KEHAMILAN
10 Agustus 2020

Teh untuk Program Hamil, Meningkatkan Kesuburan?

Fakta atau mitos ya, Moms?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Dina Vionetta

Ketika mencari informasi di internet mengenai cara agar bisa cepat hamil, salah satu yang mungkin akan Moms temukan adalah dengan minum teh.

Adapun teh yang paling direkomendasikan adalah teh hijau dan teh herbal.

Tetapi apakah manfaat teh untuk program hamil sudah terbukti?

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Stres Saat Menjalani Program Hamil

Teh Hijau dan Teh Herbal, Apa Bedanya?

Teh Membantu Cepat Hamil, Mitos atau Fakta? 1

Foto: pexels.com

Sebelum mencari tahu mengenai manfaat teh untuk program hamil, mari kira bahas terlebih dahulu mengenai perbedaan antara teh hijau dan teh herbal.

Menurut situs Harvard Health Publishing, teh hijau dan teh hitam berasal dari tanaman yang sama, yaitu Camellia sinensis yang banyak tumbuh di daerah pegunungan di Cina, India, dan negara-negara lain. Perbedaan di antara keduanya hanyalah pada proses setelah daun dipetik dan dibiarkan layu.

Untuk membuat teh hijau, daun teh dikukus atau dipanaskan dalam waktu singkat untuk menghentikan oksidasi, proses kimia yang menyebabkan warna daun teh menjadi kecoklatan.

Sementara untuk membuat teh hitam, daun teh dihancurkan, dicacah, atau digulung lalu dibiarkan teroksidasi sebelum dikeringkan. Di mana proses ini dianggap dapat menurunkan flavanoid. Akibatnya, teh hitam mengandung flavanoid dalam tingkat yang lebih rendah dari teh hijau.

Berbeda dengan teh hijau ataupun teh hitam, teh herbal bukan dihasilkan dari daun teh melainkan dibuat dari berbagai jenis tanaman herbal, rempah-rempah, dan taman lain seperti mint, kayu manis, licorice, dan jahe.

Baca Juga: 4 Kebiasaan yang Perlu Dihentikan Supaya Program Hamil Berhasil

Teh Untuk Program Hamil:

Berikut ini adalah teh yang direkomendasikan untuk program hamil, Moms.

1. Teh Hijau

Teh Membantu Cepat Hamil, Mitos atau Fakta? 2

Foto: unsplash.com

“Teh hijau, mengandung vitamin B dan folat, yang merupakan asam folat alami. Ini (teh hijau) juga mengandung mineral, seperti magnesium, kafein, dan antioksidan seperti polifenol,” jelas Sasha Watkins, RD, BSc, ahli dan konsultan diet terdaftar yang berbasis di London, seperti dikutip dari situs Baby Centre UK.

Polifenol berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang dapat menyebabkan kanker dan penyakit lainnya.

Polifenol juga dapat mengurangi inflamasi dan meningkatkan peredaran darah ke jaringan tubuh.

Manfaat inilah yang kemudian dipercaya baik bagi kesuburan dan peluang hamil. Bahkan ini membuat teh hijau disebut sebagai pilihan terbaik teh untuk program hamil.

“Senyawa yang ditemukan pada teh hijau memang menawarkan sejumlah manfaat untuk kesehatan, tetapi penelitian terkait manfaatnya untuk kesuburan masih sangat sedikit. Tidak ada bukti jelas yang menunjukkan bahwa minum teh hijau dapat membantu Anda cepat hamil,” kata Sasha Watkins.

Selain itu, meskipun beberapa penelitian, seperti salah satunya yang diterbitkan di Acta Obstetricia et Gynecologia Scandinavica, tidak menemukan adanya hubungan yang jelas antara kafein dan masalah kesuburan, kafein tetaplah stimulan yang dapat menyebabkan masalah kesehatan ketika dikonsumsi terlalu banyak.

Baca Juga: Program Hamil Bayi Kembar, Mulai dari Cara Alami Hingga Medis

2. Teh Herbal

Teh Membantu Cepat Hamil, Mitos atau Fakta? 3

Foto: unsplash.com

“Teh herbal telah digunakan selama lebih dari 2500 tahun,” kata Mike Barkley, L.Ac, direktur The Barkley Center for Reproductive Wellness and Women’s Health, seperti dikutip dari situs Hello Motherhood.

“Teh herbal sebenarnya adalah infusi yang tidak mengandung daun teh. Komponen-komponennya biasanya air dan buah-buahan kering, akar-akaran, kulit kayu, bunga atau daun tanaman.”

Lebih lanjut Mike Barkley mengatakan bahwa teh herbal dapat membantu wanita dengan kadar FSH yang terlalu tinggi, endometriosis, PCOS, dan penyebab infertilitas non struktural lainnya. Ia juga mengatakan bahwa teh herbal dapat digunakan untuk mengatasi infertilitas faktor pria.

Namun, meskipun sebuah penelitian dalam Journal of Pharmaceutical Science and Research, menunjukkan bahwa teh herbal dari daun raspberry merah baik untuk wanita hamil atau yang sedang mencoba hamil, lagi-lagi belum ada bukti yang cukup kuat untuk membuktikan bahwa teh herbal dapat membantu cepat hamil.

Jadi, itulah penjelasan mengenai manfaat teh untuk program hamil. Jika dirasa informasi di atas masih kurang memuaskan, silahkan konsultasikan lebih lanjut dengan dokter Moms.

Baca Juga: Ini Dia 4 Kelebihan Bayi Tabung Dibandingkan dengan Program Hamil Lainnya

Artikel Terkait