PASCA MELAHIRKAN
26 Oktober 2020

5 Rekomendasi Teh Pelancar ASI, Bisa Jadi Pilihan Moms!

Ini dia rekomendasi teh pelancar ASI untuk Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Amelia Puteri

Jika Moms ingin meningkatkan produksi ASI, Moms bisa coba konsumsi teh pelancar ASI.

Selama berabad-abad, herbal terlah digunakan untuk sebagai galaktagog untuk membantu wanita menghasilkan banyak ASI.

Jurnal Breastfeeding Medicine menyebutkan bahwa kombinasi beberappa tanaman herbal dapat mendukung produksi ASI dan meningkatkan relaksasi. Salah satu cara paling umum dan tradisional untuk meracik ramuan tersebut dengan membuat teh.

Apakah Aman Konsumsi Teh Pelancar ASI?

teh pelancar ASI-1

Foto: Orami Photo Stock

Teh herbal untuk menyusui umumnya dianggap aman, tetapi selalu ada pengecualian. Karena ada banyak merek dan toko berbeda yang menawarkan teh perawatan herbal, baca labelnya dengan cermat dan periksa untuk memastikan setiap bahan aman.

Banyak tumbuhan yang digunakan dalam teh menyusui telah digunakan sebagai obat sepanjang sejarah.

Shiraz E-Med Journal menyebutkan bahwa teh herbal yang mengandung biji adas dapat memperbanyak produksi ASI. Namun, sama seperti obat lain, teh herbal juga dapat memiliki efek samping kalau dikonsumsi dalam dosis tinggi.

Moms, harus selalu konsultasi dengan dokter atau konsultan laktasi sebelum menggunakan suplemen atau teh pelancar ASI ya. Karena konsultan kesehatan akan memberikan saran yang tepat dalam konsums teh pelancar ASI tersebut.

Baca Juga: Resep Lactation Cookies, Kue Pelancar ASI

Kapan Mulai Menggunakan Teh Pelancar ASI?

teh pelancar ASI-2

Foto: Orami Photo Stock

Setelah mendapatkan saran dari dokter atau konsultan laktasi jenis teh pelancar ASI yang aman, Moms pasti ingin segera mencobanya kan.

Saat mulai mencoba teh pelancar ASI, sebaiknya dilakukan secara bertahap atau sedikit demi sedikit. Hal ini sangat disarankan karena dapat menurunkan risiko efek samping dari teh pelancar ASI tersebut.

Dosis yang dibutuhkan setiap orang berbeda-beda. Dosis rendah mungkin bekerja sangat baik untuk beberapa wanita sementara dosis yang sangat tinggi tidak akan bekerja sama sekali untuk orang lain.

Bagaimana Cara Menyiapkan Teh Pelancar ASI?

teh pelancar ASI-3

Foto: Orami Photo Stock

Teh pelancar ASI bisa dibuat langsung di cangkir atau menggunakan teko kecil. Periksa petunjuk dalam kemasan, karena ada kemungkinan beda merek, beda pula cara penyajiannya.

Lama waktu merendam teh di dalam air panas akan menentukan kekuatan teh, dan bervariasi tergantung pada herba yang digunakan.

Secara umum, seduh satu hingga tiga menit untuk mendapatkan teh dengan dosis rendah dan lima menit atau lebih untuk dosis yang lebih kuat.

Beberapa teh herbal pelancar ASI akan semakin pahit, jadi Moms tidak perlu merendamnya terlalu lama.

Kebanyakan teh pelancar ASI dikonsumsi beberapa kali di siang hari. Namun, teh akan berbahaya jika diminum terlalu banyak. Moms tidak dianjurkan untuk minum teh pelacara ASI lebih dari 32 ons perhari.

Periksa pedoman keamanan teh uang Moms beli dan konfirmasi dengan penyedia layanan kesehatan.

Baca Juga: Mudah Diikuti dan Nikmat, Ini 5 Resep Makanan Pelancar ASI

Apa Saja Teh Pelancar ASI Terbaik?

teh pelancar ASI-4

Foto: Orami Photo Stock

Melansir Very Well Family, teh pelancar ASI terbaik adalah yang mengandung fenugreek, blessed thistle, adas, jelatang, galega officinalis atau rue kambing, daun alfalfa, milk thistle, anis (adas manis), akar marshmallow, daun raspberry, ketumbar, jintan dan verbena.

