BALITA DAN ANAK
25 Agustus 2020

Tanda Anak Menderita Amandel dan Cara Alami Menyembuhkannya!

Kenali tanda-tandanya yuk, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Amandel adalah kelenjar di bagian belakang tenggorokan yang berfungsi untuk melawan infeksi dan bakteri. Amandel yang terinfeksi (tonsillitis) akan terlihat bengkak dan merah.

Tonsillitis ini sering terjadi pada anak-anak dan remaja usia 5 hingga 15 tahun yang jelas terlihat bila Si Kecil mengalami pilek dengan flu berat disertai batuk.

Tanda Anak Menderita Amandel

Salah satu tanda anak menderita amandel yang paling umum ialah bila Si Kecil mengeluh sakit tenggorokan dan sulit menelan. Hati-hati ya Moms, karena itu adalah salah satu gejala radang amandel yang bisa menyebabkan infeksi amandel atau disebut tonsillitis.

Informasi mengenai tanda anak menderita amandel penting sekali untuk mengurangi risiko infeksi yang semakin parah. Agar Si Kecil terhindar dari sakit amandel atau infeksi yang semakin parah, berikut beberapa tanda lainnya yang perlu Moms ketahui.

1. Terdapat Kelenjar di Bawah Rahang

Tanda-tanda Si Kecil Menderita Amandel 1.jpg

Foto: Freepik.com

Seperti yang dilansir The Royal’s Children Hospital Melbourne, salah satu tanda anak menderita amandel lainnya ialah terdapat pembesaran kelenjar getah bening di area bawah rahang atau tenggorokan.

Jika sudah ada tanda ini, biasanya Si Kecil akan mengalami gangguan penelanan dan sakit tenggorokan. Segera periksa ke rumah sakit untuk mengurangi infeksi dan komplikasi berlanjut pada amandel Si Kecil.

Baca Juga: 4 Cara Mengobati Radang Amandel Anak dengan Bahan Alami

2. Kesulitan Bernapas

Tanda-tanda Si Kecil Menderita Amandel 2.jpg

Foto: Pixabay.com

Demam dan kesulitan bernapas adalah tanda anak menderita amandel lainnya yang perlu Moms ketahui. Kesulitan bernapas ini dikhawatirkan dapat memperluas penyebaran infeksi pada amandel anak.

Perhatikan keadaan pernapasan anak saat sedang tidur. Jika Si Kecil terlihat kesulitan dalam bernapas, itu berarti amandelnya semakin terinfeksi dan perlu rujukan segera ke rumah sakit untuk diberikan antibiotik.

3. Sakit di Telinga

Tanda-tanda Si Kecil Menderita Amandel 3.jpg

Foto: Freepik.com

Selanjutnya, yang perlu Moms perhatikan ialah kondisi kesehatan telinga Si Kecil. Tanda dan gejala selanjutnya berdasarkan The Royal’s Children Hospital Melbourne ialah rasa sakit di bagian telinga anak.

Namun perlu dipastikan juga untuk memeriksa Si Kecil ke dokter terlebih dahulu karena dikhawatirkan bisa jadi itu adalah infeksi pada telinga yang berbeda.

Baca Juga: Perawatan Radang Amandel di Rumah

4. Demam dan Nafsu Makan Menurun

Tanda-tanda Si Kecil Menderita Amandel 4.jpg

Foto: Freepik.com

Tanda anak menderita amandel di bagian atas (sulit menelan dan sakit tenggorokan) akan membuat ia kesulitan saat sedang makan. Hal inilah yang mempengaruhi nafsu makannya, Moms.

Si Kecil akan cenderung malas untuk makan dan kemudian berakibat buruk pada metabolisme tubuhnya hingga menyebabkan demam selanjutnya. Bila demam berlangsung lebih dari 3 hari, jangan ragu untuk membawanya ke dokter.

5. Lesu dan Terlihat Tidak Sehat

Tanda-tanda Si Kecil Menderita Amandel 5.jpg

Foto: Freepik.com

Jika Moms melihat kelima tanda anak menderita amandel di atas pada Si Kecil, dapat dikatakan tanda terakhir ini sebagai peringatan paling penting. Selain lesu dan terlihat tidak sehat, beberapa anak-anak yang lebih tua usianya akan mengeluhkan sakit pada bagian kepala dan juga perutnya.

Baca Juga: 4 Minuman Sehat untuk Anak

Itulah tanda-tanda yang perlu diperhatikan untuk mengetahui apakah anak menderita amandel atau tidak. Menurut Mayo Clinic, apabila tanda-tanda atau gejala tersebut tidak hilang dalam waktu 24-48 jam, maka penting sekali segera periksa ke rumah sakit untuk penanganan terbaik.

