PERNIKAHAN & SEKS
1 Oktober 2020

11 Ciri-ciri Suami Selingkuh, Waspada Moms!

Hati-hati dengan ciri-ciri ini ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Perselingkuhan adalah salah satu masalah yang lebih menantang yang dihadapi dalam suatu hubungan. Sementara banyak orang yang tidak tahu ketika mereka mengetahui tentang pasangannya yang selingkuh, orang lain mungkin curiga karena tindakan yang di luar kebiasaan.

Perselingkuhan emosional bisa menjadi awal dari 'kematian' sebuah hubungan pernikahan, dan beberapa mengatakan hal ini jauh lebih buruk daripada perselingkuhan secara fisik.

Ketika seorang istri mengetahui tanda-tanda suami mencintai wanita lain, hal ini tentu akan membuat mereka merasa rendah diri, emosi, merasa tidak dihargai, dan perasaan negatif lainnya.

Mengutip situs Focus on the Family, ada beberapa hal yang menjadi faktor-faktor yang dapat menyebabkan ketidaksetiaan. Beberapanya adalah:

  • Mengabaikan berbicara secara terbuka satu sama lain
  • Menolak resolusi konflik
  • Mengurangi waktu menyenangkan bersama pasangan
  • Stres harian dan kelelahan menyabotase keintiman
  • Sering menerka-nerka
  • Lupa dengan komitmen satu sama lain

Ada beberapa tanda yang perlu Moms perhatikan, karena ciri-ciri berikut ini bisa menandakan bahwa sang suami kemungkinan memiliki perasaan dengan wanita lain.

Baca Juga: Ada 4 Macam Tipe Perselingkuhan, Mana yang Paling Sering Terjadi?

Tanda Suami Moms Selingkuh

Dalam Journal of Family Psychology, perselingkuhan dapat memiliki konsekuensi negatif yang serius. Tidak hanya menyebabkan kesulitan hubungan dan menurunkan kepuasan hubungan di kedua pasangan, tetapi juga merupakan prediktor kuat untuk perceraian.

Berikut ini beberapa tanda suami kita selingkuh, yuk kenali tandanya dengan seksama, Moms.

1. Penampilan Suami Menjadi Lebih Baik

tanda suami mencintai wanita lain-1.jpg

Foto: themanual.com

Jika pasangan tiba-tiba mulai berolahraga dan makan lebih sehat, itu bisa menjadi tanda bahwa mereka berusaha tampil lebih menarik bagi seseorang, termasuk ketika ia mulai tampil lebih modis.

2. Menggunakan Telepon atau Komputer Secara Diam-diam

Suami yang selingkuh cenderung menggunakan ponsel dan komputer mereka lebih sering daripada sebelumnya dan untuk menjaga mereka seolah-olah hidup mereka bergantung padanya.

Jika ponsel dan laptop pasangan tidak pernah memerlukan password sebelumnya, dan sekarang ada, atau pasangan mulai menghapus teks dan menghapus riwayat browser mereka setiap hari, itu bukan pertanda baik.

Begitu juga bila pasangan bersikap tidak pernah melepaskan ponsel mereka, bahkan membawanya ke kamar mandi ketika mandi, ia bisa saja merahasiakan sesuatu dengan menghubungi wanita lain yang ia cintai.

Baca Juga: 3 Alasan yang Sering Dipakai Seseorang untuk Selingkuh

3. Terjadi Penurunan dalam Melakukan Hubungan Seksual

tanda suami mencintai wanita lain-3

Foto: Orami Photo Stocks

Baik penurunan maupun peningkatan level aktivitas seksual dalam hubungan pernikahan bisa menjadi pertanda perselingkuhan.

Kurang seks terjadi karena suami berfokus pada orang lain, sementara lebih banyak seks terjadi karena pasangan berusaha menutupi hal bahwa suami mungkin mencintai wanita lain.

Tanda pasangan yang selingkuh bisa dirasakan bila saat berhubungan seks, terasa kurang terhubung secara emosional.

