RUPA-RUPA
17 Juni 2020

Tempat Wisata Outdoor Akan Buka Bertahap Saat New Normal, Ketahui Kebijakan Barunya

Beberapa tempat wisata di Jakarta sudah menyusun kebijakan baru
placeholder

Foto: inews.id

placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Memasuki era 'new normal' karena pandemi COVID-19, pemerintah DKI Jakarta mulai berencana untuk membuka tempat wisata outdoor saat new normal secara bertahap.

Hal ini karena tempat wisata atau hiburan di luar ruangan dianggap memiliki risiko penularan COVID-19 yang lebih kecil. Cari tahu lebih lanjut informasi tentang dibukanya tempat wisata outdoor berikut ini.

Baca Juga: Ramai Kasus George Floyd, Ini 4 Cara Mengajari Anak Agar Tak Rasis

Tempat Wisata Outdoor Dibuka Bertahap Saat New Normal

tempat wisata yang buka saat new normal-2

Foto: instagram.com/fian.kzchi

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia, menjelaskan bahwa tempat wisata dan hiburan akan dibuka bertahap saat kebijakan new normal mulai berlaku.

Tempat wisata outdoor atau luar ruangan akan dibuka lebih awal, karena dianggap punya tingkat risiko penularan COVID-19 yang lebih kecil dari tempat wisata indoor.

"Ya ada tahapannya. Nanti dilihat yang risiko lebih kecil dibuka duluan, yang risiko tinggi belakangan. Iya seperti (pantai) misalnya (dibuka lebih dulu)," kata Cucu, pada Rabu (3/6/2020), mengutip Kompas.com.

Selain itu, tidak hanya didasari dari pertimbangan risiko penularan COVID-19, keputusan dibukanya kembali tempat wisata dan hiburan di Jakarta harus dilandasi rekomendasi dari Gugus Tugas COVID-19 DKI.

Baca Juga: Ibadah Haji 2020 Ditiadakan, Berikut Alasan dari Kemenag

Kebijakan Dibukanya Tempat Wisata Outdoor Saat New Normal

tempat wisata yang buka saat new normal-2.jpg

Foto: mediaindonesia.com

Pihak pengelola tempat wisata perlu mengikuti kebijakan baru di era new normal ini. Salah satunya dengan tetap menjaga kebersihan dan menerapkan social distancing antar para pengunjung.

"Intinya, apapun yang mau dibuka harus ada upaya untuk menekan penyebaran virus Covid-19. Jadi kaidah-kaidah social distancing, hygiene itu harus mereka tetapkan. Itu yang masih dibahas, karena setiap sektor enggak sama SOP-nya," terang Cucu.

Sementara, pihak pemerintah DKI Jakarta sedang menyiapkan protokol kesehatan yang akan diterapkan untuk kebijakan new normal. Protokol ini dijadikan pedoman untuk menjalankan aktivitas, sembari melindungi diri dari penularan COVID-19 saat kebijakan PSBB selesai.

Baca Juga: Ketahui Risiko Pakai Masker Saat Berolahraga Berikut Ini

Beberapa Tempat Wisata Sudah Dibuka Jelang New Normal

87242380_tempat wisata yang buka saat new normal-1127009678728434_1843177862725945740_n.jpg

Foto: instagram.com/upk_kotatuajakarta

Meskipun masih berada di tahap awal new normal, beberapa tempat wisata outdoor sudah dibuka dan menerapkan beberapa kebijakan baru agar tetap bisa melindungi diri dari paparan COVID-19.

1. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) jadi salah satu tempat wisata yang akan dibuka menjelang diberlakukan new normal.

Ira, Manajer Informasi TMII, mengatakan akan menutup wahana indoor, seperti bioskop, wahana air, untuk sementara. TMII akan membuka seluruh wahana outdoor, seperti taman burung, dunia air tawar, taman legenda, museum fauna Indonesia komodo, dan sejenisnya.

"Untuk (wahana) yang di dalam ruangan itu belum bisa (dibuka), tahap awal kebanyakan kita eksplorasi di outdoor saja. Jadi bertahap yah, tahap awal ini seperti mal-mal itu tidak dibuka, itu nanti di tahap kedua," kata Ira mengutip Kompas.com, Rabu (3/6/2020).

Tak hanya itu, TMII juga membatasi jumlah pengunjung per hari, dengan total maksimal 20.000 orang, dan jam operasional juga berubah menjadi pukul 08.00-20.00 WIB untuk pintu masuk.

Tentunya, protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19 juga diberlakukan, dengan setiap pengunjung wajib memakai masker dan hand sanitizer setiap hendak masuk wahana.

Baca Juga: 4 Cara Mengurangi Kecemasan di Tengah Pandemi COVID-19

2. Taman Margasatwa Ragunan

Selain TMII, Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, juga merupakan tempat wisata yang akan beroperasi di era new normal.

Tempat wisata ini juga menerapkan kebijakan baru, beberapanya seperti membatasi jumlah kunjungan yang tidak lebih dari 5.000 orang per hari saat hari biasa, dan 10.000 orang per hari di akhir pekan.

"Untuk hari biasa, kita batasi jumlah pengunjung 5.000 orang per hari, tapi kalau akhir pekan dibatasi jadi 10 ribu per hari," kata Kepala Satuan Pelaksana Promosi Ragunan, Ketut Widarsana, mengutip CNN.com.

Selain itu, ada mekanisme untuk mengatur batasan jumlah pengunjung ke Taman Margasatwa Ragunan, yaitu calon pengunjung wajib mendaftar secara daring (online) dengan mengisi formulir lewat Google Form.

Di formulir pendaftaran tersebut, terdapat beberapa aturan yang perlu ditaati pengunjung, seperti harus membawa masker dan hand sanitizer sendiri, serta tidak sedang sakit, atau batuk dan pilek.

Baca Juga: Benarkah COVID-19 Bisa Menular Lewat Udara?

3. Wisata Kota Tua Jakarta

Tempat wisata Kota Tua Jakarta akan buka di era new normal dengan memberlakukan beberapa kebijakan baru. Hal ini disampaikan oleh Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Kota Tua, Deddy Tarmizi.

Dirinya menyebutkan, bahwa nantinya pengunjung akan wajib memeriksa suhu tubuh dengan thermometer gun di dua gerbang masuk, pengunjung wajib pakai masker, dan jaga jarak saat antre di berada di area museum.

Selain itu, UPK Wisata Kota Tua juga akan mempersiapkan tempat cuci tangan di sekitar kawasan wisata, lengkap dengan tangki air, sabun, tisu.

"Jaga jarak minimal 1 meter, sudah dipasang spanduk dan nanti di lapangan imbauan melalui speaker dan petugas lapangan bersama komunitas," kata Deddy.

Itu dia beberapa tempat wisata outdoor yang buka saat new normal dengan menerapkan kebijakan baru.

Artikel Terkait