PASCA MELAHIRKAN
17 Mei 2019

Tasya Kamila sudah Syuting 3 Hari setelah Melahirkan, Ini Rahasia Cepat Pulih Pascaoperasi Caesar

Moms bisa cepat beraktivitas kembali pascaoperasi caesar
placeholder

Foto: Instagram.com/tasyakamila

placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Umumnya Moms yang melahirkan melalui operasi caesar memerlukan waktu untuk pulih lebih lama dibandingkan melahirkan normal.

Namun aktris cantik Tasya Kamila, sudah terlihat sehat dan menjalani kegiatannya seperti biasa pasca operasi. Padahal dirinya baru melahirkan dengan operasi caesar pada 13 Mei 2019 lalu.

Hal ini diketahui dari unggahan Instagram Storier @tasyakamila. Dalam unggahan tersebut terlihat wajah Tasya sudah dirias oleh MUA terkenal Bubah Alfian.

“H+3 lahiran langsung kembali centil. Thank you kak @bubahalfian,” tulis Tasya Kamila dalam Instagram Stories-nya.

Menurut dr Thomas Chayadi, SpOG, dokter spesialis kebidanan dan kandungan Rumah Sakit Pondok Indah - Puri Indah, ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan agar dapat cepat pulih dari operasi caesar. Apa saja sih? Yuk ikuti tips di bawah ini.

Baca Juga: Ini Cara Tepat Mengecilkan Perut Pasca Operasi Caesar

1. Jangan Mengangkat Barang Berat dan Melakukan Aktivitas yang Berat

luka akibat operasi caesar, operasi caesar

Moms harus menghindari melakukan aktivitas yang melelahkan pascaoperasi. Mengangkat barang yang berat bisa menimbulkan kerusakan pada otot perut dan bekas luka akibat operasi caesar, apalagi jika dilakukan terlalu cepat. Setidaknya selama 2 bulan pertama pascaoperasi, Moms hindari hal ini.

2. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

luka akibat operasi caesar, operasi caesar

Moms yang menyukai makanan pedas, perlu berpantang dulu untuk mengonsumsi makanan ini. Jika tidak, kita mungkin akan terserang diare. Akibatnya, jadi harus lebih sering ke toilet dan menjadi banyak mengejan, sehingga pemulihan luka menjadi lebih lama.

Sementara itu, makanan yang mengandung gas juga perlu dihindari. Jenis makanan ini dapat membuat produksi gas meningkat, sehingga berefek pada rasa tidak nyaman di perut dan bahkan nyeri di area bekas luka operasi.

3. Jangan Malas Bergerak

luka akibat operasi caesar, operasi caesar

Moms memang disarankan untuk mendapat cukup istirahat pascaoperasi. Namun hal ini tidak berarti kita boleh tidur sepanjang hari.

Justru agar cepat pulih, harus dibarengi juga dengan aktivitas ringan seperti jalan kaki di kompleks perumahan. Selain untuk memulihkan stamina tubuh, juga membantu meregangkan betis dan melenturkan kaki untuk meningkatkan sirkulasi darah.

"Jangan malas bergerak karena mobilisasi juga penting untuk penyembuhan luka," kata dr Thomas.

Baca Juga: Melahirkan Anak Pertama, Tengok Cantiknya Penampilan Tasya Kamila Semasa Hamil

4. Jangan Sering Naik Tangga

luka akibat operasi caesar, operasi caesar

Akan berbahaya jika kita naik dan turun tangga terlalu sering. Hal ini dapat berpengaruh pada luka akibat operasi caesar yang mungkin belum kering benar, sehingga dikhawatirkan luka tersebut akan terbuka.

5. Jangan Tertawa Terlalu Keras

luka akibat operasi caesar, operasi caesar

Hindari tertawa dan bersin terlalu keras. Hal ini dapat menyebabkan bekas luka caesar terasa sakit.

Baca Juga: Perawatan Pasca Tindakan Operasi Cesar, Bagaimana Merawat Jahitan Agar Tidak Infeksi?

6. Hindari Mandi Terlalu Lama dan Mengenakan Celana Berbahan Ketat

luka akibat operasi caesar, operasi caesar

Setidaknya luka akibat operasi caesar tidak terkena air dulu selama 24-48 jam. Hal ini dimaksudkan agar luka tersebut bisa kering sedikit terlebih dahulu. Jika ingin membersihkan diri, Moms bisa tetap berhati-hati atau minta bantuan keluarga untuk mengelap badan kita.

Usahakan untuk tidak mengenakan celana berbahan ketat juga, agar luka bekas operasi tidak tertekan dan mengakibatkan timbulnya rasa ngilu.

Itulah hal-hal penting yang harus Moms lakukan dan hindari pasca operasi caesar. Jika semuanya dilakukan dengan benar, maka proses penyembuhan luka pun bisa berjalan cepat.

Artikel Terkait