4. Teman Suami Tampak Tidak Nyaman Ketika Sedang Bersama

Ketika suami mencintai wanita lain, Moms adalah seseorang yang hampir selalu merupakan orang terakhir yang mengetahuinya. Sedangkan, teman-temannya mungkin sudah mengetahui tentang perselingkuhan sejak awal.

Hal ini biasanya menyebabkan teman-teman suami merasa tidak nyaman di sekitar Moms, sehingga mencoba menghindari, atau bersikap terlalu baik dengan Moms.

Mereka mungkin juga mencoba menghindari percakapan tentang hubungan pernikahan antara Moms dan pasangan.

Baca Juga: 5 Mitos Selingkuh yang Tidak Perlu Dipercayai Lagi

5. Keintiman Emosional Telah Memudar

tanda suami mencintai wanita lain-5

Foto: Orami Photo Stocks

Dibandingkan pada saat awal-awal menikah, mungkin Moms merasa hubungan emosional dengan pasangan tidak lagi intim. Ini bisa menjadi tanda suami mencintai wanita lain.

Dengan pernikahan, dua orang yang berpasangan ini membentuk kelekatan dan menaruh rasa percaya terhadap satu sama lain seiring waktu. Keintiman emosional adalah apa yang membuat Moms terikat pada pasangan, dan sebaliknya.

6. Perubahan Kebiasaan yang Mendadak

Pasangan Moms mungkin mengubah kebiasaannya karena berbagai alasan. Dan perubahan kebiasaan yang sehat biasanya merupakan hal yang positif. Tapi perubahan kebiasaan tertentu mungkin memprihatinkan justru harus dicurigai. Apa saja perubahan tersebut? Yuk lihat di bawah ini, Moms.

  • Kata-kata "I love you" tidak lagi diucapkan oleh suami Moms, jika dulu sering dilakukan.
  • Moms bahkan tidak bisa membuat pasangan berdebat dengan kita.
  • Moms dan pasangan sudah tidak bisa berkomunikasi dengan baik lagi (banyak diam saat bersama).
  • Atau mungkin sebaliknya, pasangan Moms yang tiba-tiba menjadi lebih perhatian dari biasanya.
  • Suami Moms yang berpakaian lebih bagus, terlihat lebih bagus, atau tiba-tiba ada minat pada perubahan penampilan.
  • Pasangan Moms yang memulai hobi baru yang membutuhkan komitmen beberapa jam setiap hari. Saat kita menunjukkan minat pada hobi barunya, jawaban mereka tampak tidak jelas atau kita diabaikan.

7. Berbohong dan Terkesan Menghindar

tanda suami mencintai wanita lain-4.jpg

Foto: mensline.org.au

Ketidakjujuran dalam pernikahan adalah bendera merah. Strategi penghindaran ini mungkin menunjukkan bahwa ada kemungkinan suami Moms selingkuh.

  • Moms merasa seolah-olah sedang dihindari.
  • Dia tidak ingin pergi ke mana pun atau melakukan apa pun dengan kita lagi.
  • Moms menemukan pasangan telah berbohong kepada Moms tentang berbagai hal.
  • Suami Moms yang tampaknya lebih tertutup, padahal dulu tidak.
  • Pasangan Moms seperti meninggalkan keyakinannya akan agama.

Baca Juga: 11 Ciri Suami yang Baik, Apa Dads Termasuk?

8. Memiliki Masalah Keuangan

Hampir semua pernikahan mengalami tekanan finansial pada satu waktu atau lainnya. Tetapi Moms mungkin ingin menyelidiki masalah uang tertentu ketika kita memperhatikannya dalam pernikahan.

  • Moms melihat tagihan pada laporan kartu kredit yang tidak masuk akal.
  • Uang menjadi lebih dari masalah di antara kalian berdua.
  • Pasangan Moms berhenti merencanakan pengeluaran besar (seperti jalan-jalan, membeli rumah, memulai renovasi, dll.)

Jika bertanya kepada suami Moms tentang pengeluaran besar ini, dan jawaban mereka tampaknya tidak benar atau tidak jelas, kemungkinan besar itu adalah hasil perselingkuhan mereka.

