuku menjadi tanda pasti kanker subungual melanoma.

Ada banyak penyebab potensial dari garis hitam tersebut, yang sebagian besar tidak berbahaya, termasuk memar karena cedera sepatu yang terlalu ketat, infeksi bakteri atau jamur, atau sisa pigmen dari zat pewarna yang tak sengaja terkena tangan atau kaki kita.

Walau begitu, setiap perubahan pada kuku adalah hal yang penting untuk diamati.

“Karena deteksi dini memainkan peran besar dalam prognosis melanoma kuku, penting untuk mengawasi kuku Anda dan waspada terhadap segala perubahan pada kuku,” kata Dr. Lipner.

"Jika Anda melihat garis gelap baru pada kuku Anda, atau garis apa pun yang semakin lebar atau lebih gelap, Anda harus mengunjungi dokter kulit secepat mungkin."

Baca Juga: 7 Perubahan Warna Kuku Ini Ternyata Dapat Memberi Tahu Kondisi Kesehatan Kita

Bukan Cuma Kanker Melanoma Kuku

Tanda di Kuku Ini Ternyata Gejala Kanker Melanoma! 03.jpg

Foto: rd.com

Memiliki tanda pada kuku, ternyata bukan gejala kanker subungual melanoma saja. Ada beragam penyakit dalam tubuh yang coba disampaikan oleh kuku kita.

Terlebih jika kuku kita berubah warna.

Menurut American Academy of Dermatology, berikut perubahan warna kuku dan masalah kesehatannya.

  1. kuku menjadi biru: bloodstream tak cukup oksigen
  2. kuku menjadi putih: liver dan diabetes
  3. kuku berwarna pucat: anemia
  4. kuku menjadi kuning: penyakit paru-paru dan infeksi kuku
  5. warna kuku menjadi 2, yakni merah muda dan putih: penyakit ginjal
  6. kuku setengah kemerahan: lupus, penyakit jantung, arthritis, dan dermatomisitis.
  7. kuku setengah kebiruan: pertanda keracunan.

Baca Juga: Makanan dan Minuman Panas Picu Kanker Kerongkongan, Kok Bisa?

Makanan untuk Kuku Sehat

Tanda di Kuku Ini Ternyata Gejala Kanker Melanoma! 04.jpg

Foto: rd.com

Walaupun tanda pada kuku tak hanya menjadi tanda kanker melanoma, namun mengindikasikan kesehatan tubuh kita, ada baiknya kita juga tetap menjaga agar kuku tetap sehat.

Kuku yang sehat memiliki warna merah muda pucat atau warna lembayung muda. Ini dikarenakan jaringan bawah kuku sehingga menampilkan warna tersebut di permukaan.

"Kuku sehat yang bagus akan memiliki rona kemerahan atau lembayung muda karena mencerminkan warna dasar kuku di bawahnya," Dr. Erum Ilyas, MD, MBE, FAAD, seorang dokter kulit di Amerika Serikat.

"Ketika kita memberikan tekanan pada area kuku, kita harus dapat membuat warna ini menghilang sementara dan muncul kembali dengan cepat begitu tekanan dilepaskan.

Ini adalah tanda bahwa kuku kita terhidrasi dengan baik dan memiliki aliran darah yang baik pula," tutur Dr. Erum Ilyas.

Untuk mendapatkan kuku sehat, ada beberapa makanan yang direkomendasikan.

Makanan dengan protein, vitamin E, vitamin C, dan antioksidan tinggi sangat baik untuk kuku.

"Kuku terbuat dari protein, jadi, hal pertama yang bisa kita lakukan adalah menambahkannya ke dalam asupan kita," ujar Dr. Ava Shamban, dermatologis yang juga seorang penulis buku.

"Antioksidan akan membantu melindungi sel tubuh kita melawan radikal bebas. Radikal bebas akan melepaskan hormon stres dan inflamasi yang bisa berdampak pada seluruh sel di tubuh kita termasuk di rambut dan kuku," jelas ahli nutrisi Erin Palinski-Wade yang dikutip dari insider.com.

"Makanan yang mengandung mineral dan vitamin akan berkontribusi pada kesehatan kuku jari dan kekuatan tulang," ujar ahli nutrisi Vivian Goldschmidt.

(SA)

Artikel Terkait