TRIMESTER 2
22 Desember 2019

Tea Tree Oil untuk Mengatasi Jerawat saat Hamil, Amankah?

Tidak bisa sembarangan menggunakan tea tree oil ketika hamil!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Erwanto
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Mengalami masalah jerawat saat hamil adalah hal yang wajar, Moms. Dilansir dari American Pregnancy Association, hormon yang meningkat selama kehamilan menjadi penyebab utama perubahan kondisi kulit dan munculnya jerawat.

Salah satu produk yang sudah lama dipercaya dapat menangani jerawat adalah tea tree oil. Namun, apakah tea tree oil aman digunakan saat hamil? Mari simak ulasannya!

Baca Juga: Bolehkah Menggunakan Obat Jerawat Saat Hamil?

Tea Tree Oil untuk Mengatasi Jerawat saat Hamil

tea tree oil saat hamil

Jill Edwards, N.D., dokter pengobatan natural spesialis perawatan kehamilan asal Oregon, mengatakan bahwa kita tidak boleh menggunakan minyak esensial pada trimester pertama kehamilan, sebab bisa menghambat tahapan awal perkembangan janin.

“Pada trimester kedua dan ketiga, beberapa essential oil aman digunakan karena bayi sudah lebih kuat,” ujar Edwards.

National Association for Holistic Aromatherapy menyatakan bahwa kekhawatiran utama dalam menggunakan minyak esensial selama kehamilan adalah bahan aktifnya yang bisa masuk ke dalam plasenta.

Sebenarnya, hal itu belum tentu bisa menimbulkan bahaya, tapi kita harus lebih berjaga-jaga dalam penggunaannya.

National Association for Holistic Aromatherapy pun menyimpulkan bahwa tea tree oil adalah salah satu minyak esensial yang aman digunakan saat hamil. Tapi kita harus mencampurnya dengan carrier oil seperti minyak zaitun atau minyak kelapa sebelum mengaplikasikannya pada kulit.

Dalam memakai tea tree oil untuk mengatasi jerawat saat hamil, Emily Sisco, CNM, bidan bersertifikat di Mayo Clinic Health System menyarankan agar memulainya dengan 1 tetes, lalu ditingkatkan menjadi 3-5 tetes.

“Kehamilan bisa meningkatkan kepekaan terhadap bau, jadi menggunakan banyak minyak esensial secara langsung bisa membuat mual,” terangnya.

Baca Juga: Salicylic Acid untuk Ibu Hamil, Aman atau Tidak ya?

Mengatasi Jerawat saat Hamil

tea tree oil saat hamil

Selain memakai tea tree oil untuk mengatasi jerawat saat hamil, American College of Obstetricians and Gynecologists memberikan beberapa cara yang bisa Moms lakukan:

  • Bersihkan wajah dua kali sehari dengan sabun lembut dan air bersuhu ruangan
  • Kalau Moms punya rambut berminyak, keramaslah setiap hari dan jaga jangan sampai rambut mengenai wajah
  • Jangan memencet jerawat untuk mencegah timbulnya luka bekas jerawat
  • Gunakan kosmetik dengan klaim bebas minyak

Baca Juga: Zinc Oxide pada Skincare, Apa Manfaatnya?

Bila Moms masih ragu untuk menggunakan tea tree oil untuk mengatasi jerawat saat hamil, Moms bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan agar mendapatkan solusi terbaik.

Artikel Terkait