Perselingkuhan membutuhkan uang untuk membeli hadiah, jalan-jalan, makan malam mewah di restoran terkenal, membuka kamar hotel untuk berduaan, dan lain sebagainya. Biaya perselingkuhan dapat bertambah dengan sangat cepat. Jika Moms melihat penarikan tunai dalam jumlah besar atau bukti pembelian dari tempat yang jarang atau tidak pernah dikunjungi, itu bukan pertanda baik.

9. Jadwal Suami yang Mulai Berubah

tanda suami mencintai wanita lain-2

Foto: Orami Photo Stocks

Ketika suami Moms yang tidak pernah bekerja lembur, tiba-tiba perlu bekerja lembur, dan hal itu semakin sering terjadi, mereka mungkin berbohong.

Jika pasangan Moms tidak pernah pergi dalam perjalanan bisnis dan tiba-tiba merasa perlu melakukan perjalanan untuk bekerja, itu bisa menjadi tanda bahwa dia sedang berlibur di akhir pekan dengan pasangan selingkuhannya. Ban kempes, baterai mati, kemacetan lalu lintas, menghabiskan waktu ekstra di gym, dan alasan serupa untuk terlambat atau absen mungkin juga menandakan perselingkuhan.

Pasangan selingkuh mungkin juga tiba-tiba menjadi pelupa tentang menjemput anak-anak, ulang tahun dan acara penting lainnya, dan lain-lain.

10. Suami Menyalahkan Kita Atas Apa yang Terjadi

Suami memusuhi Moms dan hubungan pernikahan kalian. Mereka akan cenderung merasionalisasi perilaku mereka (dalam pikiran mereka sendiri). Salah satu cara mereka melakukan ini adalah dengan menyalahkan kita, menggunakan kita sebagai tameng.

Mereka mengatakan pada diri mereka sendiri bahwa kita tidak terlihat seperti ketika baru saja menikah, atau Moms tidak cukup baik di tempat tidur, atau Moms mungkin tidak menghargai semua hal indah yang mereka lakukan untuk kita, jadi mereka pantas memiliki sedikit kesenangan di tempat lain.

Seringkali, pembenaran internal mereka untuk menyontek bocor, dan mereka berperilaku menghakimi kita dan hubungan yang sudah terjalin. Jika tiba-tiba Moms merasa tidak ada yang benar, atau hal-hal yang biasanya tidak mengganggu pasangan tiba-tiba terjadi, atau seolah-olah Moms didorong menjauh, itu bisa menjadi indikasi kuat bahwa suami berselingkuh

Baca Juga: Bagaimana Cara Membangun Kehidupan Seks yang Romantis Setelah Punya Anak?

11. Ketika Bertanya tentang Perselingkuhan, Suami Menghindar

ciri-ciri suami selingkuh

Foto: Orami Photo Stocks

Jika suami Moms benar berselingkuh, hal terakhir yang ingin mereka lakukan adalah membicarakannya dengan kita. Jadi, saat Moms membawa topik ini dalam percakapan kalian. Mereka mungkin mencoba menyangkal atau menghindar.

Singkatnya, pasangan Moms akan melakukan segala kemungkinan untuk mengarahkan kita ke topik lain, atau mereka akan menyalahkan kita atas apa yang kita pikirkan dan rasakan. Jika Moms mengonfrontasi pasangan tentang perselingkuhan dan ditolak, mungkin dengan pesan seperti, "Jika kamu lebih mempercayai saya sedikit lagi, mungkin hubungan kita tidak akan seperti ini," Moms tidak boleh membiarkan hal itu memberikan firasat bahwa ada sesuatu yang salah dalam hubungan kalian.

Moms juga tidak boleh secara otomatis menerima pernyataan pasangan bahwa ia bersalah dan berselingkuh. Seperti yang dinyatakan sebelumnya, jika naluri kita memberi tahu bahwa suami selingkuh, Moms mungkin benar.

Jadi, jika suami tiba-tiba tampak kurang rentan secara emosional dan intim secara emosional, itu merupakan indikasi kuat bahwa fokus suami telah berubah. Kemungkinan besar, pasangan telah selingkuh.

Artikel Terkait