3-5 TAHUN
31 Oktober 2019

7 Tata Krama yang Harus Diajarkan pada Anak

Penting untuk diajarkan agar anak tidak tumbuh menjadi pribadi yang kasar dan tidak sopan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Melihat anak kita tumbuh dengan baik, bukan hanya dalam hal kesehatan saja, namun juga tata krama adalah impian setiap orang tua.

Namun terkadang hidup memang tidak seindah cerita-cerita di televisi. Ada kalanya Si Kecil tumbuh menjadi anak yang galak, kasar, dan mungkin tidak sopan.

Sebenarnya hal ini tidak terjadi secara sengaja. Bisa jadi hal ini dikarenakan anak tidak mengetahui tata krama dasar yang harusnya dia pelajari sejak usia dini.

Baca Juga: Ajarkan Nilai Kerja Sama pada Si Kecil dengan 4 Aktivitas Sederhana Ini

Misalnya seperti menginterupsi obrolan orang tua, berbicara sambil mengunyah makanan, atau makan dengan bersuara. Hal-hal ini merupakan kesalahan yang dianggap tidak sopan.

"Mengirimkan anak ke dunia tanpa mengetahui norma-norma sosial akan membuat anak mengalami masalah," tutur Sheryl Eberly, ibu dari tiga orang anak dan penulis 365 Manners Kids Should Know.

Dan seringkali saking sibuknya orang tua bekerja, Moms dan Dads lupa untuk mengajarkan tata krama dasar pada anak.

Agar Si Kecil dapat tumbuh dengan sopan, baik, dan disukai banyak orang, yuk Moms ajari beberapa tata krama dasar anak di bawah ini!

1. Mengucapkan Tolong, Terima Kasih, Maaf, dan Permisi

tata krama dasar anak

Ini bisa di bilang tata krama paling dasar yang harus dipahami oleh setiap anak kecil.

Penting bagi kita untuk mengajarkan tata krama mengucapkan tolong, saat ia membutuhkan bantuan dari orang lain, juga ucapkan terima kasih saat diberi hadiah atau telah ditolong oleh seseorang.

Ada lagi hal yang tidak boleh dilupakan, yaitu mengucapkan kata permisi dan maaf.

Saat membutuhkan perhatian orang lain dengan segera, atau saat ingin lewat di depan seseorang, ucapkan kata permisi. Lalu saat melakukan sebuah kesalahan, jangan lupa menyebutkan kata maaf.

"Berperilaku sopan adalah cara hidup, bukan hanya sesuatu yang dilakukan saat butuh saja," kata Robin Thompson, pendiri etiket-network.com dan Sekolah Pesona Robin Thompson di Pekin, Illinois.

Ajarkan tata krama dasar anak ini dalam setiap kesempatan, sehingga akan tertanam dalam diri Si Kecil secara alami.

Baca Juga: 5 Norma Kesopanan yang Harus Anda Tahu

2. Mengetuk Pintu

tata krama dasar anak

Anak juga perlu mengerti mengenai privasi seseorang, terutama saat di rumah.

Mereka harus tahu bahwa mengetuk pintu dan meminta izin sebelum memasuki ruangan adalah tindakan hormat yang harus dipelajari.

Moms bisa melakukannya di depan anak untuk memberikan contoh, makan hal ini akan menjadi kebiasaan Si Kecil ke depannya.

3. Menutup Mulut Saat Batuk dan Bersin

Membedakan Penyebab Pilek Pada Bayi, Karena Virus atau Alergi 2.jpg

Tata krama dasar anak lainnya adalah mengajarkan buah hati kita untuk menutupi mulutnya saat bersin atau batuk.

Juga ajarkan bahwa mengupil di depan umum adalah tindakan yang tidak sopan dan kasar. Hal ini tidak hanya berkaitan dengan tata krama yang baik, namun juga kebersihan.

Jika situasinya anak sedang flu dan bersin, tentu akan terlihat jorok jika ia tidak melap hidungnya dengan benar.

"Jika orang tua melihat hal ini, jangan memarahinya. Tapi tawarkan tisu untuk melap hidungnya," ucap Robin Thompson.

4. Mengolok-olok Orang

tata krama dasar anak

Hal ini harus diajarkan pada anak sedini mungkin. Jika tata krama dasar anak ini tidak diajarkan, Si Kecil akan berpikir bahwa tidak ada salahnya mengolok-olok orang lain.

Mereka harus diajarkan bahwa menyakiti perasaan orang lain dengan mengolok atau mem-bully di tempat umum adalah perbuatan yang jahat.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Balita Menjadi Pelaku Bullying

5. Sikap Hormat Terhadap Orang yang Lebih Tua

tata krama dasar anak

Sikap hormat tidak hanya kita tunjukkan pada orang tua saja, namun pada orang yang lebih tua juga harus.

Mereka harus diajarkan untuk menunjukkan rasa hormat kepada orang tua, kakek dan nenek, guru, dan orang dewasa lainnya yang mereka temui. Salah satu cara paling mudah adalah dengan memberikan salam.

6. Mengingat Nama Orang

tata krama dasar anak

Memanggil dan mengingat nama seseorang dengan baik, menunjukkan bahwa kita berusaha untuk mengenali dan mengingat orang tersebut.

Ajari anak mulai dari mengenali nama-nama keluarga, lalu temannya, dengan menyebutkannya secara benar saat bertemu orang tersebut.

Baca Juga: Begini Cara Membiasakan Anak Ucapkan Tolong, Terima Kasih, dan Maaf

7. Tidak Menunjuk dan Menatap Seseorang

boy-pointing-up_23-2147982485.jpg

Jelaskan pada anak, bahwa menunjuk seseorang dan menatap mereka adalah hal yang kasar dan tidak sopan. Katakan, jika menunjuk seseorang, bahwa tiga jari lainnya akan menunjuk pada diri kita sendiri.

Mengajarkan tata krama dasar anak ini pada Si Kecil, akan membantu mereka untuk tumbuh menjadi anak yang baik dan sopan. Katakan bahwa hal ini penting demi masa depannya.

Artikel Terkait