KESEHATAN
16 September 2019

Tengok 5 Cara Alami Mengobati Perut Kram Berikut Ini

Perut kram tiba-tiba sangatlah mengganggu. Rasanya tidak nyaman, menyakitkan, dan sering kali memalukan.
Artikel ditulis oleh Heni
Disunting oleh Heni

Perut kram dapat dipicu berbagai faktor: intoleransi makanan, sindrom iritasi usus, atau makan terlalu cepat (atau terlalu banyak!). Selain menghindari pemicu tersebut, terapi sederhana dengan cara alami untuk mengobati perut kram dapat dilakukan di rumah.

1. Hentikan Dulu Kafein

Cara Alami Mengobati Perut Kram 2 freepik.jpg

Foto: freepik.com

Kafein yang terdapat pada daun teh, kopi, cokelat, dan minuman berenergi merupakan zat stimulan yang pada sebagian orang dapat memicu radang selaput perut, mulas, dan kram yang mengikuti sakit perut. Jadi, kalau Moms adalah penggemar kafein, sebaiknya setop dulu. Bisa jadi ini sumber gangguan perut Moms.

Baca juga: Kenali Risiko Konsumsi Kafein Sebelum Berolahraga

2. Hindari Makanan Olahan dan Bergula

Diet tinggi gula mendorong pertumbuhan bakteri jahat di usus. Jika jumlah bakteri jahat melebihi jumlah bakteri baik di usus, maka akan muncul gejala perut kembung, masuk angin, perut kram, dan diare. Jadi menghindari makanan olahan dan yang tinggi gula, terutama jika Moms sudah kelebihan berat badan, merupakan ide yang brilian.

Sebagai gantinya, saat sakit perut, cobalah makan makanan alami yang sederhana seperti buah-buahan. Pisang adalah pilihan yang baik. Pisang penuh serat yang dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan secara teratur dan membantu mengatasi gangguan perut. Pisang juga dapat membantu mengganti kalium esensial yang hilang karena diare atau muntah.

Baca juga: Hati-Hati! 6 Penyakit Karena Konsumsi Gula Pada Minuman Setiap Hari

3. Minum Teh Herbal: Seduhan Jahe

Cara Alami Mengobati Perut Kram 4 jahe freepik.jpg

Foto: freepik.com

Jika Moms sudah menjauhi kafein, bukan berarti Moms harus sama sekali berhenti minum teh. Beberapa minuman herbal sebenarnya dapat membantu meringankan gejala perut kram. Misalnya, teh yang terbuat dari jahe karena obat tradisional ini terbukti efektif selama berabad-abad.

“Akar jahe mengandung konstituen gingerol aktif yang menimbulkan rasa pedas dan panas. Akar bekerja untuk merangsang produksi air liur, empedu, dan cairan lambung, sehingga ideal untuk mengobati perut kram,” papar Siah Ah Cheok, sinshe terkenal di Singapura.

Jahe juga dapat mencegah mual, meringankan gejala mulas, dan mengurangi peradangan. Jika Moms bukan penggemar jahe, silakan coba teh mint, peppermint, atau spearmint.

Minum Teh Herbal: Seduhan Daun Mint

Teh mint telah digunakan secara tradisional tidak hanya sebagai dekongestan untuk meredakan hidung tersumbat tetapi untuk gangguan pencernaan. Kandungan mint memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang sangat baik digunakan untuk mengurangi sakit perut.

Mentol, minyak aktif dalam mint, dapat menenangkan gangguan perut dan bersifat anti-radang. Jahe juga bagus untuk mengatasi pegal.

“Untuk mendapatkan hasil maksimal dari mint, cukup ambil seluruh daun dalam air panas selama sekitar 5-10 menit, dan ambil sebagai teh yang menyegarkan,” ucap Sinshe Cheok, lagi.

Baca juga: Lip Balm Mint Bikin Bibir Makin Kering, Ketahui 3 Bahan Terbaiknya

Tetap Terhidrasi

Cara Alami Mengobati Perut Kram 5 air freepik.jpg

Foto: freepik.com

Kadang-kadang solusi terbaik adalah yang paling sederhana, dan ini sering kali menjadi solusi bagi gangguan perut. Dehidrasi adalah salah satu penyebab paling umum masalah pencernaan, jadi jagalah agar kita tidak kekurangan cairan. Hidrasi yang cukup akan menjaga kita dari persoalan perut kram. Untuk rata-rata orang dewasa, cairan yang harus diasup per hari jumlahnya sebanyak 8 gelas atau 2 liter.

(HEN/DIN)

Artikel Terkait