PROGRAM HAMIL
5 November 2020

Tanda Kehamilan 1 Minggu Setelah Berhubungan

Moms bisa melihat tanda kehamilan 1 minggu setelah berhubungan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Proses kehamilan terlihat agak mistis, apalagi bagi orang awam. Karena tidak ada yang tahu, kapan kehamilan terjadi. Sering Bahkan, sering berhubungan seks tidak menjamin proses kehamilan akan terjadi. Moms mungkin bertanya tanda kehamilan setelah berhubungan.

Melansir healthline.com sel telur dan sperma dapat bertemu dalam salam beberapa menit hingga 12 jam setelah ejakulasi. Namun, hal ini pun tak lantas membuat Moms mendapat hasil positif saat memeriksa kehamilan. Lalu, kapan Moms bisa mengetahui tanda kehamilan dan apakah ada tanda kehamilan 1 minggu setelah behubungan?

Baca Juga: Tanda Kehamilan Bisa Dideteksi Lewat Payudara?

Kapan Proses Pembuahan Terjadi?

Tanda Kehamilan 1 Minggu Setelah Berhubungan

Foto: freepik.com

Fertilisasi terjadi ketika sel telur dan sperma bertemu di tuba falopi. Agar hal ini terjadi, seorang wanita harus berada di masa suburnya. Proses ini menandakan bahwa proses pembuahan telah mencapai ovulasi.

Jurnal Communicative Integrative Biology menjelaskan bahwa ada 280 juta sel sperma yang dikeluarkan saat proses ejakulasi. Namun, Moms perlu ingat bahwa hanya sebagian kecil yang dapat ditangkap oleh sel telur.

Proses pembuahan terjadi lima hari setelah ovulasi. Karena pada periode ini, sperma yang sehat dapat dengan mudah menuju lokasi yang diinginkan, yaitu ovum. Kemungkinan ini akan semakin besar jika Moms melakukan hubungan seks dengan pasangan tanpa menggunakan kondom atau pengaman.

Dengan kata lain, pembuahan dapat langsung terjadi setelah berhubungan seks. Para ahli mengatakan bahwa sperma dapat langsung menavigasi rahim dan tuba falopi untuk mencapai sel telur dalam waktu 30 menit setelah ejakulasi.

Baca Juga: Meramalkan Jenis Kelamin Bayi Lewat Tanda-Tanda Kehamilan

Kehamilan Tidak Dapat Langsung Diketahui

Tanda Kehamilan 1 Minggu Setelah Berhubungan

Foto: freepik.com

Melansir parenthood.org kehamilan tidak dapat langsung diketahui usai berhubungan seks. Karena perlu waktu enam hari setelah berhubungan seks agar sperma dan telur dapat menyatu dan membentuk sel telur yang telah dibuahi.

Setelah itu, dibutuhkan waktu tiga hingga empat hari agar sel telur yang telah dibuahi benar-benar tertanam di dalam lapisan rahim. Kehamilan dimulai selama implantasi, saat hormon yang dibutuhkan untuk mendukung kehamilan dilepaskan.

Melansir medicalnewstoday.com Moms yang sedang program hamil biasanya akan lebih peka terhadap perubahan tubuh karena tanda kehamilan.

Meskipun tanda-tanda mungkin muncul sedini ini, mereka tidak mungkin muncul secepat ini pada sebagian besar orang. Banyak dari gejala awal, seperti nyeri payudara atau kelelahan, yang dikaitkan dengan perubahan hormonal selama ovulasi atau menstruasi.

Implantasi mungkin mungkin akan segera terjadi 5 hari setelah obvlasi. Hasilnya, Moms dapat merasakan tanda kehamilan 1 minggu setelah berhubungan. Namun, di periode ini Moms tidak disarankan untuk memeriksa kandungan dengan alat tes kehamilan. Karena hasilnya masih belum akurat.

Baca Juga: Waspadai Tanda Kehamilan Berupa Bercak Darah

Apa yang Terjadi di Dalam Perut Setelah 1 Minggu Berhubungan

Tanda Kehamilan 1 Minggu Setelah Berhubungan

Foto: freepik.com

Pada perioda 5 hari setelah ovulasi pembuahan akan mulai diproses. Jika sperma telah mencapai dan membuahi sel telur, sel-sel di dalam zigot yang baru terbentuk mulai berkembang biak untuk membuat gumpalan sel yang disebut blastokista.

Sel-sel ini terus berkembang biak saat blastokista mengalir ke saluran tuba dan masuk ke dalam rahim.

Saat blastokista mencapai dinding rahim, blastokista akan menempel untuk mendapatkan akses ke nutrisi melalui darah. Pada fase 5 hari setelah ovulasi, blastokista dapat berjalan ke dinding rahim atau sudah terhubung dengannya.

Jika terpasang, blastokista telah memulai perjalanannya menjadi janin, dan kehamilan sedang berlangsung.

