PERNIKAHAN & SEKS
15 September 2020

27 Tanda Suami Selingkuh yang Wajib Moms Ketahui, Waspada!

Hal apa yang harus dicurigai?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Belakangan, isu perselingkuhan atau pelakor jadi hal yang selalu hangat dibicarakan. Tapi, bagaimana jika itu benar-benar terjadi pada Moms?

Banyak yang mengatakan bahwa insting seorang istri begitu kuat dan seringkali benar. Terkadang seorang istri juga bisa tahu jika suaminya selingkuh. Namun kecurigaan suami yang selingkuh bisa membuat kita merasa tertekan dan kesal sendiri.

Berdasarkan Indian Journal of Psychiatry, perselingkuhan umumnya dipahami sebagai pelanggaran terhadap perjanjian pernikahan, pengkhianatan terhadap kepercayaan seseorang, dan ancaman terhadap ikatan pernikahan.

Mungkin Moms merasa ada yang berbeda dengan sikap suami, namun Moms tidak benar-benar tahu apa yang terjadi. Bisa jadi suami Moms selingkuh, namun Moms masih ragu benar atau tidak.

Baca Juga: Baru Saja Menikah? Jangan Lewatkan 3 Tips Ini!

Tanda Suami Selingkuh

Bagaimana Moms bisa tahu jika suami selingkuh? Lihat berbagai tanda suami selingkuh di bawah ini yuk, Moms.

1. Penampilannya Berubah

tanda suami selingkuh

Foto: shutterstock.com

Tanda suami selingkuh yang pertama adalah berubah penampilan. Hal pertama yang bisa Moms curigai jika suami selingkuh adalah jika melihat bahwa suami tiba-tiba merubah penampilan. Mulai rajin berolahraga, makan makanan sehat, bisa menjadi tanda bahwa suami kita berusaha tampil lebih menarik bagi seseorang.

Perhatikan juga pakaian yang dikenakan. Jika ia mulai terlihat mengenakan baju rapi setiap keluar rumah, bisa mengindikasikan perselingkuhan.

2. Menggunakan Ponsel dan Komputer secara Rahasia

Tanda suami selingkuh yang selanjutnya adalah menggunakan ponsel dan komputer secara rahasia. Moms harus memperhatikan bagaimana pola perilaku suami ketika menggunakan handphone dan komputer.

Jika suami sering menggunakan handphone dan komputer, lalu tiba-tiba kedua perangkat ini diberi password padahal sebelumnya tidak, bisa menjadi tanda bahwa suami berselingkuh.

Menghapus teks dan percakapan sebelumnya juga bisa menjadi salah satu pertanda.

3. Susah untuk Dihubungi

tanda suami selingkuh

Foto: shutterstock.com

Tanda suami selingkuh yang selanjutnya adalah susah dihubungi. Jika suami Moms selingkuh, salah satu tandanya lagi adalah sulit untuk dihubungi, seperti sulit menjawab telepon dan merespon pesan.

Moms mungkin akan mendengar alasan yang terdengar seolah-olah mereka sedang rapat jadi tidak bisa menjawab, sedang mengemudi, sedang tidak ada sinyal dan lain sebagainya.

4. Kehidupan Seks Berkurang

tanda suami selingkuh

Foto: mirror.co.uk

Tanda suami selingkuh yang selanjutnya adalah kehidupan seks berkurang. Keduanya, baik penurunan maupun peningkatan level aktivitas seksual dalam hubungan kita dan suami bisa menjadi pertanda perselingkuhan.

Kurang seks terjadi karena pasangan fokus pada wanita lain, sedangkan lebih banyak aktivitas seks terjadi sebagai wujud suami berusaha menutupi hal tersebut. Tanda perselingkuhan lain yang mungkin terjadi adalah hubungan seks kita dan pasangan kurang terhubung secara emosional.

Baca Juga: 5 Posisi Seks Nyaman untuk Ibu Baru Melahirkan

5. Pengeluaran yang Tidak Jelas

Tanda suami selingkuh yang selanjutnya adalah pengeluaran tidak jelas. Jika ada tambahan pengeluaran pada kartu kredit suami yang tidak bisa dijelaskan atau tiba-tiba uang dalam rekening kita dan suami berkurang bisa jadi tanda bahwa suami menggunakan uangnya untuk berselingkuh.

Suami yang selingkuh membutuhkan pengeluaran tambahan untuk makan malam bersama, menyewa kamar hotel, membeli berbagai kado tambahan dan sebagainya. Jika Moms bertanya pada suami dan ia tidak bisa menjawabnya, bisa jadi satu pertanda kuat.