Selanjutnya, Moms juga perlu untuk mencari informasi mengenai perawatan dan cara menyembuhkan Si Kecil setelahnya atau saat berada di rumah.

Cara Alami Menyembuhkan Si Kecil yang Menderita Amandel

Berikut ini adalah cara pengobatan yang bisa Moms lakukan dalam mengobati anak yang menderita amandel di rumah. Perlu diingat, jika anak baru pertama kali terjangkit amandel, lebih baik segera periksakan Si Kecil ke rumah sakit.

Tetapi, jika Si Kecil sudah memiliki penyakit amandel sebelumnya dan sudah mendapat perawatan dokter, beberapa cara mengobati amandel anak di rumah ini penting Moms simak guna membantu proses penyembuhan.

1. Minuman dan Makanan Hangat

Ini 6 Cara Mengobati Amandel pada Anak di Rumah 1.jpg

Foto: pexels.com

Cara pertama dalam usaha mengobati amandel anak di rumah yaitu dengan memberikan asupan hangat seperti sup, kuah kaldu, dan teh. Cairan hangat seperti inilah yang dapat menenangkan radang tenggorokan secara perlahan.

Selain itu, kandungan di dalam teh herbal yang dicampur dengan madu juga dapat menyembuhkan iritasi dan tanda anak menderita amandel.

Baca Juga: Radang Amandel Tidak Boleh Minum Es?

2. Hindari Makanan dengan Tekstur Keras

Ini 6 Cara Mengobati Amandel pada Anak di Rumah 2.jpg

Foto: pexels.com

Salah satu tanda anak menderita amandel atau tonsilitis yaitu kesulitan menelan. Selain memberikan rasa yang tidak nyaman, makanan bertekstur keras bisa memperparah radang tenggorokan, bahkan dapat menyebabkan iritasi.

Beberapa jenis makanan bertekstur keras yaitu biskuit, keripik, apel, wortel, dan roti panggang. Sebaiknya hindari jenis makanan ini dan ingat cara pertama di atas dalam memberikan minuman dan makanan hangat untuk Si Kecil.

3. Mengatur Kelembapan Ruangan

Ini 6 Cara Mengobati Amandel pada Anak di Rumah 3.jpg

Foto: pexels.com

Cara mengobati amandel anak di rumah bisa dilakukan dengan mengatur kelembapan ruangan. Moms bisa membeli cool mist modifider dalam melepaskan kembali kelembapan udara dalam ruangan, yang berguna untuk kenyamanan tenggorokan Si Kecil.

Tetapi Moms perlu membersihkan alat-alat tersebut setiap harinya untuk menghindari pertumbuhan jamur, serta bakteri yang lainnya.

Baca Juga: Moms, Ini Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati Radang Amandel pada Si Kecil

4. Hindari Berteriak

Ini 6 Cara Mengobati Amandel pada Anak di Rumah 4.jpg

Foto: freepik.com

Cara menyembuhkan amandel yang satu ini cukup penting, Moms, yaitu tidak berteriak. Dengan Si kecil berteriak, mungkin ia akan merasa bahwa tenggorookannya telah mereda sesaat, tetapi hal tersebut bisa menyebabkan iritasi amandel di kemudian hari.

5. Jangan Kumur-kumur dengan Air Garam

Ini 6 Cara Mengobati Amandel pada Anak di Rumah 5.jpg

Foto: pexels.com

Berbeda dengan orang dewasa pada umumnya, berkumur dengan air garam tidak dianjurkan ya Moms pada anak-anak dalam usaha meredakan amandel pada tenggorokan.

Risikonya dapat tersedak serta tertelan cairan garam tersebut. Maka dari itu, sebaiknya jangan mengajari Si Kecil berkumur dengan air garam ya, Moms.

Baca Juga: Pentingnya Mengonsumsi Makanan Sehat Sejak Kecil

6. Makanan Dingin untuk Menenangkan

Ini 6 Cara Mengobati Amandel pada Anak di Rumah 6.jpg

Foto: pixabay.com

Makanan dingin bertekstur lembut seperti smoothies, yoghurt, ice cream, bisa meredakan rasa sakit sementara dalam mengatasi ketika muncul tanda anak menderita amandel di rumah.

Selain itu, permen yang mengandung mint serta menthol juga bisa memberikan sensasi dingin yang menyegarkan pada tenggorokan Si Kecil.

Pemberian makanan dingin seperti ini tetap memerlukan konsultasi dokter, supaya menghindari risiko lainnya yang bisa saja terjadi.

Baca Juga: 3 Hal Ini Jadi Penyebab Utama Radang Amandel Anak

Itu dia Moms, tanda-tanda anak menderita amandel dan pengobatan alaminya yang bisa Moms lakukan sendiri di rumah.

Artikel Terkait