FASHION & BEAUTY
23 Februari 2019

Tangan Kering? Coba 4 DIY Bahan Alami untuk Menjaga Kelembapannya

Memakai sarung tangan saat tidur bisa membuat tangan lebih halus lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh mentari.delita
Disunting oleh mentari.delita

Foto: Goodhousekeeping.com

Untuk urusan kecantikan, perempuan akan memperhatian seluruh bagian tubuhnya, termasuk tangan. Tangan yang kering menjadi permasalahan serius bagiseoran perempuan. 

Ternyata, meskipun tak menjadi masalah yang terlihat secara jelas, namun tangan kering dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Seseorang bisa jadi malu untuk berjabat tangan karena tangan keringnya kasar.

Apakah Moms punya permasalahan serupa? Jangan khawatir dulu. Dikutip dari Annmariegianni.com, ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk membantu menjaga kelembapan tangan. Apa saja? Yuk kita lihat di bawah ini!

1. Buat Sabun Cuci Tangan Sendiri

636658653327629122 gettyimages 467706864

Foto: USAtoday.com

Hindari mencuci dengan sabun batang yang mengandung pembersih antibakteri astringen karena mereka akan membuat tangan terasa semakin kering. Tak hanya itu, hindari juga kandungan sodium lauryl sulfate, triclosan, pewarna sintetis, dan pewangi buatan, yang semuanya berdampak mengeringkan kulit.

Lebih baik cobalah untuk membuat sabun sendiri. Moms dapat menggunakan kombinasi hal-hal yang melembabkan dan menyembuhkan secara alami seperti yogurt, oatmeal, jus lidah buaya, susu kambing, dan minyak almond.

Baca Juga: 5 Penyebab Kulit Kering yang Sering Tidak Kita Sadari

2. Eksfoliasi dengan Lulur

220aff8e0431ba4788822736e6a17ad9

Foto: Pinterest.com

Lepaskan sel-sel kulit mati dengan menggosok tangan dengan scrub pengelupasan kulit setiap minggu. Berikut adalah empat resep sederhana untuk membuat lulur dari bahan alami.

  • ¼ cangkir soda kue + ½ cangkir minyak kelapa
  • ¼ cangkir gula merah + ¼ cangkir minyak zaitun
  • 3 sendok makan bubuk kopi + 1 sendok makan minyak biji anggur
  • ½ cangkir garam + ¼ cangkir minyak jojoba

Setelah memilih salah satu dari kombinasi di atas, pijat perlahan seluruh bagian tangan dengan gerakan memutar selama sekitar 30 detik. Biarkan kulit menyerap campuran selama 30 detik lalu bilas dengan air hangat.

3. Gunakan Pelembab dan Kaus Kaki

applying hand lotion

Foto: 100percentpure.com

Mengaplikasikan pelembab ke tangan Moms sebelum tidur adalah waktu yang tepat untuk hidrasi yang efektif karena tangan tak akan melakukan kegiatan apapun sepanjang malam. Pertama, pijat lembut tangan dengan lotion, biarkan pelembab meresap ke dalam kulit.

Untuk kelembutan ekstra, oleskan oklusif seperti shea butter sesudahnya. Kemudian gunakanlah sedikit trik untuk membuat pelembab bekerja lebih optimal.

Caranya selipkan sepasang kaus bersih di atas tangan untuk mengendapkan kelembaban di dalamnya. Atau, cobalah tidur dengan sarung tangan katun. Saat bangun, Moms akan takjub melihat betapa lembutnya tangan Moms!

Baca Juga: Ini Perbedaan Kulit Kering dan Psoriasis, Serta Cara Menanganinya

4. Lembabkan Tangan Dari Dalam

a pretty asian woman at home eating yogurt 1620x800

Foto: Yogurtinnutrition.com

Salah satu cara membuat kulit menjadi lembut adalah mengonsumsi vitamin. Ada beberapa vitamin yang bisa membantu Moms untuk melembapkan tangan dari dalam. Apa saja? Yuk kita lihat daftarnya!

  • Asam Lemak Omega-3: ikan dan minyak hati ikan kod fermentasi.
  • Vitamin E: kacang, biji, alpukat, bayam, dan labu.
  • Vitamin A: wortel, ubi jalar, kangkung, brokoli, telur, dan aprikot.
  • Seng: biji labu, buncis, jamur, dan yogurt.

Selain mengonsumsi makanan di atas, ingatlah untuk menghindari makanan yang mengandung gula olahan, karbohidrat olahan, dan makanan asin yang dapat menyebabkan kulit mengering.

Beberapa inspirasi DIY di atas mudah sekali bukan untuk Moms coba di rumah? Selamat mencoba!

(MDP)

Artikel Terkait