Baca Juga: Tebak Jenis Kelamin Janin Lewat Tanda Kehamilan

Tanda Kehamilan 1 Minggu Setelah Berhubungan

Tanda Kehamilan 1 Minggu Setelah Berhubungan

Foto: freepik.com

Moms mungkin bertanya, bagaimana tanda kehamilan 1 minggu setelah berhubungan? Gejala atau tanda kehamilan setiap orang berbeda-beda dan unik. Jurnal National Institutes of Health menjelaskan ada berbagai tanda kehamilan dini, berikut penjelasannya.

1. Kram dan Pendarahan Implantasi

Wanita mungkin mengalami kram di awal kehamilan. Ini karena implantasi, yaitu saat sel telur yang telah dibuahi menempel pada dinding rahim.

Kram implantasi dapat terjadi beberapa hari setelah ovulasi, dan banyak wanita mengatakan bahwa mereka merasakan kram pada periode 5 hari setelah ovulasi. Kram ini bisa terjadi di punggung bawah, perut, atau panggul.

Sekitar 25 persen wanita mungkin melihat sedikit pendarahan sekitar waktu implantasi. Ini disebut pendarahan implantasi, dan warnanya cenderung lebih terang dan mengalir daripada pendarahan menstruasi.

2. Suhu Tubuh Meningkat

Banyak wanita mencatat suhu tubuh dasar, atau dasar, saat mencoba hamil karena perubahannya sepanjang siklus menstruasi. Suhu meningkat setelah ovulasi dan mungkin tetap lebih tinggi dari biasanya sampai menstruasi dimulai.

Suhu tubuh basal yang tetap sangat tinggi melebihi jangka waktu biasanya dapat mengindikasikan kehamilan.

Namun, tanda-tanda ini tidak hanya terjadi pada kehamilan dan dapat disebabkan oleh faktor hormonal atau gaya hidup lainnya.

3. Nyeri di Payudara

Fluktuasi hormon dapat menyebabkan payudara membengkak, terasa lembut, dan kesemutan atau gatal. Wanita mungkin memperhatikan gejala ini sedini 1-2 minggu setelah pembuahan.

4. Kelelahan

Perubahan hormon, terutama peningkatan tajam progesteron selama tahap awal kehamilan, dapat membuat wanita mengantuk sepanjang hari. Kelelahan bisa terjadi segera setelah 1 minggu setelah pembuahan.

6. Sakit Kepala

Kadar hormon yang meningkat juga dapat memicu sakit kepala di awal kehamilan, meskipun tahap kemunculannya dapat bervariasi.

Baca Juga: Kenali 7 Tanda Awal Kehamilan Ini, Yuk, Moms!

7. Mengidam Makanan

Keinginan akan makanna tertentu atau biasa disebut ngidam dianggap sebagai salah satu tanda seseorang tengah hamil. Biasanya, Moms menginkan makanan seperti buah-buahan yang bersifat asam.

8. Tidak Memiliki Nafsu Makan

Selain menginginkan makanan tertentu, tanda kehamilan yang dapat dirasakan Moms adalah nafsu makan berkurang atau tidak mau makan sama sekali. Moms mungkin tidak menyukai bau makanan tersebut dan akhirnya merasa mual.

9. Sering Buang Air Kecil

Kebutuhan buang air kecil lebih sering merupakan tanda kehamilan pada sebagian wanita. Ini mungkin karena peningkatan kadar hormon kehamilan dalam tubuh, yang meningkatkan aliran darah di ginjal dan daerah panggul.

10. Perubahan Suasana Hati atau Mood Swing

Perubahan suasana hati yang signifikan juga bisa menjadi tanda awal kehamilan. Sekali lagi, ini bisa disebabkan oleh perubahan signifikan pada kadar hormon. Perubahan suasana hati dapat dimulai beberapa minggu setelah pembuahan.

11. Morning Sickness atau Mual di Pagi Hari

Gejala awal yang pasti dirasakan oleh Moms saat hamil adalah mengalami mual dan muntah. Hal ini akan terus terjadi selama masa pembuahan. Proses ini akan berlangsung paling cepat 2 minggu setelah pembuahan.

12. Pusing Setelah Berbaring

Beberapa wanita juga melaporkan merasa pusing dan merasa bergoyang di awal kehamilan, terutama saat mereka bangun dari berbaring. Gejala ini mungkin disebabkan oleh perubahan pembuluh darah yang membawa oksigen ke otak.

Baca Juga: Ternyata Kikuk Juga Bisa Menjadi Tanda Kehamilan

Beberapa wanita tidak dapat menjelaskan gejala atau perubahan tertentu dalam tubuh mereka, tetapi secara naluriah mereka merasa ada sesuatu yang berbeda.

Saat itu terjadi, Moms mungkin akan merasakan perubahan di dalam tubuh yang sangat signifikan. Bahkan, Moms akan merasa bahwa kebiasaan tersebut merubah pribadi Moms. Tidak usah takut Moms, karena hal ini normal yang disebabkan oleh perubahan hormone atau kelelahan.

Ketika Moms berpikir sedang hamil, sebaiknya Moms mencatat tanda kehamilan 1 minggu setelah berhubungan. Kemudian, Moms dapat mendiskusikannya dengan dokter.

Artikel Terkait