KESEHATAN
15 Juni 2019

6 Tanda Penyakit Anemia yang Mungkin Tidak Moms Sadari

Hati-hati bila miliki gejala ini!
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Amelia

Anemia merupakan sebuah kondisi fisik yang tidak memiliki cukup sel darah merah sehat untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Ketahui gejala anemia yang mungkin tidak disadari.

Beberapa orang yang menderita kondisi seperti talasemia mengalami anemia sejak lahir karena tubuh secara genetik sulit memproduksi sel darah merah atau bagian spesifik dari sel darah merah.

Tetapi faktor umum seseorang menderita anemia ini karena tidak mengkonsumsi cukup zat besi atau vitamin B12, bersama dengan folat, yang diperlukan untuk produksi sel darah merah sehat.

Ada beberapa tanda Moms mengalami anemia, yang bahkan mungkin bisa tidak disadari. Berikut penjelasannya, seperti dikutip dari Reader’s Digest.

1. Sering Kehabisan Napas atau Pusing

Tanpa cukup zat besi atau vitamin B12, tubuh tidak dapat memproduksi cukup jenis protein spesifik yang disebut hemoglobin, yang sangat penting untuk berfungsinya sel darah merah.

Hemoglobin, yang sangat kaya dengan zat besi, memungkinkan oksigen untuk berikatan dengan sel-sel sehingga sel-sel tersebut dapat membawanya dalam aliran darah ke seluruh tubuh.

Ketika tidak ada cukup zat besi atau vitamin B12 untuk membuat jumlah hemoglobin yang memadai, beberapa bagian tubuh tidak akan menerima oksigen yang dibutuhkan.

Hasilnya, beberapa gejala anemia adalah sulit bernapas dan kadang-kadang mendapatkan oksigen yang sangat sedikit di kepala. Akibatnya, Moms merasa pusing.

Baca Juga: 5 Masalah pada Payudara yang Dapat Terjadi setelah Bayi Lahir

2. Merasa Sangat Lelah

anemia1

Foto: monthlygift.com

Profesor Fakultas Kedokteran Universitas Andrew Andrew Artz, MD, mengatakan salah satu gejala anemia yang paling umum (dan menonjol) adalah perasaan kelelahan yang umum. "Kelelahan adalah gejala utama," kata Dr. Artz.

“Tantangan dari gejala kelelahan adalah bahwa setiap orang memiliki pengalaman berbeda tentang merasa lelah tersebut. Beberapa hanya akan merasa lebih lelah, sementara yang lain akan merasakannya ketika mereka beraktivitas,” tambahnya.

Kelelahan disebabkan oleh proses yang sama yang menyebabkan sesak napas dan pusing. Tanpa cukup zat besi atau vitamin B12, tidak ada cukup hemoglobin, dan tanpa cukup hemoglobin, tidak ada cukup oksigen untuk bahan bakar tubuh.

3. Warna Kulit Terlihat Lebih Pucat

Jika tidak memiliki sel darah merah yang sehat untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh, Moms tidak dapat mengharapkan organ terbesar, yaitu kulit, agar tetap terlihat sehat.

Menurut Perpustakaan Kedokteran Nasional AS, tanpa zat besi atau vitamin B12, mungkin tidak ada pasokan darah yang cukup ke kulit, menghasilkan bagian yang lebih pucat.

4. Merasakan Sakit di Dada

anemia2

Foto: medicalnewstoday.com

Ketika tubuh hanya memiliki sedikit sel darah merah sehat untuk tubuh, jantung harus bekerja lebih keras untuk memindahkannya ke seluruh tubuh.

Akibatnya, jantung berdetak lebih cepat dari biasanya dan Moms mungkin mulai merasakan ketegangan yang berakibat nyeri di dada.

Ini menjadi masalah yang perlu Moms perhatikan, terutama jika Moms memiliki masalah jantung lainnya. The National Heart, Lung, and Blood Institute melaporkan jantung yang harus bekerja lebih keras dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur, jantung membesar, atau bahkan gagal jantung.

Baca Juga: Daging Ayam vs Daging Bebek, Mana yang Lebih Sehat?

5. Tangan dan Kaki Merasa Dingin

Jika Moms merasakan tangan dan kaki terasa lebih dingin dari biasanya, ini bisa menjadi tanda kekurangan zat besi atau anemia.

Alasannya adalah ketika seseorang mengalami anemia, Moms tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat di dalam tubuh.

Zat besi membantu sel-sel darah ini mengirimkan panas dan nutrisi ke seluruh sel. Sehingga ketika Moms kekurangan sel darah merah, Moms lebih rentan merasa dingin, terutama di bagian tangan dan kaki.

6. Moms Mengalami Sakit Kepala yang Tidak Normal

anemia3

Foto: medicalnewstoday.com

Sebagian besar orang mengalami sakit kepala sesekali, karena stres, kurang tidur, sakit, dan berbagai alasan lainnya.

Tetapi jika Moms kerap mengalami lebih banyak sakit kepala daripada biasanya, mungkin inilah saatnya untuk memeriksa kadar zat besi.

Sakit kepala bisa berkisar dari tingkat rendah hingga migrain juga. Jadi jangan diabaikan meskipun Moms hanya merasakan sakit ringan. Kadar zat besi yang rendah bisa berarti bahwa tidak cukup oksigen yang mencapai otak.

Jika Moms mengalami beberapa gejala anemia ini dan berpikir bahwa mungkin menderita anemia, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi dan mengetahui jenis anemia yang dimiliki, dan apa yang harus dilakukan untuk menyembuhkannya.

Dr Artz memperingatkan agar tidak membeli obat anemia yang dijual bebas, karena tidak ada obat untuk semua jenis anemia.

Kuncinya adalah memahami penyebab dan kekurangannya, sehingga Moms dapat berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk memperbaiki pola makan.

(AP/AND)

Artikel Terkait