JALAN-JALAN
14 Juni 2019

Mengisi Liburan Jakarta? Ini 4 Tempat Wisata Ramah Anak yang Bisa Dikunjungi

Ajak anak melakukan aktivitas seru di tempat ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Mendekati pertengahan tahun 2019, berarti juga semakin dekat dengan masa libur sekolah. Nah di saat seperti ini, sudah waktunya nih untuk Moms merencanakan liburan keluarga dengan melakukan riset kecil.

Liburan keluarga enggak perlu mahal kok, Moms bisa merencanakan liburan bersama keluarga di seputaran Jakarta atau luar Jakarta. Namun, pilihlah tempat wisata ramah anak, agar Si Kecil tidak bosan dan bisa menikmati juga ya, Moms.

Jika berbicara mengenai tempat wisata ramah anak, mungkin Moms akan langsung berpikir tentang Kidzania. Kabar menyenangkannya, ada tempat lain yang bisa Moms dan keluarga tuju! Jadi Moms dan Si Kecil juga tidak akan bosan.

Penasaran mana saja tempat wisata ramah anak di Jakarta? Langsung cek aja yuk, Moms.

Baca Juga: 7 Taman Tempat Bermain Anak Paling Seru di Jakarta

1. Istana Susu Cibugary

ramah anak.jpg

Tempat wisata ramah anak di Jakarta yang pertama adalah Istana Susu Cibugary. Tempat wisata ini terletak di kawasan Jakarta Timur, dengan di kelilingi hutan beton dan wisata alam lainnya yang bagus untuk mengedukasi anak.

Tempat wisata ini dibuat dengan konsep agrowisata peternakan, yang cocok untuk menambah pengetahuan Si Kecil tentang peternakan.

Kita akan melihat pemandangan peternakan sapi perah yang di kelilingi oleh kebun dan taman. Juga ada kolam ikan besar bernama Kolam Arwana.

Agar tidak bingung, Moms bisa mengambil paket wisata ternak sapi. Di sini, peserta akan dikenalkan dengan berbagai jenis sapi, mencoba memberi makan sapi, hingga memerah susu sapi.

Sangat menyenangkan kan Moms, apalagi untuk Si Kecil. Yuk Moms, ajak anak lebih dekat dengan dunia peternakan.

2. Pinisi Edutainment Park

tempat ramah3.jpg

Tempat wisata ramah anak di Jakarta yang selanjutnya adalah Pinisi Edutainment Park. Sesuai namanya, tempat wisata ramah anak ini dirancang dengan konsep kota pelabuhan, lengkap dengan landmark sebuah kapal kayu tradisional yaitu pinisi.

Tempat bermain dan belajar ini cocok untuk Si Kecil usia 2-16 tahun. Wow, berarti anak remaja Moms juga bisa ikut ke sini.

Taman bermain indoor ini akan mengajarkan anak banyak hal, termasuk bermain dan belajar tentang kesenian dan kebudayaan Indonesia. Walaupun juga merupakan tempat belajar, semuanya dirancang dengan konsep yang unik dan asik sehingga Si Kecil tidak akan merasa bosan.

Di sini, Moms dan Si Kecil bisa menikmati miniatur rumah-rumah adat Indonesia, lagu tradisional anak yang menggema begitu kita masuk, lengkap dengan kostum pelautnya yang playful.

Selain ini, tempat ini juga menawarkan kelar-kelas art dan culture yang bisa diikuti Si Kecil sesuai dengan ketertarikannya. Ditambah lagi jika mengikuti kelas drama, anak bisa langsung tampil dan menunjukkan kempuannya.

Wah seru sekali ya Moms, kedengarannya. Si Kecil jadi bisa mengeksplor minat dan bakatnya di sini.

Baca Juga: 4 Aktivitas Seru untuk Mengenalkan Geografi pada Balita

3. Planetarium Jakarta

tempat ramah4.jpg

Tempat wisata ramah anak di Jakarta yang selanjutnya adalah Planetarium Jakarta. Ketika kecil, saat ditanya, apa yang menjadi cita-cita Moms kelak, Moms mungkin tidak akan ragu menjawab menjadi seorang dokter, pilot, maupun astronot. Hal yang sama pasti akan terulang pada Si Kecil jika ditanya soal cita-citanya.

Nah, supaya anak bisa mendapat pengetahuan lebih tentang cita-citanya, enggak ada salahnya Moms mengajak Si Kecil ke Planetarium Jakarta, untuk sedikit belajar mengenai benda-benda langit dan bintang.

Lokasi Planetarium ini akan mudah ditemukan karena berada dalam kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM). Akan ada banyak kegiatan yang bisa Moms dan keluarga lakukan di sini seperti, pertunjukan teater bintang, observatorium, dan pameran. Semuanya tentu berkaitan dengan alam semesta dan benda langit.

Kita juga bisa menggunakan teleskop, untuk mengamati langsung benda-benda di langit. Pokoknya dijamin seru dan mengasikkan untuk liburan keluarga. Jadi tunggu apa lagi Moms?

4. The Playground Kemang

tempat ramah2.jpg

Tempat wisata ramah anak di Jakarta yang selanjutnya adalah The Playground Kemang. The Playground Kemang adalah taman bermain outdoor yang cukup ramah untuk balita.

Dibilang cukup, karena ada beberapa wahana yang tidak cocok untuk dimainkan balita, seperti perosotan dengan tinggi yang tidak cocok untuk balita, namun mainan lainnya bisa dinikmati dengan sepenuh hati.

Berbagai fasilitas bisa Moms dan anak nikmati di sini, mulai dari perosotan, ayunan, jungkat-jungkit, ada flying fox kecil untuk 5 tahun keatas, tempat bermain pasir, bermain air, tempat bermain basket, serta tempat duduk untuk orang tuanya.

Si Kecil yang bermain di sini akan aman karena ditemani oleh pendamping. Jadi jika Moms lelah menemani Si Kecil bermain, Moms bisa beristirahat sebentar dan meminta pendamping anak untuk ambil alih.

Jika Moms ingin Si Kecil bermain saja tanpa tambahan materi edukasi, tempat ini bisa dijadikan pilihan.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Di Jakarta yang Jarang Diketahui

Liburan yang berharga adalah bagaimana kita menikmati waktu bersama keluarga. Tidak perlu mahan ataupun ke luar kota.

Bisa melihat Si Kecil saja, pasti Moms dan Dads sudah bahagia. Agar waktu liburan tidak terbuang dengan sia-sia, mulai rencanakan dari sekarang yuk, Moms. Jangan lupa kunjungi tempat wisata ramah anak di Jakarta ya Moms!

Artikel Terkait