KESEHATAN
23 Agustus 2020

7 Tanda Diabetes yang Muncul di Kulit, Waspada!

Moms harus waspada jika muncul tanda-tanda ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Diabetes tidak hanya dapat terdeteksi melalui peralatan medis saja, namun juga pada bagian tubuh kita. Mengapa? Karena diabetes dapat mempengaruhi banyak bagian tubuh kita, termasuk kulit.

Dilansir dari jurnal American Academy of Dermatology, ketika diabetes mempengaruhi kulit, seringkali hal ini merupakan pertanda bahwa kadar gula darah (glukosa) dalam tubuh kita terlalu tinggi. Ini juga bisa menjadi tanda bahwa kita mengidap diabetes yang tidak terdiagnosis, atau pra-diabetes.

Baca Juga: Jangan Lengah, Yuk Kenali 4 Tanda Pradiabetes

Tanda Diabetes yang Muncul di Kulit

Jadi jika Moms memiliki kecurigaan bahwa menderita diabetes, sebaiknya Moms memperhatikan tanda-tanda diabetes yang muncul di kulit, agar bisa segera mendapatkan perawatan yang tepat. Apa saja tanda diabetes yang muncul di kulit? Perhatikan di bawah ini.

Tidak hanya luka yang tidak kunjung sembuh, atau meninggalkan bekas, ada beberapa tanda diabetes yang muncul di kulit, yang bisa langsung dikenali.

1. Bercak Kuning, Kemerahan, atau Cokelat di Kulit

tanda diabetes pada kulit

Tanda diabetes yang muncul di kulit yang pertama adalah bercak. Kulit tubuh Moms mungkin akan terlihat mengkilap seperti porselen. Namun Moms bisa melihat pembuluh darah dengan jelas di permukaan kulit.

Selain itu, kondisi ini juga diikuti dengan rasa gatal dan menyakitkan.

Nama medis untuk kondisi kulit ini dikenal juga dengan necrobiosis lipodica, yang sering terlihat seperti benjolan padat kecil yang tampak seperti jerawat, namun berubah menjadi bercak kulit yang bengkak dan keras.

2. Area Kulit yang Lebih Gelap Terasa seperti Beludru

tanda diabetes pada kulit

Tanda diabetes yang muncul di kulit yang selanjutnya adalah area kulit yang lebih gelap terasa seperti beludru. Sebuah bercak gelap di bagian belakang leher, ketiak, selangkangan, atau di tempat lain dapat berarti bahwa Moms memiliki terlalu banyak insulin dalam darah.

Hal ini seringkali merupakan tanda pra-diabetes.

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Bekas Luka Kehitaman

3. Bagian Kulit yang Keras dan Tebal

tanda diabetes pada kulit

Tanda diabetes yang muncul di kulit yang selanjutnya adalah ada bagian kulit yang mengeras dan tebal. Tanda diabetes pada kulit ini bisa terjadi pada jari tangan, kaki, atau keduanya. Di tangan, akan melihat kulit yang kencang dan lembut di punggung tangan. Lalu jari-jari bisa menjadi kaku dan sulit untuk digerakkan.

Kulit yang keras, tebal, dan tampak bengkak dapat menyebar, muncul di tangan dan lengan atas. Ini juga dapat juga terjadi pada punggung atas, bahu, dan leher. Terkadang, kulit yang menebal menyebar ke wajah, bahu, dan dada.

Meski jarang terjadi, kulit di atas lutut, pergelangan kaki, atau siku juga menebal, sehingga sulit untuk meluruskan kaki, mengarahkan kaki, atau menekuk lengan. Di mana pun itu muncul, kulit yang menebal sering memiliki tekstur agak kasar.

4. Melepuh

tanda diabetes pada kulit

Tanda diabetes yang muncul di kulit yang selanjutnya adalah kulit melepuh. Hal ini jarang terjadi, tetapi tanda diabetes pada kulit lainnya adalah mengalami lepuh yang tiba-tiba muncul di kulit.

Lepuh ini akan terlihat besar, berkelompok, atau bisa juga keduanya. Lepuh cenderung terbentuk pada tangan, kaki, atau lengan bawah dan terlihat seperti lepuh yang muncul akibat luka bakar serius. Meski begitu, lepuh ini tidak menimbulkan rasa sakit.

Baca Juga: Mengenal Penyakit Impetigo yang Bisa Bikin Kulit Bayi Melepuh: Ini Gejala dan Penyebabnya!

5. Infeksi Kulit

tanda diabetes pada kulit

Tanda diabetes yang muncul di kulit yang selanjutnya adalah infeksi kulit. Orang yang menderita diabetes cenderung mendapatkan infeksi kulit. Ini juga merupakan tanda diabetes pada kulit. Jika Moms mengalami infeksi kulit, mungkin akan muncul hal seperti:

  • Kulit panas dan bengkak yang menyakitkan
  • Ruam gatal disertai dengan lepuh kecil, kulit bersisik yang kering, atau cairan putih di dalamnya.

Infeksi kulit dapat terjadi pada area tubuh, termasuk di antaranya jari-jari kaki, sekitar kuku, dan pada kulit kepala.

6. Memiliki Bercak Kuning yang Bersisik di Sekitar Kelopak Mata

tanda diabetes pada kulit

Foto: Orami Photo Stock

Tanda diabetes pada kulit selanjutnya yang bisa Moms lihat adalah timbulnya bercak berwarna kuning pada kelopak mata kita yang bersisik. Kondisi ini umumnya didorong oleh tingginya kadar lemak dalam darah. Namun juga bisa menjadi pertanda bahwa diabetes tidak terkontrol dengan baik.

7. Memiliki Luka Terbuka yang Sulit untuk Sembuh

luka yang sulit sembuh bisa jadi tanda diabetes

Foto: Orami Photo Stock

Diabetes menandakan bahwa di dalam tubuh kita ada kadar gula darah yang tinggi. Hal ini berpengaruh pada tubuh untuk waktu lama dan dapat menyebabkan sirkulasi darah yang buruk serta kerusakan saraf. Diabetes yang tidak terkontrol dalam waktu lama akan menimbulkan luka terbuka.

Baca Juga: 7 Jenis Essential Oil untuk Menyamarkan Bekas Luka
Sirkulasi darah yang buruk dan kerusakan saraf dapat membuat luka terbuka ini sulit untuk menyembuhkan diri. Hal ini umumnya terjadi pada luka di kaki.

Jika Moms mengidap diabetes, harus memeriksa kaki setiap hari untuk mengecek keberadaan luka terbuka.

Beberapa tanda diabetes yang muncul di kulit ini perlu diwaspadai. Terlebih lagi jika keluarga Moms memiliki riwayat penyakit diabetes.

Artikel Terkait