PROGRAM HAMIL
24 Juli 2020

Tanda Kehamilan Bisa Dideteksi Lewat Payudara?

Payudara yang tadinya lentur dan biasa saja seiring kehamilan menjadi lebih kencang sehingga tampak lebih besar
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Masa kehamilan seringkali membuat tubuh cantik Moms mengalami perubahan. Salah satu perubahan besar yang terjadi adalah ukuran perut Moms karena pertumbuhan janin yang pesat di dalamnya.

Selain perubahan pada perut, Moms juga akan mengalami tanda kehamilan lain yang bisa dilihat dari perubahan bentuk payudara.

Semua wanita hamil pasti mengalami tanda kehamilan ini. Payudara yang tadinya lentur dan biasa saja seiring bertambahnya usia kehamilan berubah menjadi lebih kencang sehingga tampak lebih besar.

Beberapa wanita menyukai perubahan tubuh ini karena dianggap membuat tubuh lebih menarik, tapi ada juga yang malah merasa risih dengan berubahnya ukuran payudara.

Berubahnya kondisi payudara ini disebabkan oleh perubahan hormon wanita yang mengandung, yakni estrogen dan progesterone yang meningkat pesat di dalam tubuh Moms.

Tanda kehamilan ini juga dipengaruhi oleh tubuh yang tengah mempersiapkan payudara agar bisa menjadi sumber asupan gizi untuk buah hati yang akan lahir.

Buah hati membutuhkan banyak sekali gizi yang semuanya berasal dari tubuh ibu. Lemak dan juga aliran darah yang makin deras di buah dada merupakan gejala dari pembentukan sumber gizi tersebut.

Baca Juga : Heartburn, Tanda Kehamilan Paling Umum Terjadi

Tanda Kehamilan

cara mengobati stretch mark di payudara - perawatan di rumah - 1.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Tanda kehamilan bisa dilihat dari perubahan-perubahan kecil seperti:

  1. Ukuran buah dada yang membesar dan makin berat namun lembut.
  2. Puting susu yang gatal dan sakit. Selain nyeri, puting payudara Ibu juga terlihat seperti mencuat dan membesar namun bertekstur lembut.
  3. Aerola atau bagian berwarna coklat di sekitar puting juga akan berubah karena warnanya menjadi gelap dan berbercak. Selain itu, ukuran dari lingkaran coklat tadi akan melebar seiring dengan usia kehamilan yang main bertambah.
  4. Tanda kehamilan yang terakhir adalah munculnya gurat-gurat berwarna kebiruan di sekitar puting yang kadang menimbulkan nyeri. Gurat ini merupakan saluran di mana nantinya ASI akan mengalir menuju ke ujung puting untuk dihisap oleh si Kecil. Guratan ini akan mulai muncul pada 3 bulan pertama masa kehamilan dan efek sakitnya akan hilang pada bulan berikutnya.
  5. Tanda kehamilan yang terlihat di payudara ini memang pasti akan terjadi, namun kemunculannya harus tetap diwaspadai. Moms perlu berhati-hati ketika harus berpelukan atau berdekatan dengan orang lain sebab rasa sakit pada payudara akan muncul jika terjadi gesekan.

Baca Juga : Hamil atau Tidak? Cek 5 Tanda Kehamilan Ini

Karena tanda kehamilan ini sangat mungkin menimbulkan ketidaknyamanan, ada baiknya jika Moms mulai memilih bra yang pas untuk payudara di saat hamil. Baju dalam yang direkomendasikan adalah yang terbuat dari bahan katun.

Bra yang baik akan mengikuti perubahan bentuk dari payudara yang makin besar dan menjaga payudara dari gesekan-gesekan karena teksturnya yang agak tebal.

Apakah Moms sudah mengalami tanda kehamilan ini?

Bila Moms masih memerlukan informasi tambahan seputar kehamilan, Moms bisa bergabung dengan komunitas dan mengikuti Kuliah WhatsApp (KulWAP) dengan expert di WhatsApp Group Orami Moms Community.

Selain mengikuti KulWAP, di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

orami wag

Moms juga bisa saling bertukar cerita dengan ibu-ibu lainnya, lho! Jadi Moms akan mendapatkan banyak teman, sekaligus informasi baru.

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

Artikel Terkait