KEHAMILAN
26 Maret 2020

6 Teknik Meditasi untuk Ibu Hamil, Efektif dan Populer!

Meditasi telah terbukti menjadi alat yang efektif yang dapat membantu ibu hamil mengatasi stres
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Tanpa disadari kebanyakan calon ibu menghabiskan waktu untuk mengkhawatirkan Si Kecil dalam kandungan yang tengah berkembang. Tapi ingat, sama pentingnya selama sembilan bulan untuk mendengarkan isyarat.

Mungkin Moms tengah lelah, haus, atau lapar. Mungkin Moms dan Si Kecil yang sedang tumbuh membutuhkan waktu yang tenang untuk terhubung.

Tak jarang, dokter kandungan maupun bidan sering berkata, ”Dengarkan tubuh Anda.” Tetapi bagi beberapa ibu hamil tentu akan mengeluarkan pertanyaan, ”Bagaimana caranya?”

Nah, meditasi dapat membantu Moms mendengarkan suara atau isyarat tubuh, detak jantung Si Kecil dan membantu merasa lebih segar serta fokus.

Teknik Meditasi untuk Ibu Hamil

Baik dokter dan ilmuwan telah mempelajari manfaat meditasi untuk ibu hamil dan mereka telah menunjukkan bahwa meditasi dapat membantu calon ibu selama kehamilan dan terutama saat kelahiran.

Ibu yang memiliki tingkat stres atau kegelisahan yang tinggi selama kehamilan lebih mungkin melahirkan bayinya dengan berat lahir prematur atau rendah.

Baca Juga:8 Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Otak, Moms Harus Coba!

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan dalam jurnal Psychology & Health, hasil kelahiran seperti itu adalah masalah kesehatan masyarakat yang mendesak.

Di sini, tingkat nasional kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah masing-masing adalah 13 dan 8 persen. Lalu, teknik meditasi untuk ibu hamil seperti apa yang bisa dilakukan? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

1. Meditasi Vipassana

meditasi

Teknik meditasi untuk ibu hamil yang pertama adalah meditasi vipassana. Meditasi vipassana dapat membantu Moms menjadi sadar akan keadaan saat ini dan fokus ke dalam sehingga akan mencapai kesadaran yang lebih tinggi.

Dilansir dari Dhamma.org, Arti sebenarnya dari istilah ini adalah ‘untuk melihat segala sesuatu sebagaimana adanya

2. Meditasi dengan Mantra Suara

Teknik meditasi untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah meditasi dengan mantra suara. Moms bisa melakukan meditasi dengan suara seperti doa, atau frasa tertentu sepertii ‘Om’ untuk fokus. Menurut artikel Live and Dare, nyanyian Omkara menciptakan getaran dalam tubuh yang bertujuan menyeimbangkan pusat energi tubuh.

Moms juga dapat mencoba melantunkan kata-kata lain seperti ham So-ham ’,‘ yam ’, atau‘ ham ’.

Di samping itu, ada juga kekuatan dalam pikiran serta kata-kata kita. Ketika ibu hamil berbicara atau memikirkan sesuatu hal itu dapat memengaruhi sistem saraf dan juga bagaimana diri secara pribadi. ]

Melakukan meditasi dengan mantra suara juga bisa disebut dengan afirmasi positif.

Jadi, ciptakan mantra suara Moms sendiri, seperti 'bernapas untuk bayi, ini adalah nafas mama yang kuat', yang dapat membantu Anda melalui kehamilan atau persalinan yang sulit.

Baca Juga:Hilangkan Stres dengan Meditasi Cokelat, Begini Caranya

3. Meditasi dengan Pernapasan Dalam

Teknik meditasi untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah meditasi dengan pernapasan dalam. Meditasi ini berfokus pada napas dan mengamati polanya. Hal ini dapat meredakan ketegangan otot, menurunkan detak jantung dan membantu ibu hamil tertidur.

Moms pun bisa meletakkan tangan di atas perut untuk merasakan pernapasan berirama.

Caranya, berbaringlah dengan kaki selebar bahu. Tutup mulut Anda dan bernapas perlahan melalui hidung. Ketika perut naik saat udara masuk ke paru-paru dan diafragma. Tahan sebentar dan kemudian buang napas melalui hidung.

Artikel Health Harvard mengungkapkan meditasi dengan pernapasan dalam ini bisa dilakukan dari trimester kedua atau ketika Moms mulai merasa tidak nyaman berbaring telentang, Anda dapat mengubah posisi menjadi menyamping, dengan bantal di antara kaki Anda.

4. Meditasi dengan Berjalan-jalan

meditasi berjalan-5.jpg

Teknik meditasi untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah meditasi dengan berjalan-jalan. Meditasi dengan jalan dapat membantu menenangkan pikiran gelisah ibu hamil. Pilih tempat untuk berjalan dan berkonsentrasi pada pernapasan serta langkahnya.

5. Meditasi Lewat Perut

Teknik meditasi untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah meditasi lewat perut. Caranya tempatkan tangan Moms pada tonjolan perut yang tengah diisi Si Kecil dan dengan lembut gendong perut tersebut seolah membawa bayi. Moms pun akan merasakan sensasi hangat di telapak tangan.

Hirup masuk dan keluar perlahan. Jika ada pemikiran muncul di pikiran Moms, biarkan berlalu. Berlatihlah selama lima menit setiap hari, dan tambah durasi setiap minggu.

6. Relaksasi Otot Progresif

Teknik meditasi untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah relaksasi otot profresif. Menguasai teknik ini membutuhkan waktu. Namun, menurut Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research, Moms akan menemukan bahwa relaksasi otot progresif membantu saat kehamilan berlangsung dan ketika tidur nyenyak menjadi sulit.

Caranya, berbaringlah di lantai atau tempat tidur. Cobalah untuk menegangkan otot dan biarkan mereka rileks secara perlahan. Fokus pada satu kelompok otot pada satu waktu dan terus bergantian antara sisi kanan dan kiri.

Moms juga bisa mulai dengan menegangkan dan melepaskan tangan, diikuti dengan lengan bawah, lalu bahu, wajah, dada, perut, kaki, dan akhirnya kaki.

Baca Juga:Meditasi Berjalan untuk Menjernihkan Pikiran, Bagaimana Cara Melakukannya?

Nah, itulah beberapa teknik meditasi untuk ibu hamil yang bisa Moms coba. Meditasi sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Dan mengingat bahwa bayi yang belum lahir juga akan mendapat manfaat dari latihan ini.

Tapi, sebelum melakukan meditasi ada baiknya Moms berkonsultasi kepada praktisi serta bicarakan terlebih dulu kepada dokter kandungan atau bidan untuk memasukkannya dalam kegiatan selama kehamilan.

Artikel Terkait