Menggabungkan beberapa jenis herbal tersebut dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI. Karena konsumsi ramuan dari bahan-bahan tersebut dapat memberikan efek relaksasi sehingga Moms akan merasa lebih tenang selama proses menyusui.

Moms juga dapat membuat sendiri teh pelancar ASI dengan ramuan yang sudah disebutkan sesuai dengan yang disukai atau yang paling cocok untuk Moms.

Namun, perlu saat menyiapkan ramuan sendiri, Moms harus membeli herba berkualitas tinggi dari sumber yang dapat dipercaya.

Selain itu, Moms juga harus memperhatikan tanaman yang herbal yang dipilih sebagai campuran teh pelancar ASI tersebut dapat memberikan efek samping atau tidak.

Karena tidak sedikit tumbuhan herbal yang dapat mengeluarkan racun jika tidak dikelola dengan benar.

Baca Juga: Bagaimana Cara Agar Produksi ASI Melimpah?

Rekomendasi Teh Pelancar ASI untuk Moms

Kalau Moms tidak ingin membuat teh pelancar ASI sendiri di rumah, Moms dapat membeli teh menyusui yang disiapkan secara komersial di toko bahan makanan, apotek, toko vitamin, atau online.

Setiap merek memiliki kombinasi ramuan uniknya sendiri yang dirancang untuk meningkatkan relaksasi dan mendukung suplai ASI yang sehat. Berikut rekomendasi teh pelancar ASI untuk Moms!

1. MamaBear Teh Pelancar ASI

xx teh pelancar ASI

Foto: orami.co.id

Minuman teh pelancar ASI MamaBears terbuat dari bahan-bahan alami seperti fenugreek, kelor, curcuma, adas manis, adas dan habatussauda. Produk ini terbuat dari 100% bahan herbal, halal dan aman untuk dikonsumsi.

Kemasannya juga praktis bisa dibawa kemana-mana karena berbentuk teh celup yang siap diseduh, tanpa efek samping, tidak menyebabkan ketergantungan serta bisa ditambahkan gula atau madu sesuai selera.

Baca Juga: Cara Agar Produksi ASI Lancar dan Melimpah Setelah Melahirkan

2. Traditional Medicinals Organic Mother’s Milk Tea

xx teh pelancar ASI

Foto : verywellfamily.com

Selain organik, produk teh pelacar dengan rasa licorise ini bebas kafein dan mengandung berbagai jenis tanaman herbal yang baik untuk ibu menyusui.

Seperti adas manis, adas pahit, ketumbar, fenugreek, blessed thistle, daun spearmint, daun serai, daun lemon verbena, dan akar marshmallow.

3. Earth Mama Organics Milkmaid Nursing Tea

xx teh pelancar ASI

Foto: verywellfamily.com

Produk yang satu ini bebas kafein, halal dan mengandung herbal alami seperti adas, fenugeek, daun raspberry merah, jelatang, milk thistle, kulit jeruk, biji adas manis, biji jintan dan daun alfalfa.

Baca Juga: Selain Katuk, Ketahui 5 Makanan Pelancar ASI Ini

4. Fairhaven Health Milkies Nursing Time Tea

xx teh pelancar ASI

Foto: verywellfamily.com

Nursing Time Tea tidak berupa teh kantong, tapi berbentuk bubuk. Terdiri dari biji adas, rue kambing, blessed thistle, alfalfa, biji adas manis, dan lemon verbena. Semuanya alami, bebas kafein dan memiliki rasa lemon.

5. Bell Lifestyle #32 Nursing Mother’s Tea

xx teh pelancar ASI

Foto: verywellfamily.com

Nursing Mother’s Tea adalah teh yang terdiri dari tanaman herbal, seperti fenugreek, milk thistle dan marshmallow. Moms yang ingin variasi ASI booster, bisa coba rekomendasi teh pelancar ASI terbaik di atas ya, Moms.

Itu dia Moms, hal-hal yang bisa diketahui tentang teh pelancar ASI. Ingat, jika Moms merasa ragu tentang kandungan bahannya, bisa langsung berkonsultasi dengan ahli laktasi atau dokter, ya.

Artikel Terkait