3-12 BULAN
8 Oktober 2019

4 Aspek dan Tanda Perkembangan Bayi 8 Bulan

Jangan sampai tanda perkembangan ini terlewat ya, Moms!
Artikel ditulis oleh Irene Anindyaputri
Disunting oleh Orami

Dunia di sekitar bayi 8 bulan begitu menyenangkan dan membuatnya penasaran untuk berjelajah!

Karena itu, jangan heran bila buah hati Moms jadi lebih sering merangkak, mencoba mengambil benda-benda di sekitarnya, atau mengeluarkan bunyi-bunyian.

Selain itu, apa saja tanda perkembangan bayi 8 bulan yang ideal? Simak pembahasannya di bawah ini ya, Moms.

Tanda Perkembangan Bayi 8 Bulan: Pola Makan

perkembangan bayi 8 bulan - makan.jpg

Pada usia 8 bulan, Moms mungkin sudah mulai mengenalkan MPASI pada Si Kecil. Misalnya puree sayur, bubur bayi, atau buah.

Menurut WebMD, salah satu tanda perkembangan bayi 8 bulan yaitu Si Kecil jadi lebih antusias melahap makanan padatnya dibanding ASI.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa bayi 8 bulan masih membutuhkan setengah dari asupan kalori hariannya dari ASI. Karena itu, meski bayi sudah bernafsu makan MPASI, Moms tetap harus memberikannya ASI.

Baca Juga: 5 Buah Terbaik untuk MPASI Pertama Bayi

Untuk mendukung pola makannya, berikan Si Kecil finger foods yang mudah dimakan.

Contohnya potongan buah pisang, makaroni rebus, atau tahu. Hindari makanan yang bisa membuatnya tersedak seperti daging yang berserat atau berlemak dan anggur.

Tanda Perkembangan Bayi 8 Bulan: Kemampuan Motorik

fakta menarik bayi aquarius 4.jpg

Salah satu tanda perkembangan bayi 8 bulan yang paling terlihat jelas adalah kemampuan motoriknya. Dilansir dari VeryWell Family, bayi pada usia ini umumnya sudah bisa:

  • Duduk sendiri
  • Memindahkan barang dari tangan kiri ke tangan kanannya
  • Mencoba merangkak atau sudah lancar merangkak
  • Berdiri sendiri sambil menopang pada furnitur (misalnya kaki meja)
  • Menunjuk-nunjuk benda, orang, atau hal yang menarik di sekitarnya dengan jari telunjuk
  • Mengambil dan menyuapkan finger food dengan tangan ke dalam mulutnya

Baca Juga: 5 Ide Permainan Sensorik Untuk Bayi 8 Bulan

Pada tahap perkembangan ini, Moms sebaiknya membantu bayi agar bisa bereksplorasi dengan bebas tapi tetap aman.

Misalnya dengan memastikan bayi tidak bermain atau merangkak di tempat berbahaya seperti dapur atau kamar mandi, jauhkan bayi dari peralatan listrik, dan selalu awasi bayi saat ia mencoba makan sendiri pakai tangan.

Sepandai apa pun buah hati Moms ketika makan, tetap perhatikan dengan seksama apakah ia sudah bisa menyuap makanan dan menelannya dengan benar.

Tanda Perkembangan Bayi 8 Bulan: Pola Tidur

Cegah SIDS Ketahui Mengenai Posisi Tidur Bayi yang Tepat.png

Dicatut dari WebMD, bayi usia 8 bulan umumnya tidur selama sekitar 13 sampai 14 jam sehari. Jam tidurnya dibag-bagi, tetapi rata-rata bayi 8 bulan akan tidur siang sebanyak dua kali. Satu di pagi hari, satu di siang hari.

Berapa lama bayi tidur siang tentu berbeda-beda pada setiap anak. Ada yang bisa tidur siang hingga satu jam, ada yang hanya bisa tidur siang selama 20 menit.

Tanda Perkembangan Bayi 8 Bulan: Menunjukkan Emosi

perkembangan bayi 8 bulan - emosi.jpg

Menurut Baby Centre, salah satu tanda perkembangan bayi 8 bulan yaitu meningkatnya kemampuan mengenali emosi dan suasana hatinya sendiri maupun orang lain. Ya, Si Kecil bahkan sudah mulai belajar untuk berempati.

Misalnya ketika Moms atau kakaknya menunjukkan ekspresi wajah sedih seperti menangis, bayi 8 bulan bisa menirukannya seolah ia juga ikut sedih.

Bayi di usia ini juga sudah bisa berekspresi, misalnya tertawa dan tersenyum ketika melihat orang-orang terdekat yang disukai atau menangis dan mencari orang tuanya ketika didekati orang yang tidak dikenal.

Baca Juga: Coba 3 Ide MPASI Bayi 8 Bulan dari Pepaya Ini

Tanda Perkembangan Bayi 8 Bulan: Berkomunikasi

perkembangan bayi 8 bulan - komunikasi.jpeg

Meskipun belum bisa berbicara, bayi 8 bulan sudah mulai berusaha lebih aktif untuk berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarnya. Dilansir dari Baby Centre, bahkan bayi sudah bisa bereaksi ketika namanya dipanggil.

Berusaha mengucapkan huruf konsonan seperti “b” dan “m” juga merupakan salah satu tanda perkembangan bayi 8 bulan. Bayi juga mungkin berusaha menirukan bunyi-bunyian yang dibuat Moms atau hal-hal di sekitarnya.

Tak cuma itu, bayi sudah mulai mengerti berbagai konsep atau kosa kata sederhana seperti “dadah” untuk berpamitan, “nenen” untuk menyusui, dan sebagainya.

Terus ajak Si Kecil berkomunikasi dan berinteraksi untuk mendukung perkembangan otak dan kemampuan sosialnya.

(IA/ERW)

Artikel Terkait