Baca Juga: Momen Lamaran Danny Rukmana, Mantan Suami Lulu Tobing

6. Jadwal yang Berubah

tanda suami selingkuh

Foto: entrepreneurbusinessblog.com

Tanda suami selingkuh yang selanjutnya adalah jadwal berubah. Misalnya jika suami tidak pernah bekerja lembur, tiba-tiba mulai lembur, dan itu mulai terjadi semakin sering, bisa jadi ia berbohong.

Jika pasangan tidak pernah pergi dalam perjalanan bisnis dan tiba-tiba sering melakukan perjalanan bisnis yang dikatakan untuk bekerja, hal ini bisa menjadi tanda bahwa suami sedang berlibur selingkuhannya.

7. Kerap Menyalahkan Moms

Tanda suami selingkuh selanjutnya adalah kerap menyalahkan Moms. Mereka cenderung merasionalisasi perilaku mereka (dalam pikiran mereka sendiri). Salah satu cara mereka melakukan ini adalah dengan menyalahkan Moms.

Mereka mengatakan pada diri sendiri bahwa Moms tidak terlihat seperti ketika baru menikah atau Moms tidak cukup berani berpetualang di kamar tidur, atau Moms tidak menghargai semua hal indah yang mereka lakukan, jadi mereka pantas memiliki sedikit kesenangan di tempat lain.

Seringkali, pembenaran internal mereka dilaukan untuk menghakimi Moms. Jika tiba-tiba Moms merasa tidak ada yang benar, atau hal-hal yang biasanya tidak mengganggu pasangan tiba-tiba terjadi, atau seolah Moms didorong menjauh, itu bisa menjadi indikasi kuat dari perselingkuhan.

8. Perubahan Sikap dari Teman-teman Suami

Tanda suami selingkuh yang selanjutnya adalah adanya perubahan sikap dari teman-teman suami. Soal perselingkuhan, Moms sebagai pasangan yang dikhianati hampir selalu jadi orang terakhir yang mengetahui fakta tersebut. Teman-teman suami sering kali tahu tentang perselingkuhan sejak awal, dan teman-teman Moms juga cenderung mengetahuinya jauh sebelum Moms.

Pengetahuan ini biasanya menyebabkan orang-orang ini merasa tidak nyaman berada di dekat Moms. Teman suami mungkin mencoba menghindari Moms atau bersikap terlalu baik kepada Moms.

Teman-teman Moms juga mungkin mencoba menghindari percakapan tentang hubungan Moms dan suami, dan mereka mungkin akan memberikan kompensasi yang berlebihan dengan bersikap sangat baik.

9. Keintiman Berkurang

tanda suami selingkuh

Foto: mirror.co.uk

Tanda suami selingkuh yang selanjutnya adalah keintiman berkurang. Setelah beberapa tahun, tidak ada hubungan yang sekuat beberapa bulan pertama pernikahan. Meskipun demikian, kita cenderung terikat dan terikat dengan aman seiring waktu, belajar untuk mempercayai satu sama lain dengan rahasia kita, keinginan kita, dan aspek penting lainnya dalam hidup kita.

Proses itu dikenal sebagai membangun keintiman emosional. Dan keintiman emosional itulah yang membuat kita terikat dengan orang penting kita lama setelah menikah. Jadi, jika pasangan Moms tiba-tiba tampak tidak terlalu rentan secara emosional dan intim dengan Moms dan tidak ingin Moms menjadi rentan dan intim secara emosional, itu adalah indikasi kuat bahwa fokus mereka telah bergeser - kemungkinan besar ke pasangan selingkuh.

10. Mengelak saat Bahas Perselingkuhan

Tanda suami selingkuh yang selanjutnya adalah mengelak saat bahas perselingkuhan. Jika suami selingkuh, hal terakhir di dunia yang ingin mereka lakukan adalah membicarakannya dengan Moms. Jadi, saat Moms memperkenalkan topik ini dalam percakapan, mereka mungkin mencoba menangkis dan menghindar.

Singkatnya, suami akan melakukan segala kemungkinan untuk mengarahkan Moms ke topik lain, atau mereka akan menyalahkan Moms atas apa yang Momspikirkan dan rasakan.

