JALAN-JALAN
21 Februari 2020

Tempat Wisata di Semarang yang Cocok untuk Keluarga

Banyak aktivitas seru dan menyenangkan
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Libur akhir tahun sebentar lagi akan tiba. Saatnya untuk Moms dan keluarga merencanakan liburan keluarga yang menyenangkan. Karena waktunya yang sudah dekat, ada baiknya memilih destinasi wisata yang tidak terlalu jauh.

Salah satu kota wisata yang asik untuk dikunjungi adalah Kota Semarang. Kota yang terkenal dengan lumpianya ini, memiliki banyak destinasi wisata, mulai dari wisata kuliner, wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, atau pun wisata yang ramah keluarga terutama anak-anak.

Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang untuk Liburan Akhir Tahun

Tidak perlu bingung Moms, berikut ini ada rekomendasi tempat wisata di Semarang yang bisa Moms dan keluarga kunjungi. Langsung cek saja yuk.

Baca Juga: Jangan Lupa Ajak Si Kecil ke 5 Tempat Wisata Anak di Bandung Ini

1. Maron Mangrove Edupark

mangrove-edupark.jpg

Foto: phinemo.com

Jika Moms dan keluarga mencari destinasi wisata alam untuk menyegarkan tubuh dan pikiran, tempat wisata di Semarang yang bisa dikunjungi adalah Maroon Mangrove edu park.

Di sini kita tidak hanya bisa melihat hutan mangrove yang rimbun saja. Pengunjung bisa jalan berkeliling menikmati indahnya suasana alam, atau juga berfoto. Ada juga menara pandang setinggi 10 meter untuk memotret keindahan pemandangan hutan mangrove.

Lokasi: Desa Tapak, Kelurahan Tugurejo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang.

2. Taman Kelinci

Agrowisata-Kampoeng-Kopi-Banaran.jpg

Foto: keluyuran.com

Selanjutnya ada Taman Kelinci yang bisa dikunjungi. Tidak seperti namanya, tempat ini mengusung konsep gabungan antara olahraga dan alam. Tersedia pula fasilitas berupa kolam renang dan perosotan, yang dilengkapi dengan area outbound untuk tempat bermain anak-anak.

Jadi Moms dan Dads bisa liburan santai, Si Kecil juga bisa menikmati berbagai macam fasilitas yang disediakan dan bermain dengan tenang.

Lokasi: Jalan Raya H. Toeyib Soebadi, Desa Kalibeji, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang

Baca Juga: Rumah Jadi Lebih Asri, Ini 8 Tips Memaksimalkan Taman Kecil

3. Taman Wisata Puri Maerokoco

tiket-masuk-maerokoco-2019.jpg

Foto: hargatiket.net

Mencari tempat wisata di Semarang yang cocok untuk keluarga, jangan lupa mampi ke Taman Wisata Puri Maerokoco. Di sini kita bisa memperkenalkan anak-anak ke berbagai rumah adat di Provinsi Jawa Tengah.

Katanya taman satu ini mirip seperti Taman Mini Indonesia Indah, ada sekitar 35 miniatur rumah adat atau anjungan dari semua kabupaten di Provinsi Jawa Tengah.

Di samping replika rumah adat, ada berbagai wahana permainan seperti ayunan dan perosotan, merry go round atau carousel, istana anak-anak Indonesia, kolam renang dan waterboom, desa wisata, pasar apung, outbound, dan gedung opera.

Lokasi: di Jalan Yos Sudarso, Semarang Barat, Kota Semarang.

4. Semarang Zoo

15118645184_610ac2edca_b.jpg

Foto: flickr.com

Kebun binatang selalu menjadi tempat yang menyenangkan dan tidak akan pernah membosankan untuk anak-anak. Tidak hanya di Jakarta, di Semarang juga ada kebun binatang lho Moms.

Tampat wisata di Semarang untuk keluarga ini memiliki koleksi sekitar lebih dari 100 spesies satwa, seperti harimau benggala, orang utan, singa, buaya, kanguru, gajah, rusa, ular, jerapah, dan berbagai spesies burung.

Baca Juga: 5 Kebun Binatang Paling Keren di Indonesia

Jika ingin melakukan aktivitas lain setelah melihat berbagai macam satwa, Moms bisa mengajak anak-anak untuk berenang di Waterboom Kids. Aktivitas yang menyenangkan bukan?

Lokasi: Jl. Raya Semarang - Kendal Km. 17, Semarang

5. Goa Kreo

goa-kreo-jawa-tengah.jpg

Foto: ksmtour.com

Moms dan keluarga ingin mencoba aktivitas lain di salah satu tempat wisata di Semarang yang asik dan tidak akan ditemukan di Jakarta misalnya? Berkunjung ke Goa Kreo bisa jadi pilihan yang menarik.

Menurut cerita, tempat wisata ini merupakan tempat di mana Sunan Kalijaga mencari kayu jati untuk membuat Masjid Agung Demak. Menariknya lagi, goa ini merupakan tempat tinggal ratusan monyet ekor panjang. Kebayang dong kita akan sering bertemu monyet di sini?

Selain melihat-lihat goa, aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah naik boat, trekking, dan wisata kuliner di warung dan restoran sekitar.

Lokasi: Jl. Raya Goa Kreo, Kandri, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah

Yuk Moms coba kunjungi tempat wisata di Semarang ini bersama keluarga.

Artikel Terkait