PERNIKAHAN & SEKS
25 Maret 2020

5 Tanda Pernikahan Harus Diakhiri, Waspada!

Coba cek tandanya yuk, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Setiap pasangan suami istri pasti menginginkan pernikahannya untuk selalu bahagia dan awet hingga mereka tua atau maut memisahkan. Namun dalam roda kehidupan, kita tidak selalu bisa merasakan hal-hal yang manis-manis saja.

Memutuskan apakah perkawinan kita harus berakhir atau masih harus dipertahankan jelas bukan pilihan yang mudah, terutama setelah kita berusaha untuk menyelamatkan hubungan yang ada.

Baca Juga: 10 Ide Ucapan Romantis Kepada Suami Untuk Rayakan Ulang Tahun Pernikahan

Berdasarkan data dari Centers for Disease and Prevention, lebih dari 2,2 juta pasangan AS menikah pada 2016, 827.261 perceraian dan pembatalan pada tahun yang sama.

Namun jika Moms sudah benar-benar merasa tidak bisa mempertahankan rumah tangga lagi, harus melihat beberapa tanda yang ditunjukkan.

Tanda Penikahan Harus Diakhiri

Apa saja tanda bahwa pernikahan kita harus segera diakhiri? Lihat beberapa tandanya di bawah ini yuk, Moms.

1. Tidak seperti Orang yang Sudah Menikah

pernikahan harus diakhiri

Foto: bolde.com

Kehidupan seorang lajang bisa menjadi menyenangkan, dengan sedikit tanggung jawab dan hanya menanggung kebutuhan sendiri. Namun jika kita sudah menikah, namun terlihat seperti tidak memiliki komitmen, maka perlu dipertanyakan.

Berkumpul bersama teman memang bukan masalah besar. Namun jika hal ini menjadi kegiatan rutin, dan Moms atau pasagan sering bepergian sendiri, hal ini wajib dipertanyakan.

“Pernikahan membutuhkan rasa hormat yang tulus terhadap orang lain untuk terus tumbuh dan berkembang," jelas Dr. Jaime Kulaga, Konselor Kesehatan Mental dan Kehidupan bersertifikat.

Baca Juga: 3 Tips Kencan Single Parent yang Patut Diikuti

2. Sudah Jarang Melakukan Hubungan Seks

pernikahan harus diakhiri

Foto: Orami Photo Stock

Seks memang bukan segalanya dalam pernikahan, tetapi bukan sesuatu yang bisa diabaikan juga.

Jika Moms dan suami secara fisik dan mental cukup sehat untuk berhubungan seks, tetapi sudah berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun tidak melakukannya, hal ini bisa jadi pertanda hubungan sedang diujung tanduk dan pernikahan mungkin harus diakhiri.

Tanpa Keintiman, hubungan pernikahan berakhir di perceraian atau berisikan kemarahan dan kebencian.

3. Memiliki Pengeluaran yang Besar Tanpa Suami Tahu

pernikahan harus diakhiri

Foto: Orami Photo Stock

Apakah Moms boleh memiliki rekening bank yang terpisah? Tentu saja.

Namun, jika Moms melakukan pembelian dalam jumlah besar, seperti liburan atau liburan sendiri tanpa berkonsultasi dengan pasangan, itu salah satu tanda pernikahan akan berakhir.

Faktanya, masalah keuangan merupakan kontributor utama sebagai salah satu masalah dalam pernikahan. Sebuah survei tahun 2017 dari Magnify Money mengungkapkan bahwa masalah keuangan menjadi pemicu perceraian 21 persen responden.

Baca Juga: Ini 6 Ide Menghemat Pengeluaran Belanja dengan Voucher atau Kupon

4. Ingin Mencari Pasangan Baru

pernikahan harus diakhiri

Foto: hackspirit.com

Jika Moms memiliki pemikiran yang tetap tentang berselingkuh dari pasangan, Moms mungkin perlu mempertimbangkan mengapa mulai memiliki pemikiran ini sehingga dapat meningkatkan kesehatan pernikahan jika menginginkannya, maka ini tandanya pernikahan Moms dan pasangan mungkin akan segera berakhir.

5. Memiliki Pandangan yang Berbeda tentang Memiliki Anak

pernikahan harus diakhiri

Foto: Orami Photo Stock

Memiliki anak tidak selalu membuat kita dan pasangan bahagia, dan tidak memiliki mereka tidak akan membuat kita sengsara jika mereka bukan prioritas bagi Moms dan pasangan.

Namun, jika Moms dan pasangan tidak berada di pemikiran yang sama tentang apakah ingin memiliki anak atau tidak, itu adalah tanda bahaya besar.

Itu dia Moms beberapa pertanda bahwa pernikahan mungkin harus segera diakhiri. Coba perhatikan ya dan jangan dianggap sepele.

Artikel Terkait