Baca Juga: 6 Hal Yang Haram Dilakukan saat Mengetahui Pasangan Selingkuh

11. Suka Berbohong

Tanda suami selingkuh yang selanjutnya adalah suka berbohong. Moms, jika Dads sudah mulai sering berbohong, bisa jadi ia tengah melakukan hal-hal yang tidak baik, selingkuh misalnya. Biasanya, untuk menutupi itu, ia akan berbohong tentang hal-hal kecil hingga hal-hal besar.

Tujuannya tentu saja agar Moms tidak menaruh curiga. Ada baiknya, Moms jangan dulu percaya 100 persen. Cari tahu dulu kebenaran dari apa yang ia katakan.

12. Pulang Kerja Terlambat

Tanda suami selingkuh yang selanjutnya adalah sering terlambat pulang kerja. Moms, sesekali suami pulang kerja terlambat mungkin hal normal. Tapi, jika hal ini terus terjadi, Moms patut curiga. Tidak sedikit orang yang menjadikan pertemuan dengan klien atau yang lainnya sebagai alasan untuk pulang kerja terlambat.

Moms perlu curiga juga jika alasannya mulai mengada-ngada dan tidak masuk akal.

13. Punya Teman-teman Baru

tanda suami selingkuh

Foto: Orami Photo Stock

Tanda suami selingkuh yang selanjutnya adalah punya teman-teman baru. Jika Dads tiba-tiba punya teman-teman baru, ini bisa jadi tanda suami selingkuh lho. Orang baru berarti lebih sedikit kesempatan untuk Moms bisa mencari tahu. Lingkaran sosial berubah, tetapi perubahan juga bisa berarti dia menemukan seseorang yang baru dan menarik yang tidak ingin Moms ketahui.

14. Menyebut Nama Perempuan Lain

Tanda suami selingkuh yang selanjutnya adalah menyebutkan nama perempuan lain. Secara tidak sadar, suami yang selingkuh, memanggil Moms dengan nama perempuan lain. Jika itu terjadi, Moms patut curiga ya.

15. Menuduh Moms Selingkuh

Tanda suami selingkuh yang selanjutnya adalah menuduh Moms selingkuh. Apakah dia menuduh Moms selingkuh tanpa alasan yang jelas? Dia mungkin mencoba membuat Moms mundur untuk mengalihkan perhatian dari perbuatannya sendiri.

Ini adalah bentuk gaslighting dengan mengalihkan fokus pada diri mereka sendiri dan pada Moms.

Baca Juga: 5 Cara Menghadapi Suami yang Selingkuh

16. Ganti Password Akun Media Sosial

tanda suami selingkuh

Foto: freephonespy.net

Tanda suami selingkuh yang selanjutnya adalah ganti password akun media sosial. Jika dia menyiapkan akun media sosial lain dan Moms tidak menyadarinya atau tidak mendapatkan akses seperti yang biasa Moms lakukan, itu adalah tanda bahaya lain bahwa ada sesuatu, atau seseorang, yang salah.

17. Tidak Jawab Panggilan saat Ponsel Berdering

Tanda suami selingkuh yang selanjutnya adalah tidak menjawab telepon saat berdering. Saat teepon berdering, wajar saja kita melihat siapa yang menelepon untuk kemudian memutuskan untuk mengangkatnya atau tidak. Namun, jika suami memutuskan untuk tidak menjawabnya, tetapi setelahnya ia diam-diam pergi ke tempat tersembunyi dan menelepon balik, bisa jadi ini tanda suami selingkuh Moms.

Jangan biarkan pikiran Moms menjadi terlalu liar, tetapi jika itu hampir selalu terjadi, catat saja dan lihat dengan tenang apakah Moms dapat mengetahui apa yang sedang terjadi.

18. Cari Masalah dengan Moms

tanda suami selingkuh: bertengkar dengan suami

Foto: Orami Photo Stock

Tanda suami selingkuh yang selanjutnya adalah cari masalah dengan Moms. Jika dia mencoba untuk berkelahi, itu mungkin berarti dia mencoba membuat celah di antara dirinya dan Moms sehingga itu akan membenarkan perselingkuhannya.

Ini adalah cara yang umum bagi pria yang dapat menggunakannya sebagai alasan untuk mengatakan bahwa pertengkaran dengan Moms membuatnya jatuh ke pelukan orang lain.

19. Meminta Moms untuk Berhenti Berbuat Baik pada Dads

Tanda suami selingkuh yang selanjutnya adalah meminta Moms untuk berhenti berbuat baik. Dikutip dari Psychology Today, terkadang ini dikenal sebagai sindrom rasa bersalah Katolik. Jika Moms bersikap baik dan perhatian, sebagaimana seharusnya dalam hubungan, konflik dalam dirinya bisa semakin meningkat jika dia berpikir untuk selingkuh atau sudah melakukannya.

