ORAMI MAGAZINE
19 Agustus 2019

Tangan dan Kaki Bayi Kuning, Apa Penyebabnya?

Apa yang menjadi penyebabnya?
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Melihat telapak tangan dan kaki bayi kuning, apa sih yang terlintas di benak Moms? Mungkin, Moms langsung teringat dengan jaundice yang memang sangat umum terjadi pada bayi.

Tetapi, faktanya tangan dan kaki kuning tidak selalu gejala dari jaundice. Penyebabnya tergantung pada usia Si Kecil saat ini. Setidaknya berikut merupakan beberapa penyebab telapak kaki dan tangan bayi berwarna kuning.

Jaundice pada Bayi Baru Lahir

Tangan dan Kaki Bayi Kuning, Apa Penyebabnya 1.jpg

Foto: raisingchildren.net.au

Mengutip situs parents, pada bayi muda, perubahan warna kuning pada kulit dikenal sebagai penyakit kuning atau jaundice. Ini merupakan masalah umum yang terjadi pada bayi baru lahir.

Jaundice disebabkan oleh bilirubin yang menumpuk di dalam darah bayi. Biasanya dalam waktu 1 atau 2 minggu setelah kelahiran, warna kulit bayi yang kekuningan akan mulai memudar.

Tetapi karena banyak Moms dan bayinya yang sudah meninggalkan rumah sakit segera setelah persalinan, beberapa bayi mungkin harus dirawat di rumah sakit pada usia 3-5 hari karena penyakit kuningnya lebih serius.

Baca Juga: Penanganan Bayi Kuning Karena Hiperbilirubin

Jika kadar bilirubin dalam darah bayi terlalu tinggi dan tidak segera diobati, jaundice dapat menyebabkan kernikterus, sejenis kerusakan otak.

Jaundice sendiri ditandai dengan kulit yang tampak kuning, mengantuk parah, tidak menyusu dengan baik, dan kehilangan berat badan.

Tangan dan Kaki bayi kuning disebabkan carotenemia

Tangan dan Kaki Bayi Kuning, Apa Penyebabnya 2.jpg

Foto: health.thefuntimesguide.com

Dikutip dari situs Toronto.com, Richard Theuer, seorang konsultan di Beech-Nut Nutrition, mengatakan bahwa pada bayi yang lebih tua, tangan dan kaki kuning dapat disebabkan oleh suatu kondisi yang disebut carotenemia. Ini merupakan kondisi berbahaya yang berhubungan dengan pola makan bayi.

Carotenemia berarti bayi memiliki kelebihan kadar karoten di dalam darahnya. Karoten adalah suatu zat yang membuat wortel berwarna oranye.

Baca Juga: ASI Bisa Sebabkan Bayi Kuning, Mengapa?

Adapun makanan yang dapat menyebabkan carotenemia adalah makanan-makanan dengan kadar karoten tinggi seperti wortel dan ubi jalar. Jadi, cobalah untuk berhenti memberi Si Kecil makanan-makanan tersebut selama beberapa minggu dan perhatikan apakah warna kuning di kulitnya memudar.

Cara termudah untuk membedakan antara jaundice dan carotenemia adalah dengan melihat mata bayi. Pada jaundice, bagian putih mata bayi juga terlihat kuning. Sementara pada carotonemia tidak.

Kulit Kuning Akibat Anemia Sel Sabit

Tangan dan Kaki Bayi Kuning, Apa Penyebabnya 3.jpg

Foto: sicklecelltrait.org

Dalam kondisi tertentu, menurut Livestrong, tangan dan kaki bayi kuning adalah akibat dari anemia sel sabit. Ini adalah salah satu kelainan genetik yang biasanya dapat didiagnosa sejak bayi baru lahir. Di Amerika Serikat, setiap negara bagian bahkan mewajibkan bayi baru lahir untuk di tes anemia sel sabit untuk diagnosa dini.

Baca Juga: Bayi Kuning Saat Baru Lahir? Ini Penyebab dan Cara Merawatnya

Bayi yang menderita anemia sel sabit biasanya menunjukkan gejala seperti tangan dan kaki kuning, pembengkakan pada tangan dan kaki, sering mengalami infeksi, pertumbuhan yang lambat, mengalami masalah penglihatan, dan sering merasa kesakitan.

Untuk mengetahui kondisi mana yang menyebabkan tangan dan kaki bayi kuning, segera bawa ke dokter agar mendapatkan pemeriksaan yang tepat dan mencegah terjadinya komplikasi.

Artikel Terkait