SELEBRITI
8 April 2019

Tasya Kamila dan Suami Ikut Kelas Edukasi Perawatan Anak, Apa Manfaatnya?

Kelas ini juga memabntu mencegah baby blues lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Memiliki anak tentu menjadi impian banyak orang. Apalagi untuk anak pertama, biasanya persiapannya luar biasa banyak. Hal itulah yang terjadi kepada pasangan muda Tasya Kamila dan Randi Bachtiar.

Bukan cuma materi, pasangan ini juga menyiapkan psikologis mereka untuk menyambut Si Kecil.

Apalagi pasangan ini terbilang muda, tentu mereka merasa perlu mempersiapkan hingga hal-hal sampai yang terkecil untuk kedatangan si buah hati. Beberapa waktu lalu, pasangan ini sampai mengikuti kelas persiapan memiliki anak.

Dalam unggahannya di Instagram, Tasya menyebutkan ini menjadi kelas pertamanya. Dia dan Randi mengikuti kelas ini karena sangat penting.

Kelas pertama yang diikutinya mengenai menyusui, keadaan pascamelahirkan, dan bagaimana mengurus bayi yang baru lahir.

Tidak hanya Tasya, Randi juga dilibatkan, termasuk saat membuat bengkung, memandikan bayi, dan membedong bayi.

Waktu Moms hamil Si Kecil apakah juga mengikuti kelas seperti ini? Ternyata kelas seperti ini banyak manfaatnya lho Moms.

Apa saja sih manfaatnya untuk persiapan calon orang tua? Berikut daftarnya.

Baca Juga: 4 Hal yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Persalinan

1. Demi Persiapan yang Maksimal

belly couple expecting 208509

Dengan kelas memiliki anak, ibu akan siap secara maksimal sehingga tidak terlalu bingung saat Si Kecil sudah lahir ke dunia. Kalau zaman dahulu banyak yang hanya mempersiapkan kebutuhan Si Kecil, saat ini keperluan dan kesiapan si ibu juga sangat penting.

Dikutip dari Verywellfamily.com, Jill Ceder, psikoterapis dari Amerika Serikat, mengatakan bahwa sangat wajar jika calon orang tua merasa gembira sekaligus takut menyambut kelahiran anak mereka.

"Untuk melegakan keresakan mereka, banyak calon orang tua mengambil kelas persiapan persalinan dan perawatan bayi," tuturnya.

Kelas seperti ini tentu akan membuat pasangan calon bapak dan ibu bisa maksimal dalam persiapan. Termasuk juga bagaimana menyusui dan agar tidak panik saat ASI belum terlalu banyak pada awal-awal kelahiran Si Kecil.

Ditambah lagi, persiapan yang maksimal juga akan mengurangi kebingungan Moms, saat banyak saran baik dari orang tua maupun teman yang telah lebih dahulu memiliki anak.

2. Mempersiapkan Calon Ayah

adult adults baby 1467382

Zaman sekarang bukan hanya ibu yang terlibat dalam pertumbuhan Si Kecil, namun juga si ayah. Jadi keputusan yang sangat tepat saat Tasya mengajak serta Randi untuk mempersiapkan diri mereka menjadi orang tua baru.

Apalagi saat masa-masa emas, tentu keterlibatan ibu dan bapak sama pentingnya. Selain itu, saat Si Kecil lahir, ayah akan cenderung bingung apa yang harus dilakukan saat Si Kecil menangis dan lain-lain.

Dengan memiliki ilmu, ayah tentu akan sangat membantu tugas ibu baru yang acap kali kebingungan.

Ceder menuturkan, dalam kelas persiapan persalinan dan perawatan bayi, banyak sekali hal yang bisa dipelajari oleh calon orang tua, termasuk si ayah. Kelas ini akan sangat membantu calon orang tua untuk tidak panik ketikan menghadapi situasi tersebut.

"Mulai dari proses persalinan, pemulihan, memberikan susu kepada bayi, menidurkan, memandikan, hingga menenangkan ketika Si Kecil rewel," jelas Ceder.

Baca Juga: Cara Merawat Bayi Baru Lahir

3. Mengurangi Risiko Baby Blues

adult baby bed 225744

Saat menjadi orang tua baru, Moms akan berharap menjadi orang tua yang sempurna. Padahal pikiran-pikiran itu akan memicu stres dan lebih buruk baby blues.

Dengan kelas persiapan menjadi orang tua, Moms akan belajar bagaimana saat Si Kecil baru lahir dan tidak akan merasa terlalu tertekan karena ketidaktahuan Moms dan hal itu akan mengurangi risiko baby blues.

Selain itu, calon ayah juga sudah memiliki ilmu bagaimana tanda-tanda dan tahu bagaimana menghadapi si ibu kalau sampai baby blues.

Ternyata hal yang penting ya Moms? Kalau Moms, dulu persiapannya apa saja sih dalam menunggu kelahiran Si Kecil?

(TPW/AND)

Foto: Instagram.com/tasyakamila, Pexels.com

Artikel Terkait