Dengan meminta Moms untuk tidak berbuat baik, rasa bersalahnya akan terasa berkurang.

20. Tiba-tiba Menyukai Hal yang Sebelumnya Dibenci

Tanda suami selingkuh yang selanjutnya adalah tiba-tiba menyukai hal yang sebelumnya dibenci. Moms, jika Dads tiba-tiba menyukai sesuatu yang sebelumnya tidak ia sukai, sebaiknya Moms curiga. Bisa jadi hal ini adalah hal yang disukai oleh "teman" barunya dan Dads hanya ingin terasa lebih dekat dengan "teman" barunya itu jika menyukai hal yang sama.

Baca Juga: 6 Tips Menghadapi Suami Selingkuh, Hindari Bertindak Impulsif

21. Pergi ke Tempat Terpisah

Tanda suami selingkuh yang selanjutnya adalah pergi ke tempat terpisah. Pernahkah Dads meminta Moms untuk pergi berlibur dengan anak-anak sementara ia tidak ikut karena harus tetap bekerja? Mungkin hal ini terdengar biasa ya. Tapi, coba pikirkan, bisa jadi kesempatan Moms tidak ada di kota yang sama digunakan Dads untuk bertemu dengan "teman" barunya tanpa diketahui Moms.

22. Tidak Bertengkar Sama Sekali

Tanda suami selingkuh yang selanjutnya adalah tidak bertengkar sama sekali. Kebalikan dari cinta bukanlah kebencian, tapi ketidakpedulian. Jika Moms mendapatkan apa yang diinginkan sepanjang waktu dan Dads menyerah pada hal-hal yang biasanya merupakan pertengkaran, maka Moms harus curiga.

Diskusi yang hidup dan bersemangat tentang apa yang harus dilakukan yang melibatkan kalian berdua sebenarnya adalah bagian dari pernikahan yang sehat. Tanpa itu, bisa jadi ini pertanda bahwa pernikahan bermasalah.

23. Lupa Hari-hari Penting

tanda suami selingkuh

Foto: Orami Photo Stock

Tanda suami selingkuh yang selanjutnya adalah lupa hari-hari penting. Apakah dia selalu pandai mengingat hari ulang tahun, hari jadi dan lain sebagainya? Apakah dia biasa membeli hadiah bagus yang tepat? Jika biasanya sepeti itu, Moms patut curiga saat Dads melupakannya. Bisa jadi itu tandanya Moms sudah tidak menjadi prioritas dalam pikirannya.

24. Menghindari Acara Keluarga

Tanda suami selingkuh yang selanjutnya adalah menghindari acara keluarga. Jika dia selingkuh, itu mungkin belum secara fisik, tetapi menghindari kontak keluarga bisa menjadi pertanda bahwa itu setidaknya sudah dilakukan secara emosional. Bisa jadi juga ia sedang menghindari pertemuan dengan anggota keluarga lain yang pernah melihatnya jalan bersama "teman" barunya.

25. Mempermalukan Moms di Depan Umum

Mempermalukan Moms di depan umum adalah bentuk merendahkan Moms dan itu terjadi sepanjang waktu, dan terlebih lagi ketika Moms menikah dengan seorang yang tidak bisa diandalkan. Ini juga bisa jadi tanda suami selingkuh karena ia sudah tidak lagi menghargai Moms.

Baca Juga: 4 Jenis Perselingkuhan Suami yang Patut Diwaspadai

26. Moody

tanda suami selingkuh

Foto: Orami Photo Stock

Tanda suami selingkuh yang selanjutnya adalah jadi sangat moody. Satu menit dia bangun dan bersemangat tentang banyak hal, tetapi saat berikutnya dia sedih dan depresi, khususnya karena dia harus menghabiskan waktu dengan Moms. Itu artinya, dia lebih bahagia jauh dari Moms.

27. Tidak Lagi Membicarakan Masa Depan Bersama

Tanda suami selingkuh yang selanjutnya adalah tidak lagi membicarakan masa depan bersama. Pembicaraan itu kadang-kadang diganti dengan "bagaimana jika kita berpisah" sebagai pancingan. Bisa jadi karena sudah ada orang lain atau hanya ketidakbahagiaan umum yang dia coba selesaikan.

Itu dia Moms beberapa tanda suami selingkuh yang perlu Moms waspadai. Amati terus ya, Moms.

Artikel Terkait