PARENTING
13 November 2019

5 Tanda Suami adalah Ayah Andalan untuk Moms dan Si Kecil

Kali ini, giliran Dads yang perlu mendapatkan apresiasi
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Di Hari Ayah ini, giliran Dads yang perlu diberikan apresiasi sebagai ayah andalan karena telah berperan menjadi suami sekaligus kepala keluarga bagi Moms dan Si Kecil.

Berperan sebagai orang tua bukan tugas yang mudah. Saat pertama kali memiliki anak, seorang pria akan memiliki kehidupan baru yang membutuhkan penyesuaian.

Baca Juga: 6 Hal Inilah yang Membuat Peran Ayah Begitu Penting Dalam Mendidik Anak

Ayah Andalan Dapat Memberikan Pengasuhan yang Lebih Sensitif

Lee Gettler, antropolog biologi yang mempelajari sistem keluarga di Universitas Notre Dame, mengatakan bahwa pria yang telah menjadi ayah dapat mengalami penurunan kadar testosteron.

"Ketika pria beralih dari lajang dan tidak memiliki anak menjadi ayah yang menikah, testosteron mereka menurun sekitar sepertiga," kata Gettler mengutip Fatherly.

Namun, ini bukan berarti hal yang buruk. Dalam penelitian yang dilakukan Gettler, ayah dengan kadar testosteron lebih rendah cenderung lebih mampu menenangkan bayi menangis dan terlibat dengan anak-anak mereka.

"Ada titik manis di tengah testosteron ayah yang membantu memfasilitasi pengasuhan, dan pengasuhan yang lebih sensitif," kata Gettler.

Yuk cari tahu, apakah suami Moms merupakan sosok ayah andalan bagi Si Kecil?

1. Dia Sulit Dijatuhkan

ayah andalan-1

Dalam mengasuh anak, Moms dan Dads akan sering berhadapan dengan muntahan bayi, kencing, air liur, dan kebutuhan untuk mengganti popok.

Seorang ayah andalan tidak lemah hati dan sulit ditaklukan. Bagi mereka, hal-hal seperti dapat dengan mudah ditangani.

Selain itu, ayah andalan juga memiliki pola asuh yang berbeda, seperti gaya komunikasi dan interaksi kepada anak-anaknya. Hal ini memberikan Si Kecil keragaman di dalam dunianya.

"Ayah memiliki gaya komunikasi dan interaksi yang berbeda dengan anak-anak. Keragaman ini memberikan anak-anak pengalaman yang lebih luas. Pemahaman ini sangat penting untuk perkembangan mereka," jelas Dr. Kyle Pruett psikiater anak, hubungan keluarga, dan ayah, melansir Focus on The Family.

2. Dia Merasa Nyaman Mengatakan Isi Hatinya

ayah andalan-2

Ayah andalan merupakan sosok pria yang dewasa tidak secara fisik, tetapi juga dari sisi emosionalnya.

Dia akan merasa nyaman dan berani untuk mengatakan "Aku mencintaimu," "Aku minta maaf", tanpa merasa harga dirinya tercoreng.

Pria dewasa ingin agar orang yang mereka cintai merasa bahagia. Itu berarti menghilangkan kepura-puraan dan ketakutan akan emosi yang jujur.

Baca Juga: Ternyata, Begitu Banyak Peran Dads dalam Proses ASI Eksklusif

3. Dia Tidak Merasa Perlu Menjadi Pusat Perhatian

ayah andalan-3

Salah satu tantangan langsung ketika memiliki anak adalah sadar bahwa perhatian utama istri akan beralih pada mengurus Si Kecil.

Pria bisa merasa butuh perhatian dari pasangannya. Tidak sedikit pria butuh penyesuaian ketika perhatian yang biasa ia dapatkan perlu dibagi bahkan dengan anaknya.

Namun, seorang ayah andalan merasa puas dan perlu sesekali ia dinomorduakan, karena ia kini menjadi seorang ayah yang bahagia.

4. Dia 'Kaya' Akan Sesuatu Selain Uang

ayah andalan-4

Beberapa pria bisa panik karena perlu menyediakan keuangan untuk keluarga. Tetapi ayah andalan tahu bahwa anak-anaknya membutuhkan kehadiran sang ayah, bukan hadiah material.

Tentu, ayah yang baik bertanggung jawab secara finansial, tetapi ia tidak seharusnya mengukur harga dirinya dengan pendapatan yang ia dapatkan.

"Ayah jauh lebih dari sekadar 'orang dewasa kedua' di rumah. Ayah yang terlibat, terutama ayah biologis, membawa manfaat positif bagi anak-anak mereka yang tidak akan dimiliki oleh orang lain," jelas sosiolog David Popenoe, mengutip Focus on The Family.

Baca Juga: Puji Suami dengan Kata-kata Ini, Bisa Bikin Dads Semakin Bangga

5. Dia Punya Teman Dekat

ayah andalan-5

Memiliki teman dekat tidak hanya untuk menjadi teman mengobrol di kafe, tetapi juga dapat menjadi teman yang bisa memberikan nasehat untuk para anakya.

Tentu merupakan hal yang indah bila salah satu temannya, suatu hari, memberikan nasehat tulus kepada Si Kecil.

Itu dia beberapa tanda kalau Dads adalah ayah andalan yang dapat menjadi kepala keluarga, suami, sekaligus ayah yang hebat bagi keluarganya.

Artikel Terkait